Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

09 January 2017

Sejarah Dan Asal Usul Mobil Setir Kanan Di Indonesia Adalah Warisan Inggris

Di malam ini saya akan mengupas sejarah dan asal usul mengapa mobil di Indonesia menggunakan stir kanan dan berjalan di sebelah kiri. Dalam penelusuran sejarah ternyata ini ada hubungannya dengan sejarah penjajahan bangsa asing di Indonesia. Sejarah Indonesia menuliskan bahwa Belanda, Inggris, dan Jepang adalah negara yang pernah menjajah Indonesia.


Posisi berjalan di sebelah kiri dan posisi pengemudi kendaraan di sebelah kanan, merupakan warisan Inggris saat menjajah Indonesia. Sistem left-driving countries adalah sistem dimana strandarisasi sistem lalu lintas suatu negaranya memakai jalur kiri, sehingga posisi setir kendaraan roda empat harus berada di bagian kanan.

Negara yang memakai sistem kendaraan left driving bisa dikatakan minoritas karena jumlahnya lebih sedikit yaitu 75 negara saja, sedangkan 125 negara, menganut aturan sistem right driving.

Kenapa Indonesia juga menganut konsep left driving?

Ternyata, sejarah penjajahan di Indonesia menjadi cikal bakal mengapa Indonesia menganut konsep left driving. Bagaimana bisa Indonesia yang merupakan jajahan Belanda menganut sistem left driving sedangkan Belanda sendiri menerapkan sistem right driving?

Sebagai bekas jajahan Belanda selama berabad-abad, semestinya peraturan lalu lintas Indonesia juga mengikuti aturan Belanda dan negara-negara sebagian besar Eropa. Nah, ternyata ketika Inggris mengambil alih jajahan Belanda dan diduduki oleh Thomas Stamford Rafles pada tahun 1811. Rafles melakukan banyak hal, seperti menghentikan perdagangan budak dan meneliti peninggalan-peninggalan Indonesia.

Salah satu kebijakannya yang belum banyak diketahui orang adalah mengubah sistem mengemudi di Hindia Belanda dari sebelah kanan menjadi sebelah kiri. Selain itu, ketika Jepang menduduki Indonesia, Jepang justru memperkuat dengan sistem ini yang sama dengan negaranya.

Negara lain yang menggunakan jalur kiri untuk berkendara, di samping Inggris dan Indonesia adalah Jepang, Australia dan negara bekas Jajahan Inggris. Jadi salah satu peninggalan jajahan Inggris dan Jepang yaitu sistem berkendara di jalur kiri menggunakan stir kanan. Nah itulah sejarah dan asal usul penggunaan stir kanan di Indonesia.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Sejarah Dan Asal Usul Mobil Setir Kanan Di Indonesia Adalah Warisan Inggris. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers