Pin It

11 December 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 00:55

Ayat-Ayat Tuhan

Wah sehabis nonton youtube dari cak Nun jadi ingin menulis mengenai ayat-ayat Tuhan dan tentunya dengan gaya bahasa Cak Nun hehe... Ya bagaimanapun juga saya sedikit terpengaruh oleh tokoh idola saya yang salah satunya ya Cak Nun ini. Sebenernya semua ciptaan Tuhan adalah ayat. Ayat artinya tanda. Tanda kebesaran dan keagungan-Nya. Seluruh alam semesta dan jagat raya beserta isinya, kata para sesepuh dulu, adalah ayat kauniyah.


Sedangkan Kitab Suci, dari Taurat, Zabur, Injil hingga Alquran adalah ayat-ayat qouliyah. Ayat literer, menggunakan bahasa dan kata yang dikenal oleh manusia.

Semua yang di luar kata dan bahasa firman itu, termasuk aku, asu, daun-daun, cacing, kecoa, siang dan malam, kadal dan monyet, planet dan galaksi, apa saja, juga para Nabi, Rasul, jin, setan, iblis dan malaikat, adalah ayat-ayat wujudiyah, firman yang dihadirkan sebagai wujud, bukan yang dikomunikasikan melalui kata dan bahasa…

Nah itulah ayat kauniyah. Sekali lagi saya ulangi dalam bahasa yang lebih sopan, ayat kauniah adalah ayat atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah. Ayat-ayat ini adalah dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan sebagainya yang ada di dalam alam ini. Oleh karena alam ini hanya mampu dilaksanakan oleh Allah dengan segala sistem dan peraturanNya yang unik, maka ia menjadi tanda kehebatan dan keagungan Penciptanya.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers