Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

08 May 2014

Susanne Klatten Wanita Terkaya di Industri Otomotif

Siapa orang terkaya di industri otomotif dunia? Jawaban anda bisa saja bos VW Group, Martin Winterkorn, Carlos Goshn (CEO Renault-Nissan), Ford Alan Mulally (Presiden Ford) atau Akio Toyoda bos Toyota saat ini.



Semua jawaban salah. Menurut Forbes, orang terkaya di industri otomotif adalah wanita asal Bad Homburg, Jerman, Susanne Klatten (50), pewaris pengusaha ternama Herbert Quandt.
Mendiang ayahnya adalah salah satu sosok penyelamat BMW dari kebangkrutan beberapa dekade lalu. Susanne bersama kakak pria dan ibunya, menguasai hampir setengah saham BMW. Berkat rekor penjualan BMW tahun lalu, Susanne kini tercatat sebagai orang terkaya ke-4 di Jerman, ke-58 di dunia dan nomor satu di industri otomotif.

Forbes mengatakan, aset  Susanne melonjak 1,3 miliar dolar AS (Rp 12,6 triliun), bertambah  menjadi 14,3 miliar dolar AS (Rp 139,13 triliun). Sussane juga terkenal sebagai ekonom handal. Selain BMW, ia juga memimpin perusahaan petrokimia Altana dan pemilik saham di produsen karbon SGL, perusahaan pembangkit tenaga listrik Nordex AG dan Geohumus.
Tahun lalu,  wanita berambut pirang ini  diketahi membeli sebagian saham perusahaan biotek Belanda, Paques dan perusahaan daur ulang oli, Avista Oil.

Sayang kisah cinta Sussane tidak sekaya asetnya. Dia harus berjibaku di pengadilan melawan mantan suaminya Helg Sgarbi yang pernah memerasnya jutaan dolar AS. Tapi, Sussane berhasil memenangkan tuntutan dan menjebloskan mantan kekasihnya ke penjara  menjalani hukuman enam tahun karena  penipuan dan percobaan pemerasan.

*Dari berbagai sumber.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Susanne Klatten Wanita Terkaya di Industri Otomotif. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers