Pin It

07 May 2018

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 22:55

Mengenal Istilah Vapour Lock dan Phenomena Padding Penyebab Rem Blong pada Bus dan Truck

Malam ini saya akan membahas Istilah Vapour Lock Dan Phenomena Padding Penyebab Rem Blong Pada Bus. Namun, sebelumnya saya akan menulis beberapa pertanyaan yang sering kita dengar setiap ada kecelakaan bus pariwisata. Mengapa kecelakaan akibat rem blong sering menimpa bus pariwisata dibanding reguler? Padahal bus wisata relatif lebih baru? Beberapa teman juga bertanya "Katanya kalau angin habis pada sistem full air brake maka rem akan ngunci, kok tetep bisa blong ya?"

Mengenal Istilah Vapour Lock Dan Phenomena Padding Penyebab Rem Blong Pada Bus

Mengenal Istilah Vapour Lock Dan Phenomena Padding Penyebab Rem Blong Pada Bus

Mari kita mulai membahas Istilah Vapour Lock Dan Phenomena Padding Penyebab Rem Blong Pada Bus. Memang masalah rem ini menarik untuk di kaji ya karena orang taunya blong. Memang bahasa awam dan jurnalis cukup simple yaitu rem blong. Dan sayangnya pihak yang melakukan investigasi tidak pernah membagi atau mempublikasikan hasil investigasinya. Jadi begini, bus pariswisata tidak punya trayek tetap dan ini bisa menyebabkan pengemudi tidak hafal medan. Jika ini terjadi, resiko terburuk adalah terlalu sering ngerem di turunan tak terduga. Saat sering mengerem inilah kemudian terjadi Vapour Lock Dan Phenomena Padding yang menjadi Penyebab Rem Blong Pada Bus.

Untuk bus yang sistem rem masih hidroulik atau minyak tentu akan sangat berbahaya. Hal itu bisa menyebabkan minyak rem mendidih dan muncul gelembung udara. Minyak rem mendidih dalam sistem rem disebut vapour lock. Munculnya gelembung udara ini sangat berbahaya. Bila ini terjadi, maka rem tidak akan berfungsi sempurna atau malah tidak bekerja sama sekali.

Lalu bagaimana dengan rem full air atau sudah tidak menggunakan minyak dan menggunakan udara? Katanya kalau angin habis rem akan ngunci, kok bisa blong juga? Nah, kasus seperti ini bukan disebabkan oleh habisnya udara, melainkan karena terbakarnya kampas rem oleh suhu tinggi akibat pengereman yang terus menerus dan ini yang disebut phenomena padding. Karena tingginya suhu permukaan brake shoe (kampas rem) dan permukaan tromol sehingga koefisien gesek menjadi hilang atau istilahnya phenomena padding. Hilangnya koefisien gesek antara kampas dan teromol ini membuat kinerja rem tidak maksimal atau bahkan menjadi blong. Phenomena padding ini bisa kita lihat setelah kejadian kecelakaan yakni permukaan kampas rem menjadi mengkilap pasca membara.

Bagaimana dengan perawatan bus?

Saya rasa hampir semua pengusaha bus baik bus AKAP maupun bus pariwisata punya standar perawatan yang hampir sama. Jadi kalau ada rem blong itu bukan karena minim perawatan, melainkan banyak disebabkan faktor Vapour Lock Dan Phenomena Padding diatas yang datang secara tiba-tiba.

Gunakan Exhaust Brake Saat Di Turunan

Bagaimana mengurangi gejala minyak rem mendidih dan kampas rem terbakar? Kita harus membiasakan diri menggunakan exhaust brake di turunan yang telah disediakan oleh produsen tiap kendaraan. Exhaust brake sangat membantu sekali dalam memperlambat kendaraan dan mengurangi suhu panas berlebih pada sistem rem. Karena exhaust brake bekerja dengan menahan putaran mesin tanpa melibatkan kampas rem yang menekan teromol seperti rem konvensional.

Exhaust brake ini bekerja dengan menutup saluran knalpot, maka kadang rem jenis ini disebut juga dengan rem knalpot. Gas buang akan tertahan dalam mesin yang dengan otomatis menahan mesin untuk bekerja sehingga putaran mesin akan tertahan dan berefek pada pelambatan putaran ban.

Nah, itu sedikit analisa saya Mengenai Istilah Vapour Lock Dan Phenomena Padding Penyebab Rem Blong Pada Bus. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan kita semua mengenai penyebab rem blong pada bus.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers