Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

17 April 2014

Tips Memilih Ban Sepeda Motor

Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Tanpa adanya ban, bagaimana sepeda motor dapat berjalan di jalanan.

Salah satu hal yang dapat menjadi pendukung keselamatan ketika berkendara adalah cermat memilih dan merawat ban sepeda motor.
Pemilihan ban yang tepat spesifikasi dan ukuran sesuai dengan jenis sepeda motor yang digunakan dapat mengurangi risiko kecelakaan karena faktor pecah ban atau ban gundul.
Berikut ini beberapa kiat praktis yang perlu diperhatikan dalam memilih ban sepeda motor.
1. Permukaan Ban
Anda bisa menggunakan ban sepeda motor yang mempunyai permukaan tapak menengah untuk pemakaian sehari-hari. Bila tapak ban tampak tipis, maka sebaiknya diganti dengan ban yang baru.
2. Referensi
Anda dapat mencari referensi tentang ban sepeda motor yang hendak Anda gunakan melalui bengkel atau via forum di internet.
3. Karakter Ban
Dengan mengenali iklim di daerah tempat Anda tinggal. Anda bisa menentukan karakter ban yang dipakai, baik ban basah maupun ban kering. Karakter ban basah cocok digunakan pada daerah yang bercurah hujan tinggi.

Ban Sepeda Motor
4. Motif Ban
Sepeda motor yang digunakan harian memakai motif ukuran searah untuk memudahkan aliran air ke samping ban ketika sepeda motor bergerak. Hal ini membuat bagus cengkeraman ban ketika melintas di permukaan jalan.
5. Pelek
Pilih ban yang sesuai dengan ukuran pelek agar tidak membahayakan Anda saat mengendarai sepeda motor.
6. Perawatan
Perawatan ban dapat dilakukan dengan cara memerhatikan selalu tekanan angin dan usahakan tidak kurang dari batas yang sudah ditentukan oleh produsen, hindari lubang esar di jalan, periksa serta bersihkan batu di sela-sela ban secara rutin.
7. Daya Angkut
Kiat yang terakhir adalah memperhitungkan daya angkut maksimal sepeda motor. Bobot ini biasa tertulis di buku manual perawatan sepeda motor. Estimasikan jumlah berat pengendara dan pembonceng, apakah masih sesuai dengan daya angkut maksimal sepeda motor Anda.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Memilih Ban Sepeda Motor. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers