Tips Selamat Di Jalan, Jauhi Truck Bermuatan Berat Tips Selamat Di Jalan, Jauhi Truck Bermuatan Berat
Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

29 April 2019

Tips Selamat Di Jalan, Jauhi Truck Bermuatan Berat

Loading...
Sekarang saya akan bahas dunia jalanan agar kita lebih hati-hati saat berkendara dan sebisa mungkin menjauh dari truck, terutama truck bermuatan. Disini akan saya berikan tips selamat berkendara bila berdekatan dengan truck. Kebetulan hari kemarin ada Honda Brio terlibat kecelakaan dengan truk pengangkut motor akibat truck mengalami gangguan rem, nah peristiwa ini kita ambil sebagai pelajaran. Peristiwa ini terjadi di Mangunan, Batangan, Pati, Jawa Tengah. Honda Brio yang terdorong truck yang mengalami gangguan rem pun menabrak bagian belakang truk hingga masuk ke kolong.



Kronologi Kejadian

Peristiwa ini terjadi pada Minggu 28 April 2019 sekitar pukul 07.30 Wib. Truck B-9159-UEV melaju dari arah barat ke timur sementara di depan truck tersebut ada Honda Brio K-9296-PH dan Truck B-9377-BXS. Sesampainya di tempat kejadian, B-9159-UEV mengalami gangguan pada rem. Karena jarak terlalu dekat, Truck B-9159-UEV menabrak Honda Brio K-9296-PH dari arah belakang. Honda Brio terdorong hingga menabrak Truck B-9377-BXS yang melaju searah didepannya. Posisi akhir ketiga kendaraan berhenti di badan jalan sebelah utara.



Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Honda Brio mengalami kerusakan parah. Sementara truk yang membawa motor baru tersebut tidak mengalami kerusakan yang parah, hanya sedikit kerusakan di bagian belakang.

Identitas Pengemudi
1. Pengemudi Truck Mitsubishi B-9159-UEV atas nama WARSIM bin KARNA, Laki-laki, Subang 12-11-1963, 55 th, Alamat Desa Pasirmuncang Rt 10 Rw 04 Kec. Cikaum Kab. Subang.

2. Pengemudi Honda Brio K-9296-PH atas nama SARWI, Laki-laki, Pati 03-04-1977, 42 th, Swasta, Alamat Desa Klayusiwalan Rt 02 Rw 02 Kec. Batangan Kab. Pati.

3. Pengemudi Truck Mitsubishi B-9377-BXS atas nama MUHAMMAD MUSYAFAK S.W, Laki-laki, Rembang 22-01-1966, 53 th, Alamat Desa Bumirejo Rt 02 Rw 12 Kec. Mungkid Kab. Magelang.

Tips Selamat Berkendara Di Jalan Raya

Ketika kita sedang berkendara di jalan raya dan sering sekali bertemu dengan truk yang bermuatan berat, pengemudi kendaraan kecil selalu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi penuh saat berdekatan dengan kendaraan besar. Kalau bisa hindari terlalu dekat dengan kendaraan besar seperti bus dan truck. Baiknya segera mendahului lalu menjauh atau kalau kendaraan besar tersebut melaju kencang, seperti bus malam, biarkan dia lewat. Berada agak jauh di belakang juga membuat kita bisa melihat dan menilai kondisi jarak aman.

Truk adalah kendaraan yang paling tidak disukai ada di jalanan, ini fakta di lapangan dari survey kecil-kecilan saya. Besar, lamban, menghabiskan space jalan, sampai dianggap sebagai penyebab banyaknya kecelakaan yang berakibat kematian. Makanya, banyak orang yang takut dan ngeri dengan truck, padahal sebenernya truck ya kendaraan yang aman.

Memang, kecelakaan yang melibatkan mobil atau motor dan truck sering terjadi. Sebenarnya kalau dirunut masalahnya, tak melulu pengemudi truk yang salah. Para pengemudi atau pengendara motor sendiri yang sering lalai dalam berkendara dengan tidak memperhatikan banyak hal. Nah, untuk menghindarkan hal mengerikan itu, berikut tips bagaimana bersikap ketika bersinggungan dengan kendaraan besar macam truck.

1. Jangan Berhenti Mendadak Di Depan Truck
Dari banyaknya kasus kecelakaan yang melibatkan truk, salah satu penyebabnya adalah karena pengendara mobil atau motor berhenti mendadak. Truk tidak sama seperti motor atau mobil yang bisa berhenti mendadak. Setidaknya butuh jarak beberapa meter untuk truk untuk berhenti. Makanya, ketika ada motor berhenti mendadak di depan mereka, para supir truk tidak bisa berbuat banyak. Jadi, selalu perhatikan hal ini biar tidak jadi korban berikutnya.

2. Jangan Pernah Berjalan di Sela-Sela Truk Gandengan
Hal ini sering saya lihat, motor menyalip truk gandengan, tapi apa daya kecepatan dan jaraknya tak cukup sehingga harus melipir ke bagian tengah-tengah. Jangan pernah lakukan ini karena risikonya sangat-sangat fatal. Tak ada konsekuensi lain selain kematian.

3. Perhatikan Selalu Lampu Sein Truck
Truk memang besar dan mereka akan menghalangi pandangan. Makanya, cari jarak yang aman kalau tidak mau menyalip. Dengan jarak aman, kita bisa lihat kondisi jalan, dan bila ada obyek-obyek yang bisa bikin celaka, misalnya lubang besar atau oli yang licin kita bisa menghindar. Jangan lupa, ketika berada di belakang truk, selalu perhatian lampu sein truck. Cuma itu satu satu-satunya informasi yang kita andalkan dari pengemudi truck. Jangan menyalip ketika truk sedang menyalakan sein kanan atau kiri. Hal tersebut sangat berbahaya.

Selalu hati-hati dengan kendaraan besar satu ini. Jangan pernah menganggapnya remeh, karena keteledoran akan selalu berbuah celaka dan kematian. Jika bisa memperhitungkan segalanya, silakan lewati, tapi kalau ragu dan takut sangat disarankan untuk menjauh dengan berjalan melambat atau cari alternatif jalan yang lain. Ingat, kecelakaan sering diakibatkan dari kelalain diri kita sendiri.

Semoga, peristiwa ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua bila berkendara di jalan raya. Sebisa mungkin kita jangan suka nempel-nempel truck dan jauhi truck terutama truck yang bermuatan berat. Hal ini demi keselamatan kita semua, karena truck bisa mengalami rem blong secara tiba-tiba.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Selamat Di Jalan, Jauhi Truck Bermuatan Berat. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers