Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

29 May 2018

Mudik Asyik Via Pansela, Pemudik Dimanjakan Puluhan Pantai Cantik Yang Instagramable

Menjelang lebaran 2018 saya sajikan jalur mudik untuk pembaca widodogroho.com untuk pemudik di Pulau Jawa ada 4 pilihan jalan yang bisa dilalui: Jalan Pantai Utara, Jalan Lintas Tengah, Jalan Lintas Selatan, dan Jalan Tol. Khusus Anda yang ingin #MudikWisata anda saya sarankan memilih lewat jalur Pansela. Pemandangannya bikin mudik lebih asyik. Jalur mudik pantai selatan (pansela) Jawa sepanjang 1.405 kilometer dengan lebar 5-7 meter merupakan salah satu jalur yang dipromosikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Jika dihitung dari ujung barat Pulau Jawa, yaitu Pelabuhan Merak, Banten, dan berakhir di ujung timur Pulau Jawa, yaitu Banyuwangi, ada 23 kabupaten yang dilintasi para pemudik. Namun disini saya hanya akan menulis sampai wilayah DIY saya. Para pemudik bisa menikmati pemandangan hamparan sawah, pegunungan, dan pantai yang sangat instagramable. Pemandangannya cocok menjadi lokasi foto yang menarik dan membuang stress selama perjalanan. Jalur pansela terbentang menyusuri garis tepi pantai selatan mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jawa Timur sangat saya rekomendasikan bagai para pemudik menjelang Lebaran 2018. Dari pantauan saya, jalur pansela dari Banten sampai Yogyakarta kondisinya bagus. Sayang beberapa ruas di Kebumen ada yang masih sempit namun menawarkan pemandangan pantai yang cantik seperti foto pantai Menganti di bawah ini.


Pantai Di Jalur Mudik Pansela Jabar

Dari penelusuran saya ntuk jalur pansela wilayah Jawa Barat (Jabar) ada sejumlah obyek wisata pantai menarik yang bisa dikunjungi, yaitu:

Pantai Geopark dan Pantai Ujung Genteng di ruas jalan Surade, Kabupaten Sukabumi. Ada juga Pantai Tegal Buleud di ruas jalan Tegal Buleud.

Kemudian di Kabupaten Cianjur ada Pantai Arafa di ruas jalan Sindangbarang. Jembatan Cilaki di ruas jalan Cilaki yang merupakan jembatan penghubung antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Garut juga menarik.
Masuk ke Kabupaten Garut, ada Pantai Rancabuaya di ruas jalan Rancabuaya; Pantai Guha di ruas jalan Rancabuaya, Cijayana; Pantai Cijayana di ruas jalan Cijayana; Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cialutereun; dan Pantai Santolo di ruas jalan Sp Cialutereun.

Di Kabupaten Pangandaran ada Pantai Mandasari di ruas jalan Kalapagenep, Pantai Batu Hiu di ruas jalan Pangandaran, dan Pantai Pangandaran yang berada di ruas jalan yang sama. Lalu di Kabupaten Tasikmalaya terdapat Pantai Karangtawulan di sepanjang ruas jalan Cipatujah.

Jalur Mudik Pansela Jateng DIY

Di jalur mudik pansela Jateng DIY ada sekitar 36 obyek wisata pantai, tepatnya di Kabupaten Kebumen, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunung Kidul.

Di Kabupaten Kebumen ada pantai Menganti, Suwuk dll. Kemudian Kulon Progo terdapat tiga pantai, yaitu Pantai Congot, Pantai Glagah, dan Pantai Trisik. Kemudian, di Kabupaten Bantul, pemudik bisa menikmati suguhan keindahan tujuh pantai, yaitu Pantai Baru, Pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara, Pantai Samas, Pantai Depok, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Parangtritis.

Selanjutnya, obyek wisata pantai yang terbanyak terletak di Kabupaten Gunung Kidul, yakni ada 26 pantai. Secara rinci yaitu Pantai Kesirat, Pantai Gesing, Pantai Ngulen, Pantai Ngedan, Pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran, Pantai Torohudan, Pantai Ngrawah, Pantai Baron, dan Pantai Kukup. Berikutnya, ada Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sadranan, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti, Pantai Seruni, Pantai Jogan, dan Pantai Nglambor. Kemudian Pantai Siung, Pantai Watulumbung, Pantai Wediombo, Pantai Greweng, Pantai Sedahan, dan Pantai Sadeng.

Nah itulah obyek wisata pantai di sepanjang jalur mudik pansela dari penelusuran saya. Pemudik bisa menikmati panorama pantai, sawah, dan pegunungan. Selain itu, bisa juga menjadi lokasi foto yang menarik dan instagramable.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mudik Asyik Via Pansela, Pemudik Dimanjakan Puluhan Pantai Cantik Yang Instagramable. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers