Pin It

01 March 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 00:32

Bahasa Indonesia Pernah Digunakan Untuk Sumpah Jabatan Wali Kota Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat

Sebagai warga negara Indonesia, kita wajib bangga dengan bahasa Indonesia, selain sebagai bahasa kesatuan kita juga pernah digunakan untuk sumpah jabatan Dana S Hilliard sebagai Wali Kota Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat pada Januari 2016. Bukti Indonesia dan bahasa Indonesia mendapat tempat istimewa dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Wali Kota di Amerika Serikat. Meski tempatnya di Amerika, dan yang dilantik tentu saja orang Amerika, tapi Indonesia menjadi bagian penting dalam prosesi ini. 

Bahasa Indonesia Pernah Digunakan Untuk Sumpah Jabatan Wali Kota Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat
Foto: dok. KJRI New York

Saat itu selain bahasa Inggris, Bahasa Indonesia juga digunakan untuk Pledge of allegiance (ikrar setia) Dana S Hilliard saat pelantikannya menjadi Wali Kota Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat pada Januari 2016 silam. Pada saat pelantikan, Dana S Hilliard meminta agar ikrar pengucapan sumpah dilakukan dalam Bahasa Indonesia. Proses semacam ini, baru terjadi di sini. Indonesia juga merupakan satu-satunya perwakilan negara asing yang hadir pada acara tersebut. Saat itu Abigail Johan, pelajar sekolah menengah di Somersworth dipercaya Hilliard membacakan pledge of allegiance dalam bahasa Indonesia. 

Bahasa Indonesia Pernah Digunakan Untuk Sumpah Jabatan Wali Kota Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat
Foto: dok. KJRI New York

"Aku berikrar setia kepada bendera Amerika Serikat dan kepada Republik yang berbangsa satu, berdaulat, merdeka dan berkeadilan untuk semua." 

Prosesi pelantikan yang digelar di Ruangan City Hall Somersworth, New York, Sabtu malam waktu setempat, dihadiri Gubernur Negara Bagian New Hampshire Margareth Hassan serta Senator Negara Bagian New Hampshire David H. Waters. Konsul Pensosbud KJRI New York Benny YP Siahaan juga ikut yang hadir malam itu sebagai tamu undangan khusus Wali Kota Hilliard. Pelantikan ini merupakan periode kedua bagi Wali Kota Hilliard yang sebelumnya sukses memimpin kota Somersworth yang mengantarnya terpilih untuk kedua kalinya yang dikenal dengan pribadi yang supel, terbuka serta mendukung toleransi dan keragaman budaya di Kota Somersworth.

Dalam sambutannya, Gubernur Margareth Hassan menyampaikan selamat atas terpilih kembalinya Hilliard sebagai wali kota yang merupakan bukti suksesnya kepemimpinannya pada periode sebelumnya dan ucapan selamat kepada anggota Dewan Kota dan Dewan Pendidikan yang terpilih untuk periode 2016-2020.

Hubungan Pemerintah kota Somersworth, dengan komunitas Indonesia memang sangat erat. Pemkot Somersworth getol memajukan dan memperkenalkan Indonesia di kota Somersworth, seperti pengenalan bahasa Indonesia, seni dan budaya melalui pagelaran seni yang diselenggarakan komunitas Indonesia bekerja sama dengan KJRI New York dan didukung Pemkot Somersworth.

Bahasa Indonesia Pernah Digunakan Untuk Sumpah Jabatan Wali Kota Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat
Foto: dok. KJRI New York

“Hubungan Wali Kota Somersworth dengan Indonesia begitu dekat. Wali Kota sampai meminta agar pembacaan ikrar setia (pledge of allegiance) juga dalam bahasa Indonesia, selain dalam bahasa Inggris dan Perancis (kebanyakan warga Somersworth keturunan Perancis)," kata Benny YP Siahaan yang mewakili KJRI New York. 

Saat itu setelah acara, Walikota Somersworth Dana Hilliard meluangkan waktu untuk berbincang dengan Benny dan beberapa diaspora Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Benny memberikan kemeja batik sebagai ucapan selamat atas pelantikan seraya menyampaikan terima kasih atas dukungannya kepada masyarakat Indonesia di Kota Somersworth yang berjumlah sekitar 500 orang.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email