Taksi Listrik Blue Bird Gunakan BYD e6? Taksi Listrik Blue Bird Gunakan BYD e6?
Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

02 April 2019

Taksi Listrik Blue Bird Gunakan BYD e6?

Widodogroho.com - Akhir-akhir ini, lini masa media sosial ramai foto mobil listrik BYD milik taksi Blue Bird. BYD merupakan merk mobil listrik asal China dan salah satu yang menjadi pesaing besar Tesla. Berbagai model dibuat oleh BYD, mulai dari hatchback, SUV, MPV, sampai bus yang akan digunakan TransJakarta. Memang untuk armada taksi listrik Blue Bird ini belum diketahui dengan pasti tipe yang akan digunakan. Namun, jika melihat di negara lain, yang sering digunakan sebagai armada taksi listrik adalah e6.


Penggunaan BYD e6 ini makin terang jika mengutip dari laman otomotif Kompas, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi, menyebutkan bahwa ada sekitar 40 hingga 50 mobil listrik BYD e6 milik armada Blue Bird yang telah diuji tipe. Sedangkan Division of Engineering and Procurement Planning PLN, Zainal Arifin, membeberkan bahwa mobil tersebut adalah mobil lansiran BYD, merk asal China. Nah, Zainal menyebutkan bahwa pihak PLN sendiri tengah menggarap instalasi listrik untuk pool Blue Bird.

Spesifikasi Mobil Listrik BYD e6

Mobil listrik BYD e6 ini berbentuk hattchback lima penumpang. Untuk performa, mobil listrik BYD e6 ini cukup mumpuni. BYD E6 menggendong baterai tipe Iron Phosphate (Fe) dengan kapasitas 80 kWh. Batere tersebut untuk memutar motor penggeraknya dan menghasilkan tenaga sebesar 90 kW atau 120 Tk dan momen puntir 450 Nm. Berdasarkan data yang tersedia dalam situs resmi BYD, e6 bisa melaju hingga kecepatan puncak 140 km per jam. Saat batere terisi penuh, jarak tempuh yang mampu ditempuh mobil BYD e6 mencapai 300 km.


Mobil listrik BYD e6 juga dilengkapi fitur keamanan cukup lengkap. Setidaknya ada 6 airbag, posisinya dua di dashboard, dua di belakang jok depan dan dua di samping baris kedua. Selain itu, ada teknologi ESP (Electronic Stability Program) dan ABS (Anti-locking Brake System) untuk memastikan pengendalian tetap aman.

Mengenal Mobil Listrik BYD

Mobil listrik BYD ini dibuat oleh pabrikan mobil China, BYD Co. Pabrik BYD sendiri bermarkas di kota Shenzhen dan tercatat di bursa saham Hong Kong dan Shanghai. Perusahaan ini sebagian sahamnya dikuasai oleh miliuner asal Amerika Serikat, Warren Buffett, dan menjadi produsen mobil listrik terbesar di China.

Selama periode tujuh bulan pertama 2018, BYD berhasil memasarkan 261.812 unit kendaraan secara global, termasuk 93.677 unit mobil berteknologi listrik murni dan plug-in hybrid. BYD telah mengekspor kendaraan listrik, mayoritas bus listrik, ke lebih dari 50 negara di dunia. Perusahaan ini juga mempercepat pembangunan sejumlah pabrik mobil listrik di luar China.

Selain memiliki pabrik perakitan bus listrik di Amerika Serikat, Skotlandia dan Brasil, BYD juga tengah membangun pabrik bus listrik di Hungaria, Perancis dan Ekuador. BYD juga tengah menyiapkan pembangunan pabrik kendaraan listrik di Maroko.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Taksi Listrik Blue Bird Gunakan BYD e6?. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers