Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

09 April 2014

Tips Aman Mengendarai Motor Di Belakang Bus Atau Truck

Hal ini mungkin mungkin memang sering terjadi dalam kehidupan berkendara kita sehari-hari dan saya sendiri sering mengalaminya. Setiap hari tidak kurang dari 100 truck menghiasi jalan. Jika kita berkendara di belakang truk besar atau bus sangatlah membuat ngantuk dan berbahaya. Alasan menjadi ngantuk adalah karena emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan kendaraan tersebut, khususnya gas monoksida (CO. Senyawa tersebut akan sangat mudah masuk ikut dalam sistem pernapasan kita. Senyawa tersebut sangat mudah terikat dengan darah kita, sehingga darah yang harusnya mengikat oksigen malah mengikat CO, jadinya suply darah ke otak berkurang membuat kita jadi mengantuk. Nah apabila kita berkendara di belakang truk / bus besar, alangkah baiknya jika kita membiarkan kendaraan-kendaraan tersebut mendahului kita, atau kalau bisa kita yang menyalip kendaraan tersebut. Jangan lupa perhatikan cara-cara menyalip yang benar, sebelum menyalip kita pastikan kondisi jalan aman, dari kondisi arah yang berlawanan maupun kondisi jalan (berlubang atau bergelombang atau tidak) jangan lupa memberi tanda (lampu sen klap klip saat mau menyalip, untuk memberi tanda orang di depan kita dan pengendara yang akan kita salip ). Tapi sebelum menyalip alangkah baiknya untuk memperhatikan beberapa tips dibawah ini :


1. Sebelum menyalip perlambat laju kendaraan anda lebih kurang 10 meter di belakang truk
2. Dari jarak segitu anda dapat dengan leluasa melihat keadaan jalan yang ada di depan dengan cara membelokkan kendaraan anda ke kanan ataupun bisa juga ke kiri.
3. Setelah anda melihat keadaan didepan cukup aman untuk menyalip, berilah kode untuk berbelok dan percepat laju kendaraan anda Dan yang terpenting jangan lupa membunyikan klakson agar pengendara bus / truk menyadari ada kendaraan yang mau menyalipnya.
4. Jikalau anda tidak mahir dalam menyalip, buat jarak yang jauh dengan truk / bus tersebut dengan cara memperlambat laju kendaraan anda demi keselamatan anda sendiri.
5. Menyaliplah bila anda yakin keadaan aman, jangan paksakan diri anda untuk menyalip bila masih ragu.

Semoga tips ini bermanfaat dan utamanan keselamatan anda
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Aman Mengendarai Motor Di Belakang Bus Atau Truck. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers