Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

20 May 2014

Eksistensi Transportasi Publik Dari Jaman Dahulu Hingga Kini

Seperti halnya teknologi, transportasi public di Indonesia juga mengalami perkembangan pesat. Lihat saja fenomena yang ada di jalanan dewasa ini. Hampir seluruh ruas-ruas jalan di seluruh tanah air selalu dipadati dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Padahal, jika kita sejenak menelisik kembali tentang dunia transportasi umum tempo dulu, maka masih banyak ragam transportasi public yang kita jumpai baik yang sudah menggunakan mesin ataupun belum. Jakarta tempo dulu, dapat kita gunakan sebagai salah satu contoh atau gambaran mengenai ulasan di atas. Dahulu di Jakarta kita masih dapat menikmati berbagai alat transportasi public yang beragam. Baik yang menggunakan tenaga manusia seperti ojek sepeda onthel, transportasi klasik adopsi dari Jepang dan India seperti bemo dan bajaj, serta angkutan kota.



Jika bajjaj, bemo dan ojek sepeda onthel telah lenyap dalam peradaban transportasi public, dewasa ini yang kian terancam eksistensinya adalah angkutan umum. Di jaman sekarang ini angkutan kota ataupun angkutan pedesaan terasa termarjinalkan dengan adanya berbagai macam kendaraan pribadi seperti sepeda motor yang membanjiri jalanan serta mobil-mobil yang jumlahnya kian meningkat dari tahun ke tahun. Angkutan umum dirasa kurang memberikan kenyamanan dan efisiensi waktu. Di era modern seperti sekarang alternative untuk meggunakan transportasi public di Indonesia tergolong lemah.


Kebanyakan orang mulai beralih memakai kendaraan pribadi yang dinilai memberikan prestise tersendiri bagi pemakainya. Eksistensi kendaraan public dari era bajjaj hingga angkutan umum telah menunjukkan adanya degradasi dari eksistensi transportasi public. Hal yang dapat memperkuat ulasan diatas adalah fenomena riil yang ada di jalanan saat ini dimana transportasi public terasa dimarginalkan.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Eksistensi Transportasi Publik Dari Jaman Dahulu Hingga Kini. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers