Mobil Isuzu (Holden) Gemini, Satu-Satunya Sedan Diesel Untuk Taksi Di Indonesia Mobil Isuzu (Holden) Gemini, Satu-Satunya Sedan Diesel Untuk Taksi Di Indonesia
Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

02 May 2019

Mobil Isuzu (Holden) Gemini, Satu-Satunya Sedan Diesel Untuk Taksi Di Indonesia

Loading...
Masih ingat dengan sedan diesel Isuzu (Holden) Gemini? Sedan ini dulu sempat digunakan sebagai armada Taksi era 80-90 an dan kini hanya tinggal sejarah saja. Mobil ini cukup keren di jamannya karena Holden Gemini ini didesain oleh desainer mobil ternama asal Italia, Giorgetto Giugiaro yang juga mendesain Ferrari 250 GT SWB Bertone (1960), Fiat Uno hingga Ducati 860 GT. Ayo tebak, sedan diesel ini buatan Isuzu atau Holden? Holden Gemini yang masuk ke Indonesia Hanya 5 jenis yaitu TC, TD, TE, TG dan RB. Nah, Gemini yang dipasarkan di Indonesia adalah buatan Isuzu. Mesin dan sparepartnya semua buatan Isuzu.



Namun Gemini di jual di Indonesia dengan merk Holden karena Isuzu adalah bagian dari grup GM (General Motor) sementara Isuzu tidak punya ijin keagenan sedan di Indonesia, yang ada hanya Isuzu truk dan bus, di bawah Pantja Motor untuk Panther, ELF dan truk besar. Sedangkan yang light utility vehicle (LUV) dipegang Garmak Motor yang juga agen Opel dan Chevrolet (anggota grup GM juga). Jadi tidak perlu bingung Gemini itu Isuzu atau Holden, Gemini ya aslinya Isuzu hanya dijual dengan merk Holden melalui ATPM PT Udatimex dan tutup di awal 90-an. Dan untuk saat ini Isuzu di bawah bendera Astra. 






Uniknya hanya mobil ini yang menggunakan mesin diesel pada dunia taksi Indonesia hingga tahun 1990. Jadi, Holden Gemini merupakan satu-satunya taksi diesel di Indonesia saat itu.


Mesin Holden Gemini

Mobil ini menggunakan mesin diesel 4EC1 buatan Isuzu berkapasitas 1500 cc OHV 8 valve. Mesin ini terkenal bandel bertenaga dan juga irit bbm. Maka tak heran Holden Gemini sempat dijadikan armada taksi di beberapa kota besar seperti Medan, Surabaya hingga Jakarta. Untuk beberapa part mesin 4EC1 ini bisa saling tukar dengan mesin C223 dari Isuzu Panther. 


Mesin Isuzu 4EC1 ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 50PS pada 4800 rpm dan torsi 90Nm pada 3000 rpm. Holden Gemini maupun Isuzu Gemini yang beredar di Indonesia hanya ada satu varian mesin 4EC1 berkapasitas 1500cc dengan transmisi manual 5 percepatan.

Namun, ada beberapa pemilik mobil ini yang memasang mesin 4EC1T 1500cc turbo maupun 4EE1T 1700cc turbo dengan turbocharger IHI RHB32 yang dipadukan dengan transmisi otomatis 3 percepatan. Mesin 4EC1 yang diberi turbo dapat menghasilkan tenaga 67PS pada 4600 rpm dan torsi 132Nm pada 2600 rpm.

Nah, itulah Holden Gemini, sedan empat pintu bermesin diesel yang juga dikenal sebagai Isuzu Gemini yang sempat wara-wiri di jalanan ibukota sebagai armada taksi. Untuk saat ini, Holden Gemini banyak diburu kolektor karena memang cukup unik.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mobil Isuzu (Holden) Gemini, Satu-Satunya Sedan Diesel Untuk Taksi Di Indonesia. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers