Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

13 May 2018

Boyolali Volcano Rock Festival 2018, Gemah Ripah Rock Jinawi

Impian Bupati Boyolali, Drs. H. Seno Samodro untuk membawa Boyolali menjadi kota pro investasi dan city rock di Jawa Tengah terwujud dengan suksesnya event Volcano Rock Festival 2018 yang di gelar di stadion Pandanarang Boyolali Sabtu (12/5/2018) malam lalu. Dalam event ini, panitia mendatangkan band rock legendaris asal Swedia, Europe. Konser di Boyolali itu sekaligus bagian dari tur dunia Europe bertajuk 'Walk The Earth World Tour' yang merupakan tur dunia mereka. Tur itu digelar sebagai peringatan 30 tahun album The Final Countdown yang dirilis Europe pada 1986.

Boyolali Volcano Rock Festival 2018, Gemah Ripah Rock Jinawi

Europe datang ke Boyolali dari Upplands Vasby, Swedia, atas undangan dari Bupati Boyolali, Seno Samudro. Ia menyebut mendatangkan Europe lantaran menginginkan kotanya sebagai Kota Musik Rock. "Kami pastinya senang bisa datang ke Indonesia setelah puluhan tahun. Kami tampil terakhir di Indonesia tahun 1990," kata vokalis Europe, Joey Tempest, sebelum konser.

Tonton Juga: Video EUROPE-The Final Countdown dalam Volcano Rock Festival 2018 di stadion Pandanarang Boyolali 12 Mei 2018

Bupati Boyolali, Drs. H. Seno Samodro adalah penggagas Volcano Rock Festival. Volcano Rock Festival merupakan sebuah mimpi luhur tentang ajang pagelaran musik rock berskala Internasional di Boyolali. Merapi dan Gunung Merbabu adalah dua gunung yang mengapit Boyolali. Oleh karenanya, festival musik rock tahunan gagasan Bupati Seno Samodro tersebut diberi nama 'Volcano Rock Festival'.

Tujuan utama menggelar konser berkelas internasional ini kata Seno, adalah untuk lebih memperkenalkan kota Boyolali sebagai salah satu alternatif destinasi wisata yang indah layaknya mutiara yang terpendam di Indonesia. Apalagi, kata Seno, masyarakat Boyolali sudah lama dikenal memiliki karakter yang ramah, serta kondisi alam yang sejuk dan mempesona.

Volcano Rock Festival tidak meninggalkan esensi Boyolali sebagai kota dengan mayoritas masyarakat yang masih memegang teguh adat istiadat serta seni budaya Jawa yang adiluhung. Untuk itu, konser rock berskala Internasional ini mengusung tagline khusus, "Gemah Ripah Rock Jinawi."

Team Boyolali Satu, Jogjarockarta Festival Dan Bank Jateng

Volcano Rock Festival ini dipromotori oleh Team Boyolali Satu yang menggandeng Jogjarockarta Festival. Jogjarockarta Festival ini pernah sukses mendatangkan band progressive metal asal Amerika Serikat, Dream Theater di Yogyakarta.

Volcano Rock Festival penyelenggara mendatangkan sponsor Bank Jateng. "Sebagai Bank Daerah yang merepresentasikan kebanggaan masyarakat Jawa Tengah, tentu kehadiran kami sebagai sponsor adalah wujud kebanggaan masyarakat Jawa Tengah sebagai tuan rumah event musik bertaraf internasional," ujar Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno.

Merapi Stage & Merbabu Stage

Dalam konser VOLCANO ROCK FESTIVAL selain Vulcano Stage sebagai panggung utama, penyelanggara juga memperkenalkan sebagian destinasi wisata yang ada di Boyolali dengan menyuguhkan dua panggung yang dibangun di tempat yang berbeda. Yaitu Merapi Stage dan Merbabu Stage yang berlokasi di Kompleks Perkantoran Kabupaten Boyolali.

Konser musik rock ini GRATIS, dimulai pada pukul 10.00 sd 16.00 WIB. Melibatkan banyak musisi rock lokal dan finalis Boyolali Rock Festival. Di panggung Merbabu akan ada penampilan dari beberapa nama band seperti Vioreta, BAM Rock, Emeralium, Jambu Aer, Spider – G, UnderCow, Reload, Victoria, The Flash, Feel Good.

Sementara itu di panggung Merapi dihelat penampilan dari band-band yang tak kalah menariknya seperti Step Down, G-Squad, Ultimate, SexSickSix, Deminish Perception, Paranoid Despire, Patriot, Lotus, Sinthink, The Fast dan D’ Diamondz.

Untuk panggung utama, VOLCANO ROCK FESTIVAL yang menampilkan Europe dan God Bless tersedia tiket yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas Festival seharga 150K dan kelas VIP seharga 250K.

God Bless Menjadi Band Pembuka

God Bless menjadi pembuka penampilan Europe dalam Konser Volcano Rock Festival 2018. God Bless dengan Achmad Albar (vokal), Abadi Soesman (keyboard), Ian Antono (gitar), Doni Fatah (bass) dalam penampilannya membawakan belasan lagu. God Bless membuka penampilan dengan lagu "Menjilat Matahari". Dilanjutkan dengan "Kehidupan", "Kepada Perang", "Cermin", "Emosi", "Musisi", "Rumah Kita", "Syair Kehidupan", "Panggung Sandiwara", "Bis Kota", "Trauma", dan "Semut Hitam".

Europe Tampil Paska Erupsi Merapi

Kemudian band rock asal Swedia, Europe, tetap manggung dan disambut erupsi Gunung Merapi sehari sebelumnya atau Jumat (11/5/2018) pagi. Europe tampil selama 90 menit dalam Volcano Rock Festival 2018. Total ada sekitar dua puluh lagu yang dimainkan. SelainThe Final Countdown, band asal Swedia itu juga menyajikan Walk The Earth, The Siege, Rock, Scream, Danger, Skin, Vasastan, Open, War, Heart of Stones, Days, Super, Ready or Not, Hole, Carrie, Storm Wind, Prisoners, dan Cheeroke.

Lagu The Final Countdown pun akhirnya menggema secara langsung di Boyolali, Jawa Tengah. Menyusul konser Europe dalam Volcano Rock Festival 2018 yang diadakan di Stadion Pandanarang. Lagu tersebut dibawakan grup yang diisi Joey Tempest, John Norum, John Levén, Mic Michael, dan Ian Haugland.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Boyolali Volcano Rock Festival 2018, Gemah Ripah Rock Jinawi. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers