Pin It

30 April 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 00:03

33 Website Untuk Menjual Foto Karya Anda

Sederhananya, Anda tinggal meng-upload foto, jika foto Anda menarik dan diambil oleh orang, Anda menerima uang. Cara mendapatkan uang dari internet ini, tentu sangat pas dan cocok bagi Anda yang suka dengan fotografi, baik hanya sebagai hobi, apalagi seorang profesional. 

33 Website Untuk Menjual Foto Karya Anda

Jadi, jika Anda memiliki banyak stok hasil jepretan kamera, daripada dibiarkan tak berguna dalam tumpukan arsip, mengapa tidak mencoba dijadikan uang?
Di artikel itu pula telah saya cantumkan 4 situs utama, dimana Anda bisa 'memasarkan foto-foto Anda'. Namun, karena cukup banyak yang menanyakan, apakah masih ada lagi situs lain tempat menjual foto secara online, maka saya mencoba memenuhi harapan itu dan mulai melakukan riset kecil-kecilan.
Tidak semua situs yang saya temukan, saya tampilkan disini, hanya situs yang saya anggap bagus dan terpercaya (dari pengalaman sendiri, atau review pihak lain).
Jika Anda seorang fotografer, saya rekomendasikan untuk mem-bookmark halaman ini. Dan saya sangat menghargai jika Anda mau membagikannya.
Dan inilah 33 situs, tempat dimana Anda bisa menjual foto secara online:

1. Fotolia

Anda bisa menjadi kontributor di Fotolia untuk menjual karya foto Anda ke seluruh dunia. Sekali foto Anda terjual, maka sejumlah uang akan langsung dimasukkan ke akun Anda. Dan bagi pembeli, mereka akan mendapatkan foto bebas royalti dari situs ini.

2. Getty Images

Saya menemukan satu yang unik dari situs ini, yaitu mereka biasa tidak menerima stok foto yang mereka rasa sudah terlalu banyak mereka miliki, terutama untuk foto bertema alam (nature). Untuk itu, Anda harus lebih kreatif lagi agar bisa menjadi kontributor di Getty Images.

3. iStockPhoto

Ini salah satu yang terbaik dari yang ada. Di sini, Anda tidak hanya bisa menjual foto, tapi juga ilustrasi, audio dan video. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya.

4. ShutterStock

Manfaatkan kreativitas Anda bersama ShutterStock. Karya Anda akan dilihat jutaan orang yang mencari foto untuk berbagai keperluan mereka, dan akan dibayar antara $0,2 - $25 rata-rata per sekali download.

5. Bigstock

Anda bisa memperoleh hingga $3 per download. Selain itu mereka juga memiliki program lisensi khusus, dimana Anda bisa memperoleh bayaran mencapai $2.5 - $60 setiap kali foto Anda didownload. Sangat patut untuk diikuti.

6. eBay

Siapa yang tidak tahu eBay. Ini adalah salah satu situs belanja online paling terkenal. Di sini Anda bisa menjual apa saja, termasuk foto-foto yang Anda miliki. Jadi, mengapa tidak mencobanya dari sekarang?

7. Veer

Sekali Anda terdaftar sebagai kontributor di situ sini, maka setiap kali foto Anda didownload, Anda akan menerima royalti, yang akan dibayarkan setiap pertengahan bulan, dengan nilai minimum pembayaran sebesar $100. Bukankah itu bisa menjadi sumber passif income?

8. Alamy

Mereka berbagi keuntungan sebesar 60% untuk Anda dari setiap penjualan. Ini salah satu yang terbesar dibandingkan situs lain di industri sejenis. Selain itu, di Alamy Anda bebas menentukan sendiri lisensi hak cipta dan editorial foto-foto Anda.

9. Crestock

Situs menawarkan sistem pembayaran royalti yang sedikit berbeda. Mereka menggunakan bagi hasil tergantung dari seberapa banyak image Anda didownload. Seperti misalnya, untuk download sebanyak 1 - 49 kali Anda menerima 20%, 250 - 999 sebesar 25% dan seterusnya. Silakan lihat langsung untuk lebih rinci lagi.

Selain itu juga tersedia sistem pembayaran per download, jika foto Anda didownload oleh pembeli dengan cara berlangganan. Besarnya berkisar antara $0,25 - $ 0,40.

10. 123RF

Sebagai kontributor, Anda akan menerima bagi hasil sebesar 60% dari situ sini. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan uang dengan mereferensikan pembeli atau pun kontributor lain, yang masing-masing mendapatkan bagi hasil sebesar 15% dan 10%.

11. Imagekind

Imagekind otomatis akan menetapkan harga dasar dari foto karya Anda. Dari situ, lalu Anda bisa menentukan mark-up atau harga jual akhir kepada calon pembeli.

12.  ShutterPoint

ShutterPoint menawarkan bagi hasil sebesar 85% untuk lisensi penuh bebas royalti, dan 70% untuk lisensi standar bebas royalti, dengan minimum pay out sebesar $50.

13. Picturestock

Pada saat satu foto terjual, maka 50% untuk fotografer, 25% untuk distributor yang mereferensikan pembeli, dan 25% dibagi antara Picturestock dan agensi penjualan.

Jika pembeli bukan berasal dari referal, maka 50% untuk Picturestock dan agen penjualan, sisanya untuk fotografer.

14. Dreamstime

Sistem pembagian di Dreamstime agak sedikit rumit, karena fotografer dikelompokkan ke level berbeda berdasarkan berapa jumlah download yang terjadi. Belum lagi berdasarkan ukuran image serta jenis image-nya itu sendiri.

15. PhotoShelter

Mungkin ini lebih ditujukan bagi fotografer profesional yang lebih serius untuk menjual foto secara online. Karena di PhotoShelter, Anda tidak bisa menjualnya foto secara langsung seperti situs lainnya di atas.

Tapi disini Anda bisa membuat website untuk menjual foto atau karya kreatif Anda. Mengapa saya masukkan ke daftar ini?

Karena ya... saya anggap cara terbaik menjual foto Anda dengan potensi keuntungan yang tidak terbatas adalah dengan memiliki 'toko' (website) sendiri. Nah, di PhotoShelter inilah, Anda bisa memiliki foto gallery profesional dengan segala dukungan yang membuat semua proses menjadi mudah.

16. PhotoStockPlus

Tentukan harga sendiri berapa Anda ingin menjual karya Anda, atau Anda bisa menyerahkan sepenuhnya kepada PhotoStockPlus untuk menentukan harga jual dan Anda menerima sampai 85% bagi hasil dari penjualan.

17. Pond5

Selain foto, Anda bisa menjadi kontributor dengan mengirimkan video, musik, audio, ilustrator dan 3D. Rata-rata Anda mendapatkan pembagian sebesar 50%.

18. FotoLibra

Ada tiga program yang bisa Anda jalankan sebagai kontributor di FotoLibra, yaitu:

Pertama, dengan mengupload foto biasa. Ini seperti di tempat lainnya, Anda menerima bagi hasil setiap kali foto terjual atau didownload.

Kedua, Anda menawarkan koleksi foto 'jadul'. Ya foto-foto lama yang mengandung sejarah, lebih bagus lagi terangkai menjadi sebuah 'cerita sejarah'. Ini lebih tinggi dihargai oleh mereka.

Ketiga, di FotoLibra ada banyak permintaan dari pembeli terhadap foto-foto tertentu, dengan syarat dan kondisi tertentu juga tentunya. Nah, Anda bisa menawarkan karya Anda sesuai dengan yang diminta oleh pembeli. Sekali lagi, Anda dibayar lebih mahal jika terpilih.

19. PhotoDune

Ini adalah bagian dari Envato, yaitu salah satu pasar media terbesar di internet. Jika penghasilan yang Anda kumpulkan masih kurang dari $50, Anda bisa menggunakannya untuk membeli produk di envato. Jadi untuk bisa withdraw saldo Anda minimal harus mencapai $50.

20. CutCaster

Anda bisa menentukan sendiri harga jual atau biarkan Cutcaster yang menentukannya untuk Anda, dan Anda menerima sampai 55% dari penjualan.

21. CanStockPhoto

Anda pertama kali harus mengupload minimal 3 foto untuk diterima sebagai kontributor di situs ini. Pembayaran melalui Paypal dengan minimum $50 atau $100 melalui cek.

22. RedBubble

RedBubble menjual karya Anda dalam bentuk produk, seperti t-shirt, casing gadget, cetak kanvas dan banyak lagi. Mereka telah menetapkan harga dasar dari masing-masing produk, jadi Anda harus menentukan sendiri berapa selisih keuntungan yang ingin Anda peroleh, mau 3%, 30%, 300%, terserah Anda!

Saya sangat merekomendasikan situs ini bagi Anda, para profesional kreatif.

23. PhotoSpin

Ada beberapa syarat yang cukup ketat agar diterima sebagai kontributor di PhotoSpin, di antaranya foto Anda harus memiliki resulosi antara 3.600 - 5.100 pixel. Di luar itu maka akan ditolak.

Bagi hasilnya sendiri sebesar 40% dan dibayar setiap akhir bulan jika saldo mencapai $50 melalui Paypal atau Skrill (MoneyBooker).

24. Etsy

Banyak produk yang bisa Anda jual melalui Etsy, seperti kerajinan tangan, lukisan, dan banyak lagi, termasuk tentu saja foto.

Di sini, Etsy hanya bertindak sebagai perantara antara Anda dengan pembeli dari seluruh penjuru dunia. Artinya, Anda sendiri yang menentukan harga, Anda sendiri yang mengirimkan produk dan sebagainya. Etsy hanya memastikan pembeli mendapatkan produk yang mereka beli, dan Anda menerima bayaran sesuai yang telah disepakati. Untuk itu Etsy meminta komisi sebesar 3,5% saja!

25. ShutterFly

Ini mirip seperti PhotoShelter, hanya saja di ShutterFly Anda seolah memiliki gallery online milik sendiri. Jelas, ini hanya cocok bagi Anda yang serius untuk memasarkan foto Anda kepada dunia secara profesional.

26. FotoTime

Mudah sekali untuk memulai di FotoTime. Anda tinggal mendaftar sebagai kontributor, mengupload foto, menentukan harga, dan selesai.

Semua hal lain, seperti proses penjualan, pencetakan dan pengiriman semua dilakukan oleh mereka. Anda mendapat komisi bagi hasil dari setiap penjualan yang terjadi.

27. featurePics

Anda langsung bisa menjadi kontributor FeaturePics hanya dengan mengupload 1 gambar sekalipun. Pembayaran dilakukan minimal $50.

28. StockPhotoMedia

Anda menerima komisi dari setiap download sebesar 35% untuk image ukuran kecil, 55% untuk image ukuran besar, dan 50% untuk gambar berupa ilustrasi. Bila sudah mencapai $60 baru akan dibayarkan.

29. ArtBreak

Di sini Anda bisa memajang karya Anda. Jika Anda yang berminat, Anda sendiri yang berhubungan langsung dengan pembeli. Dan bagusnya, Anda tidak perlu membayar komisi apapun kepada ArtBreak.

30. Artis Rising

Satu lagi tempat bagus bagi Anda untuk memasarkan karya fotografi Anda ke seluruh dunia. Jika Anda merasa cukup kreatif dan 'nyeni', bergabunglah bersama Artist Rising, dan dapatkan penghasilan yang terus mengalir dari sana.

31. Photobox ProGalleries

Miliki gallery online untuk stok foto Anda dan mulailah menghasilkan uang dari hobi fotografi Anda. Anda bisa memiliki secara gratis di Photobox ProGalleries.

32. DepositPhotos

Untuk bisa menjadi kontributor, foto Anda harus memiliki resolusi minimal 3.8 MP (2400 x 1600 pixels), dengan ukuran file tidak lebih dari 50 MB.

Setiap kontributor dikelompokkan menjadi 5 level, berdasarkan jumlah foto yang Anda unggah, dimana setiap level mendapat komisi berbeda-berbeda, antara 44% - 52%. Semakin banyak foto yang Anda upload, semakin tinggi level Anda sebagai kontributor.

33. StockFresh

Dapatkan komisi mulai dari 50% - 62,5% dengan menjadi kontributor di StockFresh.

Nah, itulah 33 tempat atau situs yang bisa Anda manfaatkan untuk merubah arsip foto Anda yang menjadi pundi-pundi uang.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers