Penampakan Mobil Suzulight Carry FB 1961 Di Semarang Penampakan Mobil Suzulight Carry FB 1961 Di Semarang
Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

07 April 2019

Penampakan Mobil Suzulight Carry FB 1961 Di Semarang

Widodogroho.com - Ada yang tahu kapan Suzuki Carry pertama masuk Indonesia? Ya, tahun 1961 mobil ini pertama masuk Indonesia. Suzuki Carry tertua ini pun masih ada di Semarang. Mobil ini dimiliki Sigit Wijiadi (45) owner bengkel Classiccar yang tinggal di jl Parikesit, Banyumanik, Semarang. Mobil ini merupakan generasi pertama dari Suzuki Carry Pick up yang dikenalkan pada tahun 1961. Nama resmi mobil ini belum Suzuki Carry, melainkan Suzulight Carry FB. Dalam sejarahnya, Mobil ini masuk ke Indonesia sekitar 40 unit. Hingga kini tinggal mobil milik pak Sigit yang sudah terpantau keberadaannya.


Pak Sigit bercerita beli mobil Suzuki Carry FB ini dari orang Jakarta yang sesama pecinta mobil antik atau mobil kuno. Mobil ini memiliki warna dasar biru, namun karena perawatan dari pemilik sebelumnya tidak maksimal body mobil pun pada keropos. “Awal beli ya keropos bodynya, mesin jamuran, tapi sasis atau rangka masih bagus. Itu yang membuat saya suka dengan Suzuki, tulang mobilnya kuat. Akhirnya kita hanya ganti instalasi mesin dan rem," cerita pak Sigit.


Pak Sigit pun memilih mempertahankan warna cat asli pabrik daripada mengubahnya. Meskipun usianya sudah mencapai 58 tahun, namun mobil pikap ini masih bisa menyala dan berjalan. Selama tiga tahun dirawatnya, mobil ini hanya dijadikan koleksi saja. Kadang-kadang dipakai keliling di jalanan mendatar, serta diikutkan kontes.

Spesifikasi Suzulight Carry FB

Bentuk body mobil ini tidak seperti mobil Suzuki Carry generasi masa kini. Bentuk pick up Suzuki Carry tahun 1961 ini mempunyai bonnet berukuran pendek serta posisi mesin berada di bawah kursi depan. Tata letak seperti ini biasa disebut sebagai “Semi-Cabover”. Pintunya pun terbuka terbalik atau kunci pintu berada di dekat spion. Pintu dibuka ke belakang.

Selain varian pickup, pada bulan September 1961 tersedia juga varian Van station wagon dengan nama  Suzulight FBD. Sedangkan varian “Blind Van” (tanpa kaca samping), mulai diproduksi pada bulan Juli 1962.

Suzulight FB menggunakan mesin dua silinder dua langkah. Type mesin sama dengan kode produksi mobilnya yaitu seri “FB”. Kapasitas mesin ini adalah 359 cc (21.9 cu in) dengan system pendinginan menggunakan udara (air cooled). Mesin ini sanggup menghasilkan daya 21 hp (16 kW). Kecepatan tertinggi yang dapat dicapai tidak lebih dari 76 km/jam (47 mph). Untuk bagian suspensinya, Suzulight FB menggunakan system rigid dengan per daun di depan maupun di belakang.

Nah, Carry Suzulight FB ini memang tidak pernah dijual resmi di Indonesia. Namun sekitar 40 unit mobil ini masuk ke Indonesia sebagai bantuan pemerintah Jepang. Hingga sekarang baru 1 Suzulight FB yang diakui masih ada yaitu milik pak Sigit. Sebagai catatan Suzuki Carry pertama yang dijual resmi di Indonesia adalah seri L40 yang didatangkan ATPM Suzuki saat itu yaitu Azeyma Company. Namun nama Suzuki baru melejit setelah Indomobil mengambil alih merek ini dan memproduksi ST20 atau yang akrab disapa truntung di Indonesia.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Penampakan Mobil Suzulight Carry FB 1961 Di Semarang. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers