Pin It

02 March 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 17:57

Sejarah Tatra, Karoseri Sodomka dan Karosa (Iveco Czech Republic)

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas sejarah Tatra, Sodomka dan Karosa atau sekarang berganti nama Iveco Czech Republic. Kenapa ketiganya saya gabungin? Karena saling berkaitan, pendiri Karosa itu juga pendiri Sodomka yang membuat body mobil Tatra. 

Sejarah Tatra, Karoseri Sodomka dan Karosa (Iveco Czech Republic)
Bus Gandeng Karosa B40

Tatra

Tatra adalah produsen mobil dari negara Cekoslowakia yang dibuat oleh Závody Tatra dari tahun 1931 hingga 1939. Mobil ini dibangun pabrikan Tatra di Kopřivnice di bawah lisensi Frankfurt am Main Jerman. Pabrikan Tatra sendiri dimiliki oleh perusahaan Tatra Trucks yang berbasis di Ostrava, dan merupakan salah satu perusahaan otomotif tertua kedua di dunia yang memproduksi mobil dengan sejarah yang tak terputus, hanya dikalahkan oleh produsen mobil Prancis Peugeot. Dalam sejarahnya, Tatra didirikan pada tahun 1850 dengan nama Ignatz Schustala & Comp, kemudian pada tahun 1890 berganti nama menjadi Nesselsdorfer Wagenbau-Fabriksgesellschaft ketika menjadi produsen kereta. Pada tahun 1897, Tatra memproduksi mobil pertama di Eropa tengah, yakni mobil Präsident. pada tahun 1921, berganti nama menjadi Kopřivnická Vozovka a.s., dan pada tahun 1919 berubah dari Nesselsdorfer marque menjadi lencana Tatra yang diambil dari nama Pegunungan Tatra di perbatasan Cekoslowakia-Polandia (sekarang di perbatasan Slovakia-Polandia).

Sejarah Tatra, Karoseri Sodomka dan Karosa (Iveco Czech Republic)

Selama Perang Dunia II Tatra berperan penting dalam produksi truk dan mesin tank untuk perang Jerman. Produksi mobil sempat berhenti pada tahun 1999, tetapi perusahaan masih memproduksi berbagai truk berpenggerak semua roda, dari 4 × 4 hingga 18x18. Tatra makin dikenal setelah pembalap truk Ceko, Karel Loprais memenangkan rally Dakar enam kali pada tahun 1988–2001 dengan truck Tatra 815.

Salah satu mobil klasik legendarisnya adalah Tatra 52. Tatra meluncurkan Tipe 52 pada tahun 1931 untuk menggantikan Tipe 30/52. Seperti pendahulunya, Type 52 memiliki sasis backbone khas Tatra. Tatra 52 memiliki power 30 hp (22 kW) bermesin 1.910 cc katup overhead dengan konvigurasi mesin 4 silinder sebaris. Tatra 52 mampu berlari dengan kecepatan tertinggi 90 km / jam (56 mph). Konsumsi bahan bakarnya antara 13 dan 15 liter per 100 km. Tatra 52 memiliki gearbox empat kecepatan. Roda belakang dengan pegas daun melintang.

Kemudian tahun 1935 Tatra merevisi tipe 52, model masih sama namun dibekali mesin 1.688 cc dari Tatra 75. Meski demikian Tatra meningkatkan output daya Tipe 52 menjadi 32 hp (24 kW). Kemudian Tatra juga menawarkan model limusin enam kursi, enam kursi convertible dan juga ambulans. Tatra juga menggunakan mesin Tipe 52 di kendaraan lain, termasuk truk dan kendaraan offroad, yakni Tatra 72. Lini produksi Tatra 52 berhenti pada tahun 1939, pada saatitu sekitar 1.700 mobil telah mereka buat dan 1.157 di antaranya adalah limusin empat pintu. 

Sodomka 

Nah, sekarang kita bahas Perusahaan Sodomka. Perusahaan Sodomka didirikan oleh Josef Sodomka pada tahun 1895 di Vysoke Myto, sekarang disebut Republik Ceko. Pada saat awal berdiri, Sodomka memiliki luas 92 meter persegi dan hanya punya lima pekerja ia mulai memproduksi semua jenis body, baik kereta luncur maupun body kereta kuda. Mereka menjadi perusahaan coachbuilding terbesar dan paling terkenal di Republik Cekoslowakia.

Sejak 1925 Sodomka membuat body mobil untuk merek seperti Laurin & Klement, Skoda, Aero, Praga, Jawa, Tatra, Duesenberg, Mercedes dan berbagai lainnya. Perusahaan ini kemudian di bawah manajemen Josef Sodomka Jr mulau membuat body mobil dengan bingkai kayu yang dilapisi kulit imitasi. Mereka merancang dan memproduksi body mobil.

Model body mobil elegan yang diproduksi oleh J.sodomka memenangkan penghargaan di beberapa kompetisi. Pada tahun 1932 dua body mobil buatannya memenangkan hadiah pertama pada kelas keanggunan di Brno. Hadiah-hadiah ini tidak hanya memancing minat banyak pelanggan perorangan, tetapi juga produsen mobil dalam dan luar negeri. Akhirnya area produksi di Vysoke Myto diperluas serta menambah jumlah pekerja. Hingga akhirnya Tatra tertarik membuat body pada sasis Tatra 52 pada Sodomka. Perusahaan ini kemudian dikenal sebagai "Karoseri Sodomka". 

Sejarah Tatra, Karoseri Sodomka dan Karosa (Iveco Czech Republic)
Tatra 52 Body Buatan Sodomka

Sejak tahun1936 menjalin kerja sama yang erat dengan perusahaan mobil Prague Aero. Prestise perusahaan yang semakin meningkat berimbas positif banyak pesanan mengalir dari luar negeri. Pada periode ini banyak body buatan karoseri Sodomka yang dipasang pada sasis dari berbagai mobil buatan Prancis, Italia, Jerman, Inggris, dan Amerika.

Sayangnya pada perang dunia II akhirnya membawa Sodomka menghentikan produksi mobil pribadi. Setelah perang usai, karoseri Sodomka melanjutkan dengan desain dan manufaktur untuk beberapa produsen mobil seperti Tatra dan Skoda lalu mereka memperkenalkan Tatra 57B yang dimodernisasi, Skoda Superb Convertible, Skoda 1101 Aero Minor II. 

Karosa 

Kemudian Josef Sodomka Jr. 'menyumbangkan' perusahaan ke Negara dan sebagai 'terima kasih' ia diizinkan untuk tetap bersama perusahaannya sebagai direktur, tetapi pada tahun 1950 ia dipindahkan dari posisinya oleh Partai Komunis. Setelah nasionalisasi perusahaan justru terjadi penurunan dalam produksi body mobil. Kemudian Josef Sodomka mendirikan Karosa. Program utama Karosa adalah pembuatan bus dan kendaraan komersial. Karoseri Sodomka tidak ada lagi pada tahun 1958, tetapi perusahaan Karosa makin sukses membuat kendaraan komersial dan bus. adalah produsen bus terbesar di Cekoslowakia. 

Sejarah Tatra, Karoseri Sodomka dan Karosa (Iveco Czech Republic)
Škoda 8Tr a Karosa B 40

Pada 1994 Karosa dibeli oleh Renault. Pada tahun 1995, seri Karosa 900 baru mulai diproduksi. Bus ini adalah desain ulang seri 700. Pada tahun 1999, Karosa menjadi bagian dari perusahaan holding ventura pan-Eropa, Irisbus, yang didirikan oleh Renault dan mitra Italia-nya, Iveco. Iveco mengambil alih seluruh Irisbus pada tahun 2003. Bus-bus buatan pabrik Vysoké Mýto Karosa dijual di Prancis, Italia, Jerman, Finlandia, Swiss, negara-negara Benelux, Federasi Rusia dan bahkan di negara-negara seperti Guadeloupe di Karibia, Pulau Réunion di Samudera Hindia, Beirut dan di Mesir. Pada 2007 namanya diubah menjadi Iveco Czech Republic. Untuk pembahasan mengenai Karosa ini nanti akan saya bahas secara terpisah dalam Sejarah Karosa.

Sumber: Wikipedia, Dieselpunks, Flickr, Tatra, Sodomka, Karosa
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email