Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

19 January 2017

Tips Berkendara Di Jalan Rusak dan Berlubang Dengan Aman

Akhir-akhir ini beberapa daerah di Indonesia mengalami curah hujan yang cukup tinggi. Air yang tergenang di aspal inilah salah satu penyebab aspal menjadi rusak dan berlubang karena salah satu musuh utama aspal adalah air. Yang menyedihkan, jalan rusak dan berlubang ini telah banyak memakan korban jiwa.


Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menyiasati jalan berlubang? Pengenalan medan jalan jadi hal penting, karena bisa mengkategorikan kerusakan jalan dan kita bisa mengantisipasi sejak awal.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan jika menemui jalan rusak dan berlubang:

1. Jaga Jarak Aman

Berikan jarak pandang yang cukup dengan kendaraan di depan, sehingga kondisi jalan di depan lebih terlihat dengan lebih luas. Ini untuk menghindari hal-hal yang tak terduga. Dengan menjaga jarak aman, jika ada lubang bisa menghindari dan tidak ikut terjerembab ke dalam lubang.

2. Kenali Medan Jalan

Dengan mengetahui jalan yang akan dilalui, tentu saja dari jauh sudah bisa melakukan persiapan untuk berpindah lajur menghindari lubang.

3. Hindari Rem Mendadak

Pada dasarnya menghadapi jalan rusak dan berlubang adalah sama. Jika mengendarai dalam kecepatan tinggi jangan mengerem mendadak serta menghindari lubang dengan manuver dadakan.

4. Perhatikan Kondisi Jalan

Bila memungkinkan untuk menghindari lubang, lihat kondisi sekeliling. Contohnya, sebelum menghindari jalan berlubang lihat kaca spion. Tetapi kalau kondisi tidak aman atau jarak terlalu dekat dengan kendaraan lain, dengan terpaksa jalan berlubang harus kita lewati.

Jika memang harus melewati lubang karena tidak bisa lagi menghindar maka langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut:

*. Pengendara Motor

Jika motor mengalami selip lepaskanlah gas dan kukuhkan kaki di pijakan kaki. Konsentrasi melihat kondisi dan situasi jalan, serta jangan panik.

Di saat yang bersamaan berdirilah di footstep dan bobot badan condong ke belakang dengan cengkraman pada ujung luar setang motor. Jika tidak sempat berdiri, tetap duduk tapi jangan terlalu mencengkram setang motor. Pegangan yang kaku akan mengakibatkan motor kehilangan kendali saat menghantam lubang.

*. Pengendara Mobil

Untuk pengendara mobil, kondisi sekeliling yang aman, pengereman dilakukan sebelum roda menginjak lubang jalan. Lalu biarkan mobil melintasi lubang tanpa pengereman. Hal ini untuk menghindari mobil hilang kendali dan kerusakan kaki-kaki.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Berkendara Di Jalan Rusak dan Berlubang Dengan Aman. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers