Pin It

01 April 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 18:41

Perbandingan antara Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio

Menentukan mana yang lebih baik antara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga dengan cara melakukan perbandingan diantara keduanya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya baik Honda Mobilio ataupun Suzuki Ertiga, masing-masing memiliki spesifikasi yang sama-sama sangat bisa diandalkan, baik untuk sisi teknis ataupun untuk sisi fitur. Meskipun kedua jenis mobil tersebut berasal dari brand atau merk yang berbeda, berbekal spesifikasi mumpuni yang dimilikinya tersebut tidak heran jika untuk sementara ini banyak orang yang menjadikan kedua jenis mobil tersebut sebagai pilihan yang terbaik dikelas mobil Low MPV.


Perbandingan antara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga

Untuk saat ini, baik Honda Mobilio ataupun Suzuki Ertiga keduanya memang sama-sama merupakan mobil dengan rating paling tinggi untuk segmen Low MPV seharga Rp150 juta hingga Rp200 jutaan di Indonesia. Tapi kondisi tersebut sedikit banyak malah akan membuat kita khususnya para calon konsumen merasa bingung ketika harus memilih (membeli) salah satu diantara keduanya. Mengapa? Sebab kedua jenis mobil tersebut sama-sama menjanjikan sebuah kenyamanan lebih melalui fitur-fitur canggih yang dimilikinya. Tapi walau bagaimanapun tentu kita harus tetap memilih salah satu diantara kedua mobil tersebut, sebab tidak mungkin kita memborong keduanya sekaligus kecuali kalau kita memiliki banyak duit.


Interior Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga
Nah untuk mengidentifikasi mana yang lebih baik antara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, di bawah ini kami tampilkan perbandingan atau komparasi antara kedua jenis mobil tersebut (Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga). Jadi dengan begitu kita bisa lebih tahu mobil mana yang paling pas dan cocok dengan dengan kita, apakah Honda Mobilio ataukah Suzuki Ertiga. Oke berikut ini perbandingannya:

1. Perbandingan Kenyamanan
Kenyamanan adalah faktor paling penting yang perlu kita perhatikan pertama kali ketika kita hendak membeli sebuah mobil terlebih lagi jika mobil tersebut hendak kita pakai sebagai mobil keluarga nantinya. Baik Honda Mobilio ataupun Suzuki Ertiga sebenarnya sama-sama memiliki tingkat kenyamanan yang sangat baik. Tapi dinilai dengan lebih detail, sepertinya Suzuki Ertiga masih sedikit lebih unggul dari Honda Mobilio. Ini bisa dilihat dari desain interior dari kedua mobil jenis tersebut. Desain interior Suzuki Ertiga masih terlihat lebih rapi dan terkesan lebih mewah dibanding desain interior Honda Mobilio. Selain itu, kursi penumpang pada Suzuki Ertiga juga lebih tebal daripada kursi pada Honda Mobilio. Ini tentu akan sangat terasa pengaruhnya ketika kita melakukan perjalanan jauh, dengan kursi yang lebih tebal tentu kita akan sedikit merasa lebih nyaman. Tapi untuk ruang bagasi, Honda Mobilio lebih baik karena memiliki bagasi yang lebih luas.

2. Perbandingan Mesin / Performa
Untuk masalah mesin, Honda Mobilio lebih unggul dari Suzuki Ertiga. Suzuki Ertiga hanya dibekali dengan mesin berkapasitas 1400 cc. Sementara Honda Mobilio dibekali dengan mesin berkapasitas lebih besar yakni sebesar 1500 cc. Mesin SOHC i-VTEC yang dimiliki Honda Mobilio mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 118 Ps. Bandingkan dengan mesin K14B DOHC-VVT milik Suzuki ertiga yang hanya mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 95 Ps. Jadi untuk masalah performa, Honda Mobilio lebih unggul dari Suzuki Ertiga. Sedangkan untuk masalah konsumsi bahan bakar, keduanya sama-sama tergolong irit meskipun sebenarnya Suzuki Ertiga sedikit lebih unggul untuk tingkat keiritan. Tapi perbedaannya tidak terlalu signifikan, hanya sepersekian kilo saja per liternya.

3. Perbandingan Desain Eksterior
Antara Suzuki Ertiga dan Honda Mobiio, keduanya memiliki desain eksterior yang berbeda. Jika Suzuki Ertiga desain eksteriornya cenderung kalem, sedangkan Honda mobilio terlihat lebih modern dan sporty. Tapi kembali lagi pada selera masing-masing, sebab beberapa orang lebih suka dengan tampilan yang kalem meskipun tidak sedikit juga yang suka dengan tampilan modern. Jadi untuk sektor yang ini, perbandingannya bisa dibilang 1:1.

4. Perbandingan Fitur
Kedua mobil tersebut adalah jagonya untuk urusan fitur. Kedua mobil tersebut sama-sama memiliki banyak fitur-fitur canggih meskipun komposisinya berbeda. Secara garis besar untuk yang ini perbandingannya juga 1:1. Tapi jika perbandingannya adalah untuk varian termurah (tipe S untuk Honda Mobilio dan tipe GA untuk Suzuki Ertiga), sepertinya Honda Mobilio sedikit lebih unggul. Sebab varian terendah Honda Mobilio dibekali dengan lebih banyak fitur canggih dibanding varian terendah dari Suzuki Ertiga. Salah satu fitur canggih yang belum dimiliki oleh varian terendah Suzuki Ertiga tapi sudah ada pada varian terendah Honda mobilio adalah Dual SRS Airbag. Tapi sekali lagi secara garis besar fitur yang dimiliki oleh kedua mobil tersebut tidak jauh beda.

5. Perbandingan Harga
Sebagai pemain di segmen Low MPV, harga kedua mobil tersebut jelas tidak jauh beda alias hampir sama yakni bermain dikisaran harga sekitar Rp150 juta hingga Rp200 Jutaan, tergantung tipenya (lihat harga Honda Mobilio atau Harga Suzuki Ertiga). Jadi untuk yang ini tergantung kondisi finansial kita.

Kesimpulannya, jika anda suka dengan mobil dengan tampilan modern dan memiliki performa lebih baik, sebaiknya anda memilih Honda Mobilio dengan mengabaikan sedikit kenyamanan. Sementara jika anda lebih memprioritaskan pada sisi kenyamanan dan tingkat keiritan konsumsi bahan bakar, sebaiknya anda memilih Suzuki Ertiga dengan mengesampingkan tampilan eksterior.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers