Pin It

28 February 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 19:12

Vera, Autonomous Truck Untuk Trailer Head Buatan Volvo

Setelah menulis truck Volvo dalam film pendek The Tower tiba-tiba teringat Vera. Sebenarnya Vera ini dikenalkan kepada publik pada Juni 2019 lalu. Melalui website resminya, Volvo Trucks pun menulis "This is Vera – a vehicle like no other seen from us before". Nah, jadi Vera adalah truck cantik yang bertugas sebagai trailer head buatan Volvo yang mampu jalan secara otomatis atau bahasa kerennya Autonomous truck. Vera punya kemampuan autonomous driving atau menyetir sendiri alias berjalan tanpa pengemudi. Vera memulai tugas perdananya di pelabuhan Gothenburg, Swedia sebagai pengantar logistik peti kemas antar pelabuhan. Truck Volvo Vera ini hasil kolaborasi Volvo bersama perusahaan kapal feri serta penyedia jasa layanan logistik DFDS (Det Forenede Dampskibs-Selskab) Logistics Solutions yang sama-sama berasal dari Swedia. 

Vera, Autonomous Truck Untuk Trailer Head Buatan Volvo

Volvo Trucks Vera sendiri ditenagai oleh FL Electric dan FE Electric serta dirancang untuk membawa logistik peti kemas dari pabrik ke pelabuhan atau sebaliknya. Volvo mengklaim Vera mampu mengangkut barang bervolume besar dengan presisi tinggi serta mampu menempuh jarak jauh. Truk otonom ini juga mampu melaju dengan kecepatan 40 km / jam (25 mph) dan cukup dikendalikan oleh menara kontrol. 

Vera, Autonomous Truck Untuk Trailer Head Buatan Volvo

“Sekarang kami memiliki kesempatan untuk mengimplementasikan Vera dalam pengaturan yang ideal dan lebih lanjut mengembangkan potensinya untuk operasi serupa lainnya,” kata Mikael Karlsson, Vice President Autonomous Solutions Volvo Trucks. 


Melihat wujud Vera yang digunakan sebagai trailer head memang tampak jelas bahwa truk ini sengaja dirancang untuk tidak dikemudikan oleh manusia. Selama bertugas, Vera dikendalikan oleh operator dari sebuah menara kontrol. Koneksi antara Vera dan menara kontrol ini merupakan sesuatu yang esensial, sebab yang dimonitor secara akurat bukan cuma posisi tiap-tiap unit Vera saja, tapi juga parameter-parameter penting lain, seperti baterai misalnya. Kecepatan setiap unitnya juga bakal diatur dari pusat kontrol yang sama, menyesuaikan dengan kondisi yang ada. 

Vera, Autonomous Truck Untuk Trailer Head Buatan Volvo

Saat ini, Vera sudah terbukti mampu berkendara berdasarkan rute yang telah ditentukan, baik di jalan raya maupun di kawasan industri. Untuk menjaga faktor keselamatan berkendara, kecepatan maksimum Vera dibatasi hanya 40 km/jam. Mungkin masih terlalu dini untuk menyebut Vera sebagai kendaraan otonom penuh, karena pengendaraan Vera masih dipantau oleh operator di menara pengawas yang sekaligus bertanggung jawab pada aktivitas bongkar muat barang.

Vera, Autonomous Truck Untuk Trailer Head Buatan Volvo

Meski demikian, Vera menjadi batu loncatan besar dalam bidang pengembangan teknologi kendaraan komersial otonom bertenaga listrik. Dan tentunya di masa depan akan muncul kendaraan sejenis yang jauh lebih canggih. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email