Pin It

09 March 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 09:44

Investasi Bitcoin Semakin Diminati Milenial, Begini Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Modal

Akhir-akhir ini berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI) tren investasi di generasi milenial Indonesia semakin meningkat. BEI mengungkapkan data bahwa jumlah investor dalam kategori usia 18 tahun-25 tahun meningkat hingga 120,6 persen antara tahun 2016 dan 2018. Generasi milenial ini tidak hanya memilih instrumen investasi tradisional seperti saham, obligasi, dan reksadana. Generasi milenial juga mulai menginvestasikan dana dalam bentuk mata uang kripto (cryptocurrency) seperti Bitcoin. Meningkatnya minat investasi Bitcoin ini ejak popularitasnya yang melambung pada tahun 2015, Bitcoin sendiri dikenal sebagai aset digital pertama yang menjadi pionir ekosistem cryptocurrency. 

Investasi Bitcoin Semakin Diminati Milenial, Begini Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Modal

Apa Itu Bitcoin? 

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer to peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi. Sejak awal penciptaannya, jumlah Bitcoin dibatasi agar hanya bisa ada stok sebanyak 21 juta dan sisa ketersediaan bitcoin bisa dipantau secara live disini. Bitcoin adalah mata uang kripto yang tidak dikelola oleh bank atau agensi. Namun, semua transaksi Bitcoin tercatat dalam blockchain yang bersifat publik. Transaksi cryptocurrency diperjualbelikan dengan menggunakan akses ‘kunci’ yang bertindak selayaknya dompet. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar. 

Bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dan smartphone dalam sebuah format file wallet atau disimpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, Bitcoin juga dapat dikirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin. Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto yang pertama kali di deskripsikan oleh Wei Dai pada tahun 1998 dalam milis cypherpunks. 

Istilah Istilah Dalam Bitcoin 

Sebelum kita lanjut membahas mengenai Bitcoin, mari kita ketahui  istilah yang sering digunakan di dunia Bitcoin. Saya percaya pasti sudah banyak yang yang paham. Nah, tulisan ini lebih saya tujukan kepada para pemula yang bener bener baru di dunia Bitcoin dan untuk para senior jika tulisan saya ada kekeliruan yang perlu diperbaiki, mohon di koreksi. 

1. Cryptocurency

Cryptocurency adalah mata uang digital yang berdasarkan matematika. Coin utama adalah BITCOIN sedangkan coin yang lain selain BITCOIN disebut Altcoin. Untuk saat ini harga Cryptocurency tertinggi adalah BITCOIN.

2. BITCOIN / BTC

BITCOIN adalah cryptocurency atau mata uang digital dan lambangkan BTC. Bitcoin berperan menjadi Induk dari semua cryptocurency yang ada. Nilai nominal dalam Bitcoin biasanya menggunakan digit hingga 8 angka dibelakang koma. BTC adalah singkatan dari BITCOIN atau bisa disebut dengan satuan sebuah NILAI.

3. Altcoin

Altcoin adalah Alternatif Coin atau mata uang digital yang sama dengan BITCOIN. Bedanya Altcoin sangatlah banyak seperti ETH, LTC, DASH, LITE, dll. Harganya pun pasti di bawah harga BITCOIN. Sebagian besar naik turunnya harga Altcoin berdasarkan harga BITCOIN. Contoh simplenya BITCOIN seperti USD (Dolar) dan Altcoin adalah mata uang seperti IDR (Rupiah), JPY (Yen), INR (Rupee) dan sebagainya.

4. Satoshi

Satoshi merupakan pecahan dari nominal Bitcoin. Satoshi bisa juga dikatakan nilai dibelakang koma dari BITCOIN. Istilah ini sering digunakan ketika nilai nominal yang digunakan untuk transfer ke wallet kurang dari 1 BTC. Misalnya 0.00000010 BTC  atau sama dengan 10 Satoshi. Satoshi biasanya bisa di dapat di Fauchet secara gratis tapi nominalnya cukup kecil.

5. Bits

Sama seperti Satoshi, bits juga disebut juga pecahan dari nominal Bitcoin. Bits mempunyai nama lain yaitu uBTC. Nilai 1 Bits / uBTC lebih banyak dari satoshi. 1 Bits setara dengan 100 Satoshi atau 0.00000100 bitcoin.

6. mBTC

mBTC adalah kepanjangan dari Micro-Bitcoin. Istilah ini biasanya digunakan untuk meminimalisir penggunaan nilai nominal BTC yang dibelakang koma atau penggunaan bahasa Satoshi. Perhitungannya biasanya dalam bentuk ratusan ribu satoshi. Misalnya 0.00010000 btc artinya 100.000 Satoshi artinya 1.0000 mBTC atau 1 mBTC

7. Wallet

Wallet adalah sebuah wadah atau dompet untuk menampung cryptocurency seperti BITCOIN dan ALTCOIN, bahkan ada wallet yang bisa support untuk menyimpan TOKEN. Wallet bisa di buat secara gratis tanpa dipungut biaya tapi ada juga wallet berbentuk hardware yang di jual di pasaran. 

● Contoh Wallet  Software / Gratis :
● Luno ( Indonesia Punya )
● Blockchain.info
● Xapo, dll.

● Contoh Wallet Hardware / Berbayar :
● Ledger Wallet
● Trezor
● Digital Bitbox, dll

8. Send

SEND adalah mengirim Coin ke Wallet lain atau Exchanger. Yang diperlukan untuk mengirim adalah Wallet Address dari penerima.

9. Receive

RECEIVE adalah menerima coin dari pengirim. Entah itu dari Wallet Exchanger. Yang diperlukan adalah Wallet Address anda. 

Istilah Trading Bitcoin 

1. Exchanger

Exchanger adalah tempat Jual Beli BITCOIN / Altcoin. Berfungsi juga sebagai alat untuk menukar Cryptocurency menjadi mata uang seperti Dollar, Rupiah, dll.

2. Trading PAIR

Trading Pair adalah kondisi yang menunjukkan suatu coin dengan coin lain atau mata uang.

● Contoh :
● Pair          : BTC / USD = $9,000
● Artinya      : 1 BTC seharga 9,000 USD


3. ORDER, BUY & SELL

► BUY

BUY disebut juga BID adalah kondisi dimana anda membeli beberapa coin dengan harga yang ditawarkan oleh penjual / exchange. Anda bisa juga menentukan harga percoinnya.

► SELL

SELL disebut juga ASK adalah kondisi dimana anda menjual beberapa coin dengan harga yang pada saat itu juga. Anda bisa merubah sendiri harga percoinnya saat ada yang membeli dan menawar harga per 1 coinnya lebih murah dari yang anda tawarkan.

● Contoh :
● Saldo awal USD di wallet : $10,000 USD
● Pada Jam 12.00 harga BTC/USD adalah $10,000 USD
● BUY = Pada saat itu juga anda membeli 1 BTC seharga 10,000,000 dan memperoleh 1 BTC
● Pada Jam 12.30 harga BTC/USD adalah $10,500 USD
● SELL = Pada saat itu juga anda menjual 1 BTC seharga 10,500,000  dan memperoleh $10,500 USD
● Saldo akhir USD di wallet : $10,500 USD

4. Withdraw

Withdraw atau sering disingkat WD adalah penarikan Bitcoin dari sebuah Wallet atau Exchanger. Withdraw memiliki arti hampir sama dengan Payout. Yang membedakan Payout adalah pembayaran yang sudah masuk ke Wallet atau Rekening anda.

5. Deposit

Deposit adalah pengisian saldo ke Wallet atau Exchanger.

6. Pump

Pump artinya menaikan harga Bitcoin

7. Dump

Dump kebalikannya Pump yakni menurunkan harga Bitcoin. 

8. P2P

Peer to Peer bisa juga adalah transaksi tanpa pihak ketiga. Jadi kita langsung bertransaksi langsung dengan pemilik Bitcoin / Altcoin tanpa pihak ketiga seperti Exchanger / Wallet / Website.

Sekarang sudah paham dengan istilah yang sering digunakan dalam Bitcoin kan, nah sekarang kita lanjutkan pembahasan mengenai investasi Bitcoin. 

Mengapa Generasi Milenial Menyukai Investasi Bitcoin? 

Nilai dari Bitcoin terus meningkat dengan cepat, bahkan mencapai puncak tertinggi pada akhir tahun 2017 dimana valuasinya mencapai Rp 275 juta (20.000 dollar AS) untuk 1 Bitcoin. Berdasarkan kajian dari CNN akhir tahun lalu, Bitcoin merupakan instrumen investasi paling menguntungkan di dekade ini. CNN meninjau kinerja dan profit dari berbagai investasi sebelum mengumumkan hasil studinya. 

Sebagai perbandingan, jika seseorang menginvestasikan Rp 14.000 pada awal dekade ini untuk Bitcoin, maka investasi tersebut akan bernilai Rp1,2 miliar pada hari ini. Dalam 10 tahun terakhir, keuntungan dari investasi Bitcoin mengungguli bentuk investasi lain, seperti saham dan obligasi.

Hal inilah yang membuat Bitcoin sangat populer dan digemari kaum milenial. Menurut survei Harris Poll tahun 2019, 30 persen milenial lebih memilih investasi Bitcoin dibandingkan dengan obligasi pemerintah, 27 persen memilih Bitcoin ketimbang saham, dan 24 persen memilih Bitcoin ketimbang investasi properti. Selanjutnya, 20 persen dari responden mengaku telah memiliki Bitcoin dan 59 persen responden dari kalangan usia 18 sampai 34 tahun memiliki pandangan yang positif terhadap Bitcoin sebagai inovasi keuangan yang baru dan menjanjikan. 

Dengan fakta-fakta tersebut, Bitcoin tentunya merupakan peluang investasi yang menarik untuk dilakukan, khususnya bagi kaum milenial di Indonesia. Ada beberapa alasannya. Pertama, selama beberapa tahun terakhir, pasar mata uang kripto telah berkembang dengan baik. Apalagi saat ini perdagangan cryptocurrency telah disertai dengan pengawasan dan kontrol regulasi oleh institusi keuangan dan badan pemerintah. Regulasi ketat ini ikut mendukung sisi keamanan dalam berinvestasi pada mata uang kripto. 

Investasi Bitcoin 

Bagi generasi muda Indonesia yang ingin melakukan investasi di Bitcoin, perlu dicatat bahwa Bitcoin merupakan aset dengan kategori risiko tinggi (high risk). Pasar perdagangan cryptocurrency masih fluktuatif.

Mengutip Kontan.co.id, Paul Veradittakit seorang partner di perusahaan investasi Bitcoin, Pantera Capital menyarankan para investor untuk mendiversifikasikan cryptocurrency mereka dan tidak menginvestasikan semua aset ke dalam satu tempat. Diversifikasi aset semakin mudah dilakukan, terutama karena platform perdagangan cryptocurrency seperti CoinDeal menawarkan banyak pilihan crypto-pairs atau pasangan kripto. Para investor yang tertarik untuk membeli cryptocurrency populer seperti Ethereum, Bitcoin, Litecoin, dapat melakukannya dalam satu tempat, dengan berbagai pilihan dari mata uang fiat seperti Euro, USD, dan Poundsterling. 

“Saya tidak memiliki lisensi khusus untuk memberikan rekomendasi finansial, dan pernyataan saya jangan dijadikan acuan untuk melakukan investasi tertentu. Namun, secara historis, dua Bitcoin Halvings yang terakhir telah menghasilkan kenaikan harga yang signifikan. Menilai dari kinerja sebelumnya, menurut saya adanya penurunan block reward pada bulan Mei mendatang akan menyebabkan kenaikan harga Bitcoin yang cukup drastis,” kata Alex Strzesniewski, COO dari CoinDeal dalam keterangan resmi, Rabu (4/3/2020). 

Berdasarkan analisis harga oleh perusahaan riset Wall Street, Fundstrat Global Advisors, ketika nilai Bitcoin melewati angka Moving Average 200 hari, maka rata-rata kenaikan harga dalam enam bulan ke depan akan mencapai 197 persen. Oleh karena itu, mereka memprediksi bahwa harga Bitcoin akan mencapai kenaikan tinggi pada bulan Juli atau Agustus 2020.

Sebagai tambahan, klub sepakbola populer seperti Wolverhampton Wanderers F.C. juga sudah menerima konsep mata uang digital. Mereka berkolaborasi dengan CoinDeal untuk mempromosikan penggunaan cryptocurrency. 

“Di CoinDeal, kami telah berkomitmen untuk menjamin keamanan transaksi dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip berinvestasi yang baik. Melalui kerja sama ini, kami ingin memperkenalkan dunia blockchain kepada masyarakat melalui olahraga, dan kami menemukan banyak peminat mata uang digital di sini,” kata Alex. 

Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Modal 

Tertarik investasi Bitcoin? Jika anda tertarik investasi Bitcoin jangan berpikir harus punya modal untuk membeli Bitcoin. Kita juga bisa mendapatkan Bitcoin tanpa modal alias gratis. Ada beberapa cara untuk mendapatkan Bitcoin tanpa modal, dan caranya sebagai berikut. 

- Menerima Bitcoin dari Orang Lain

Ini menjadi cara termudah mendapatkan Bitcoin. Bitcoin adalah mata uang dalam bentuk digital, sehingga Bitcoin memiliki fungsi yang sama seperti uang konvensional. Uang digital ini juga bisa digunakan untuk transaksi jasa maupun barang. Seiring perkembangannya kini uang digital ini sudah bisa ditransfer atau di cairkan ke dalam bentuk uang tunai. Cara mentransfernya adalah dengan menggunakan Bitcoin Wallet Address. Jadi salah satu cara mendapatkan Bitcoin tanpa modal adalah dengan menerima Bitcoin dari orang lain. 

- Mining Bitcoin (Menambang Bitcoin)

Cara mendapatkan Bitcoin tanpa modal yang selanjutnya adalah dengan cara menambang atau mining Bitcoin. Namun menambang ini tidak bisa dilakukan secara individual. Untuk melakukan mining kita harus memiliki software dan hardware. Sebelumnya kita harus paham terlebih dahulu perangkat apa mendukung untuk menambang Bitcoin. Untuk bagaiman cara menambangnya ada banyak tutorialnya dari para master dan senior dan silahkan cari informasinya di Google Search. Namun bila tidak mau susah susah menambang bisa mendapatkan Bitcoin gratis di situs freebitcoin.

- Monetisasi Blog Dengan A-ADS 

A-ads adalah sebuah jaringan periklanan dimana metode pembayarannya dengan menggunakan bitcoin. Situs ini bersifat transparan dan tidak mengumpulkan data pribadi apapun tentang membernya. Selain itu situs ini mempunyai iklan yang ringan dan unik tidak menggunakan javascript.

Investasi Bitcoin Semakin Diminati Milenial, Begini Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Modal

Situs periklanan ini mengutamakan bagian dari lalu lintas Blog yang kita daftarkan di situs A-ads.com. Enaknya lagi di situs A-ads.com ini tidak perlu menunggu persetujuan yang membuat kesal karena sering ditolak oleh penyedia layanan periklanan. Jika anda tertarik mendapatkan Bitcoin dengan memonetisasi blog anda, silahkan Daftar Disini.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email