Ford Husky, Rebadge Mitsubishi L300 Untuk Pasar Afrika Ford Husky, Rebadge Mitsubishi L300 Untuk Pasar Afrika
Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

23 April 2019

Ford Husky, Rebadge Mitsubishi L300 Untuk Pasar Afrika

Pagi ini blog widodogroho.com akan mengulas Ford Husky, ini adalah mobil hasil rebadge dari Mitsubishi L300. Kebetulan pagi tadi saat lagi minum kopi ada pemberitahuan dari Facebook bahwa kiriman om Agus Bramantyo di grup Sejarah Transportasi membutuhkan persetujuan. Langsung saja postingan tersebut saya approve karena materinya cukup istimewa yakni poster Ford Husky hasil rebadge dari Mitsubishi L300. Surprise juga melihatnya walau rebadge alias ganti logo hal yang biasa di otomotif. Surprise karena ternyata Ford juga kepincut body L300 untuk pasar Afrika, seperti Isuzu Bison saat ini di pasar Indonesia.


Rebadge ini unik, karena Ford lebih sering kerjasama dengan Mazda di pasar Amerika Serikat. Tapi di jaman Iacocca memimpin Chrysler justru bekerjasama dengan Mitsubishi untuk penjualan merk Mitsubishi di Afrika. Tidak heran Ford juga terpincut me rebadge L300 ini.

Sejarah Mobil Ford Husky

Sebenernya mobil ini adalah buatan South African Motor Corporation, lebih dikenal sebagai Samcor. Samcor adalah produsen mobil Afrika Selatan yang didirikan pada tahun 1985 melalui penggabungan Ford Motor Company dari anak perusahaan South African Motor dan Sigma (sebelumnya dikenal sebagai Amcar - American Motors Corporation) yang sebelumnya memproduksi Mazda untuk pasar lokal Amerika.

Ford Afrika Selatan berbasis di Port Elizabeth (sekarang bagian dari provinsi Eastern Cape ) dan telah beroperasi sejak 1923. Pada awal 1980-an, ia memiliki pabrik perakitan kendaraan dan pabrik mesin di Struandale. Setelah merger dengan Sigma dan pembentukan Samcor, pabrik mesin terus dioperasikan oleh Samcor. Nahdi era ini Ford Husky di produksi dengan merebadge Mitsubishi L300. Pada 2015 kedua pabrik perakitan ditutup dan semua produksi kendaraan dipindahkan ke Samcor's Silverton Assembly Plant di Pretoria. Pabrik perakitan Struandale kemudian dijual ke Delta Motor Corporation (General Motors).


Nah itulah sekilas mengenai Ford Husky di pasar Afrika. Dari sini kita bisa melihat bahwa Mitsubishi L300 ternyata sangat diminati di pasar dunia. Selain Ford Husky tersebut, di Indonesia Mitsubishi L300 juga di rebadge oleh Isuzu sebagai Isuzu Bison
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Ford Husky, Rebadge Mitsubishi L300 Untuk Pasar Afrika. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers