Pin It

28 April 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 14:17

Pinky Bus TransJakarta, Busnya Parawanita

Meski agak telat hampir seminggu kali ini saya akan menulis mengenai transportasi publik yakni bus Transjakarta berwarna pink. Seperti kita ketahui bersama, PT Transjakarta merilis bus khusus wanita tepat di hari Kartini, Kamis 21/4/2016 kemarin. Maka pada kaca samping pun ber tagline "Habis Gelap Terbitlah Terang" sesuai semboyan RA Kartini. Secara fisik, eksterior bus Scania yang dijuluki bus Pinky ini didominasi warna merah jambu. Bus Transjakarta khusus ini memiliki tempat duduk dua kanan kirinya. Kapasitas bus gandeng itu sama seperti bus Transjakarta pada umumnya, terdiri dari 38 kursi duduk dan sekitar 80 berdiri.


Bus berwarna pink tersebut merupakan kado spesial untuk wanita Indonesia dan Jakarta khususnya. Bus pinky ini special treatment untuk wanita, ya sebut saja bus parawanita. Saya pikir ini positif sekali untuk kemajuan transportasi publik kita.

Pinky Bus, Bus Parawanita

Kehadiran bus berwarna pink tersebut tak lain untuk melayani kaum hawa agar lebih baik. Kan sudah kita ketahui bersama banyak perempuan risih kalau naik bus kepenuhan dan campur sama pria. Nah, sekarang kaum hawa bisa naik bus khusus perempuan ini.

Meski begitu, para penumpang wanita harus lebih sabar menungggu kedatangan bus-bus tersebut untuk mengantar mereka ke tempat tujuan. Para wanita harus sabar, soalnya jumlahnya memang gak sebanyak bus umum. Sekarang baru dua, dan menurut informasi nanti Mei akan ditambah jadi 10 bus.

Transjakarta "Pinky Bus" beroperasi dari pukul 05.00 - 22.00 WIB setiap harinya dan mampu memuat 80 orang sekali jalan. Uniknya tiap bus juga disopiri dan dijaga oleh petugas perempuan. Bus Transjakarta khusus wanita diharapkan memberi rasa aman dan nyaman bagi penumpang wanita.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers