Pin It

26 May 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 20:52

Dari Jusuf Kalla Nama Toyota Kijang Berasal

Suatu ketika saya dapatkan kesempatan main-main ke museum Astra. Saya menemani seorang teman yang ada keperluan meeting di sana dan usai meeting itulah kesempatan itu datang. Saya mencoba mengeksplore museum yang Nampak futuristic ini sedetail-detailnya.

Sampai kemudian mata saya berhenti di sebuah Toyota Kijang pick-up keluaran pertama, berwarna orange dengan jendela sederhana dari plastik transparan. 




Saya kemudian bertanya pada seorang staff, Toyota apa ini? ia jawab bahwa itu adalah Toyota Kijang keluaran perdana. Dalam hati saya, mobil ini sekarang keliahatan seperti tak layak jalan, tapi dulu mungkin ini adalah primadona.

Kemudian saya meneruskan jelajah museum untuk melihat-lihat beberapa foto-foto tua. Saya berhenti pada sebuah foto yang di dalamnya ada gambar Pak Jusuf Kalla muda di tahun 70-an. Saya heran, ada apa hingga muka orang ini ada di sini?

Kata staff museum memang itu adalah Jusuf Kalla. Ia sedang mengikuti acara gathering distributor utama Toyota dari seluruh Indonesia. Katanya, di pertemuan itu dkenalkan Toyota Kijang untuk pertama kali dan Jusuf Kalla-lah yang mengusulkan nama KIJANG. Waktu itu, kata si staff, ada beberapa nama diajukan, tapi mayoritas menyukai nama KIJANG. 



Wow! Ternyata, mobil Toyota Kijang yang legendaris itu namanya adalah ciptaan Jusuf Kalla. Di museum itu pula saya diberitahu bahwa sebenarnya yang memasukkan mobil Toyota pertama kali ke Indonesia adalah Jusuf Kalla. Astra baru belakangan bergabung.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers