Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

10 April 2019

Cara Mudah Membedakan Bibit Pohon Kurma Jantan Dan Betina

Sudah kita ketahui bersama pohon Kurma bisa ditanam dan berbuah di Indonesia. Dan saat ini lagi ramai-ramainya masyarakat mencari bibit kurma. Perlu untuk kita ketahui, pohon kurma itu memiliki jenis kelamin jantan dan betina. Namun untuk membedakan jenis kelamin pada pohon kurma di bawah usia tiga tahun sangat sulit. Perlu ketelitian dalam memilih bibit tanaman kurma agar menghasilkan buah dan dapat dipanen. Hal yang paling penting dalam budidaya kurma adalah mengenal ciri-ciri kelamin jantan betina.



Sebelum saya melanjutkan artikel mengenai cara membedakan pohon kurma jantan dan betina, saya ingin menyampaikan beberapa pertanyaan mengenai kurma jantan dan betina yang kerap disampaikan beberapa teman termasuk diri saya sendiri pada waktu pertama kali menanam pohon kurma.

Apakah kurma jantan bisa berbuah? Pohon kurma jantan tidak bisa berbuah baik itu kurma tropis maupun kurma yang ada di daerah padang pasir.


Apakah kurma betina bisa berbuah tanpa bunga jantan? Pohon kurma betina bisa berbuah meski tanpa pejantan. Namun buah yang dihasilkan kurang baik kualitasnya, selain rasanya tidak enak ukuran buah juga kecil. Maka perlu juga menanam pohon kurma jantan di antara pohon kurma betina.


Cara Membedakan Pohon Kurma Jantan Dan Betina


Nah, dari dua pertanyaan tersebut saya mendapat beberapa jawaban mengenai pohon kurma jantan dan betina dari beberapa pembudidaya tanaman kurma. Lalu bagaimana cara membedakan pohon kurma jantan dan betina?


Biji Kurma


Menurut penjelasan para pembibit kurma, kurma jantan dan betina sudah bisa ditebak sejak biji. Biji korma betina diujung mulus/oval mulus, kalau jantan ada semacam tonjolan dan cenderung runcing.



Nah, dari foto diatas bisa diketahui mana yang punya bakat jantan dan betina. Foto biji kurma yang dicentang biasanya akan jadi biji kurma betina. Untuk foto sebelah yang di centang (biji atas) sekilas kayak betina tapi itu jantan. Tapi perlu di ingat, ini hanya menurut pengalaman para pembibit. Untuk kepastiannya seperti yang sudah saya sebutkan diatas yakni setelah pohon kurma itu menginjak usia 4 tahun baru bisa kita bedakan.


Daun Kurma


Kemudian kita bedakan dari motif daun kurma dari bibit pohon kurma usia 1 tahun. Menurut pengalaman para pembibit dan pembudidaya kurma sih ada 2 motif daun. Pohon kurma betina cenderung lurus daunya dan jarak antar daun lebih rapat dan jantan jarak antar daun lebih renggang.



Dari foto diatas, pohon kurma dalam pot yang saya centang itu betina sedangkan pohon kurma dalam polybag itu jantan. Agar jelas, saya foto sendiri sendiri dibawah ini.



Foto pohon kurma diatas adalah betina, jarak antar daun terlihat rapat.



Dan foto pohon kurma dalam bolybag diatas adalah jantan, daun lebih lebar dan jumlah pisau daun pun sedikit.


Cara diatas adalah cara membedakan pohon kurma jantan dan betina untuk pohon usia 1 tahun. Dan untuk kepastiannya belum 100 persen. Lalu bagaimana cara mendapatkan kepastian pohon kurma jantan dan betina yang dapat berbuah?



Menurut para pembudidaya pohon kurma, untuk kurma berjenis kelamin betina, bisa anda dapatkan dari anakan pohon kurma. Yaitu tanaman kurma yang tumbuh dari pohon kurma besar yang sekiranya sudah berumur 4 tahun lebih. Karena anakan kurma hanya tumbuh dari kurma betina.


Ciri-ciri pohon kurma betina adalah Pohon kurma yang bisa menghasilkan tanaman anakan pada sisi pinggir tanaman kurma saat umur tiga tahun. Anakan pohon kurma ini oleh pembibit biasanya dipisahkan untuk pembibitan. Kesimpulannya, jika pohon kurma bisa mengeluarkan anakan pada sisi tanaman kurma sudah dipastikan tanaman kurma itu betina dan pada umur 4-5 tahun akan belajar berbunga untuk pertama kalinya. Pada tanaman jantan perbedaannya dia tidak bisa menghasilkan anakan pohon korma pada sisi-sisinya, tapi berbunga terlebih dahulu.



Nah, itulah cara membedakan pohon kurma jantan dan betina. Apabila anda tertarik untuk belajar menanam pohon kurma sendiri dari biji, caranya pernah saya tulis di https://www.widodogroho.com/2017/11/cara-mudah-menanam-pohon-kurma-dari-biji.html

Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cara Mudah Membedakan Bibit Pohon Kurma Jantan Dan Betina. Ikuti update terbaru di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers