Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

09 April 2016

Lirik Misterius Bohemian Rhapsody - Queen

Setelah lebih dari 20 tahun mendengarkan lagu Bohemian Rhapsody baru malam ini aku terganggu dengan kemisteriusannya. Lagu yang di tulis oleh sang vokalis Queen, Freddie Mercury pada tahun 1975 dalam albumnya A Night At The Opera. Lagu ini sangat misterius dan menyimpan berbagai unsur aneh dalam isinya. Lirik lagu ini benar-benar misterius. Jika kita lihat dari awal lagu, maka dari kata-kata "open your eyes, look up to the skies and see" ini bisa dibilang adalah kesadaran dalam menyadari konspirasi dalam dunia ini. lalu kata "i'm just a poor boy", nah karena dari open your eyes sampai poor boy menyambung, maka bisa dibilang lirik lagu ini sangatlah aneh dan berbeda. Aneh jika dari membuka mata tiba-tiba saya adalah anak yang miskin.


Lalu, di lirik yang "I see a silhouetto of a man" kenapa harus silhuetto? Padahal kata dasarnya adalah silhoutte, tapi cukup bisa di maklumi karena jika memakai silhoutte akan tidak enak nadanya, tapi yang berikutnya dalam kata "scaramouch, scara mouch will you do the fandango"
pada lirik ini, kata-kata scaramouch berdasarkan kata scaramaucci atau scaramouche yang berarti pemusik yang seperti badut memakai topeng, dan Fandango berarti sebuah tarian bangsa spanyol dan portugis.

Muncullah pertanyaan "Kenapa mereka memakai nama spanyol padahal mereka Band Inggris?" itulah pertanyaan saya.

Berikutnya adalah kesinambungan dari lirik "Thunderbolt and lightning very. very frightening me" nah karena nada ini menyambung pada fandango, maka cukup aneh pada bagian dansa tiba-tiba terjadi sesuatu yang menakutkan.

Tiba-tiba pada lirik berikut muncul kata "Galileo, galileo, galileo figaro, magnificoo.oo.o."... Ini juga tidak nyambung dengan ketakutan pada kata sebelumnya. Kenapa harus Galileo? Inilah yang membuat saya bingung. Lagi pula arti dari kata Figaro dan Magnifico masih misterius. Setahu saya, Figaro adalah nama lagu yang dimainkan "Brotherhood of Man" dan Magnifico adalah seorang penyanyi asal Slovenia.

Lirik misterius berikut adalah bagian "Bismillah" yang sangat misterius. Apakah pada alur cerita dia sedang memohon doa? lalu ada kata " mamamiamamamia mama mia let me go" dan ini bisa jadi adalah anak dalam cerita lagu sedang bicara pada ibunya. Dipakainya kata mamamia agar cocok dengan nada lagu saja mungkin.

Nah, kata berikutnya yaitu "Beelzebub". Beelzebub adalah nama dari tujuh pangeran/ putri iblis neraka. Beelzebub berasal dari kata Ba'al Zebub, yang berarti "Lord Of Flies" atau Raja lalat. Dikatakan bahwa Beelzebub adalah iblis yang menyebabkan kehancuran, dialah yang membuat setan-setan disembah manusia, membuat nafsu berat, dan membuat kecemburuan dalam kota juga pembunuhan, lalu membuat peperangan. Lalu Beelzebub juga termasuk tiga Fallen Angels terkenal yaitu, Beelzebub, Lucifer, dan Leviathan. Dia juga mewakili 7 dosa besar yaitu Glutonny atau Kerakusan.

Kembali ke lagu Bohemian Rhapsody yang misterius ini. Berikut ini adalah berbagai kemungkinan dari alur lagu ini:

- Dari awal lirik lagu, bisa dikatakan misteri ini adalah tentang orang miskin yang membunuh orang. Akibatnya dia dihukum dan kemudian menulis pesan kepada ibunya. Tapi dia meminta pengampunan atas dasar kemiskinan. Dia menginginkan hanya Tuhan yang menghukumnya bukan masyarakat.
- Kemungkinan kedua, sama seperti diatas tapi kali orang yang diceritakan dalam lirik lagu terbaik Queen ini malah mengelak dia telah membunuh. Dengan menggunakan istilah “menari” (will you do a fandango). Bahkan perbuatannya dituduhkan hasil jebakan dari Setan Beelzebub.
- Kemungkinan ketiga, sama seperti no 2 diatas. Tapi orang ini tidak ingin dikasihani dan bisa kita temukan artinya di lirik “I need no sympathy”. Dan kemudian dia membaca mantra bahkan doa supaya lolos dari hukuman mati.
- kemungkinan ke empat, lagu Bohemian Rhapsody ini menceritakan tentang Freddy Mercury sendiri. Lirik “just killed a man” bisa juga diartikan membunuh dirinya sendiri. Mungkin ini ketakutan sang vokalis Queen terhadap kenyataan dia adalah homoseksual, yang era 70-an dapat dihukum mati.
- Kemungkinan kelima, lirik lagu ini diciptakan hanya untuk mencocokkan dengan musiknya saja. Atau dengan kata lain tidak ada maknanya sama sekali.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Lirik Misterius Bohemian Rhapsody - Queen. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers