Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

20 April 2014

3 Bencana Alam Terbesar Dalam Sejarah Indonesia



Indonesia adalah negara yang terletak di garis khatulistiwa (6 derajat LU - 11 derajat LS dan 95 derajat BT - 141 derajat BT) yang berada di dua benua yaitu Asia dan Australia serta diapit oleh dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Akibat dari letak Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa salah satunya adalah alam yang berlimpah dan iklim yang tropis. Selain itu, Indonesia juga telah mendapatkan banyak bencana alam. Berikut 3 bencana terbesar sepanjang sejarah Indonesia.
1. Tsunami Aceh (Desember 2004)
Ini merupakan tsunami terbesar sepanjang sejarah Indonesia dan Dunia. Gempa berkekuatan 9,3 skalarikter di dasar Samudra India (di kedalaman 20 km, 2.9 LU & 95.6 BT, di laut yang berjarak sekitar 149 KM kota Meulaboh, Nangroe Aceh Darussalam. Ketinggian tsunami mencapai 35 meter.
Menurut bantuan darat PBB, jumlah korban tewas akibat tsunami ini sekitar 127672 jiwa. Bencana ini tercatat sebagai kematian terbesar sepanjang sejarah bencana dunia.
Pada tanggal 26 Desember 2009 Gubernur Irwandi Yusuf menginstruksikan kepada seluruh warga di Nangroe Aceh Darussalam untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang selama 3 hari untuk mengenang tsunami tersebut.
Kini Aceh pun berangsur-angsur membaik kondisinya.

 
 
2. Letusan Gunung Tambora (April 1815)
Tambora adalah gunung yang berada di Sumbawa. Pada April tahun 1815 gunung ini meletus dan menjadi salah satu letusan gunung berapi terbesar sepanjang sejarah dunia.
Letusan gunung ini berdampak besar pada perubaha iklim di dunia saat itu. Setahun setelah gunung ini meletus dikenal dengan Tahun Tanpa Musim Panas. Debu dari letusan gunung ini menutup lapisan atmosfer dan mengakibatkan perubahan iklim yang sangat drastis di Eropa dan Amerika Utara.
Korban jiwa akibat letusan gunung ini kurang lebih 71 ribu jiwa. Besar letusan gunung ini masuk ke dalam skala 7 VEI.
Selain itu, letusan ini mengakibatkan turunnya salju cokelat di Hongaria dan salju merah di Italia sepanjang tahu.
 
 
3. Letusan Gunung Krakatau (Agustus 1883)
Gunung krakatau merupakan gunung yang berada di Selat Sunda antara Jawa dan Sumatra. 

Akibat dari letusan gunung Krakatau yaitu awan panas dan tsunami yang menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Tsunami yang diakibatkan merupakan tsunami terbesar kedua di Samudra Hindia setelah tsunami di Aceh (2004).

Daya ledak letusan gunung ini diperkirakan 30.000 kali lipat bom atom Nagasaki dan Hiroshima di Jepang. Suara letusannya terdengar hingga Australia dan Afrika.

Letusan gunung ini juga mengakibatkan meredupnya matahari yang mengakibatkan dunia menjadi gelap karena atmosfir bumi ditutupi dengan abu vulkanik.

Puncak gunung ini sirna akibat letusannya sendiri. Kini anak gunung krakatau mulai bermunculan dan bertambah tinggi setiap bulannya.
 
 
 
Referensi : Wikipedia
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai 3 Bencana Alam Terbesar Dalam Sejarah Indonesia. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers