Pin It

08 May 2018

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 15:29

6 Komponen Utama Rem Angin Bus dan Truck

Rem bus dan truck selalu menarik untuk kita bicarakan, karena rem merupakan komponen yang sangat vital dalam kendaraan. Karena itu blog widodogroho ini sampai beberapa kali mengulas dan dalam artikel ini saya akan membahas 6 Komponen Utama Rem Angin Bus Dan Truck.

6 Komponen Utama Rem Angin Bus Dan Truck

Saat ini kita mengenal dua sistem rem angin pada bus dan truck yakni Combine Air Brake dan Full Air Brake. Yang membedakan dari keduanya adalah:

1. Combine air brake

Combine air brake masih menggunakan hidraulis untuk menekan kampas rem, tapi juga terdapat tenaga angin yang menekan hidaulis itu.

2. Full air brake

Pada full air brake, rem tidak lagi menyertakan komponen hidaulik. Sistem ini langsung menggunakan udara bertekanan tinggi.

Rem angin ini dirancang untuk menghasilkan daya pengereman yang tinggi dengan penekanan pedal yang ringan. Pada sistem rem angin pedal ditekan tidak secara langsung menekan brake pad, pedal rem hanya membuka dan menutup brake valve.

Cara Kerja Rem Angin Bus Dan Truck

Saat pedal diinjak piston akan mendorong plunger sehingga membuka saluran menuju brake chamber dan menutup release valve. Pada brake chamber tekanan angin diubah menjadi gerakan mekanis,tuas brake chamber akan menekan brake linning sehingga terjadi gesekan antara brake linning dengan drum brake akibatnya kendaraan berhenti.

Saat pedal rem dilepas plunger terdorong keatas oleh return spring akibatnya brake valve tertutup dan release valve terbuka. Dengan terbukanya release valve maka tekanan dari air tank dihentikan dan tekanan didalam brake chamber berbalik ke release valve untuk di buang ke atmosfer. Karena tekanan di dalam brake chamber sama dengan tekanan atmosfer, maka dengan bantuan return spring tuas brake chamber kembali ke posisi semula dan rem pun bebas.

Komponen Rem Angin Bus Dan Truck

Pada rem angin terdapat beberapa komponen utama yakni kompressor, air tank, kontrol, dan aktuator. Mari kita bahas satu persatu dari komponen utama full air brake ini.

1. Kompressor

Rem sistem full air brake menggunakan tenaga angin bertekanan. Maka diperlukan komponen untuk menaikan tekanan angin yakni kompresor. Kompressor ini berfungsi untuk menekan udara luar untuk masuk ke tempat penyimpanan yang disebut air tank.

Kompressor ini memanfaatkan mesin bus dan truck sebagai tenaga. Kompressor juga dilengkapi presure regulator yang akan menghentikan kompresi udara saat tekanan maksimal telah dicapai. Saat mesin hidup kompresor akan menyuplai udara ke air tank sehingga tekanan udara di air tank meningkat,saat tekanan melebihi batas maksimal (± 840 KPa) secara otomatis air tank akan membuang udara tersebut ke atmosfer. Saat tekanan udara dibawah 740 KPa kompresor kembali menyuplai udara ke air tank,begitulah seterusnya sehingga tekanan dalam air tank stabil.

2. Air Tank

Nah, udara bertekanan dari kompresor akan disimpan di air tank. Udara bertekanan ini yang akan disalurkan ke berbagai sistem yaitu pengereman, horn, dan komponen lainya. Air tank dilengkapi dengan air dryer yang akan menyaring elemen air yang terbawa dalam udara. Uap air itu akan dikumpulkan dalam suatu bagian dan air tersebut harus dibuang melalui check valve.

3. Brake Chamber

Brake chamber merupakan rangkaian yang berfungsi mengubah tenaga angin menjadi gerakan mekanis. Rangkaian ini terdiri dari membran, pegas diafragma, tuas, dan slack adjuster. Kondisi brake chamber sangat mempengaruhi daya pengereman.

4. Brake Valve

Brake valve adalah rangkaian yang terdiri dari pegas dan serangkaian katup. Brake valve akan membuka dan menutup aliran udara bertekanan dari air tank ke brake chamber. Brake valve dilengkapi relay valve untuk mengaktifkan rem dengan cepat.

5. Brake Lining / Kampas Rem

Brake lining ini lebih kita kenal kampas rem. Umumnya bus dan truk menggunakan sistem rem tromol, sehingga tuas dari brake chamber diteruskan dengan mekanikal untuk menggerakan kampas rem.

6. Air Hose

Air hose merupakan selang untuk mengalirkan udara bertekanan. Selang ini terbuat dari karet sintetisis dan logam yang tahan tekanan tinggi.

Nah, itulah 6 Komponen Utama Rem Angin Bus Dan Truck dan sedikit cara kerjanya.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers