Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

14 May 2018

Inovasi Bra Untuk Sapi Dari Peternak Sapi Skotlandia

Ada yang unik dengan peternakan sapi perah di Skotlandia, yakni sapi-sapi mereka mengenakan bra. Ini berawal dari ide Graham Burnett, seorang peternak asal Eastern Ross, Skotlandia yang membuat bra khusus untuk sapinya. Bra ciptaan Burnett ini bukan untuk aksesori semata, tetapi untuk mengurangi tekanan pada salah satu ambing sapinya. Ambing adalah kelenjar yang mengeluarkan air susu pada mamalia betina berkaki empat.

Inovasi Bra Untuk Sapi Dari Peternak Sapi Skotlandia

Ide nylenehnya ini pun dibagikannya pada rekan peternak yang lain. Salah satunya Donald Ross yang akhirnya mengunggah foto bra sapi ke twitternya dan menjadi viral.

Keterangan foto dalam twitternya sbb: Necessity is the mother of invention, from a neighbour. Calf wouldn't suck back teats so he adapted his/wifes bra with help from rope and bungy cord. Hope she doesn't want them back. #Farmideas #TodaysFarmingTip pic.twitter.com/Gp9ef3wRQV

DONALD ROSS (@vaderbogger) May 9, 2018

Artinya "Kebutuhan adalah ibu dari penemuan," tulis Ross yang mengunggah foto tersebut ke sosial medianya untuk memberi pengetahuan sekaligus menghibur teman-temannya.

Sebelum bra sapi dibuatnya, Burnett mengatakan anak sapi hanya mau makan dari puting ambing bagian depan, sehingga membuat ambing belakang induknya bengkak karena penuh dengan susu. Burnett mengkhawatirkan pembengkakan pada payudara sapinya dapat menyebabkan mastitis, peradangan pada kelenjar ambing atau payudaranya, yang justru dapat menyebabkan infeksi dan bahkan kerusakan permanen.

"Menggunakan bra adalah cara yang bisa dilakukan demi kepentingan sapi. Kainnya lembut dan menggunakan tali elastis," ujar Ross kepada BBC via Newsweek, Jumat (11/5/2018).

Menurut Ross, jika Burnett meminyaki ambing sapi dengan tangannya justru sangat berisiko.

"Karena tekanan yang diberikan saat pemijatan, sapi mungkin justru menendang Burnett. Merawat hewan ternak adalah pekerjaan cukup berisiko, dengan penggunaan bra maka akan meminimalkan risiko," kata Ross kepada Newsweek.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Inovasi Bra Untuk Sapi Dari Peternak Sapi Skotlandia. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers