Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

27 February 2014

Sejarah Bus Tingkat

Bus tingkat (double decker bus) pada awal di cipta ditarik dengan tenaga kuda, bukan mesin diesel. Bus tingkat ini pertama kali dioperasikan di Perancis dan Inggris dengan tujuan menyediakan angkutan murah karena penumpang cukup membayar setengah dari tarif biasanya.
Perusahaan yang pertama kali memproduksi bis tingkat, disebut juga omnibus, adalah Adams & Co. Bus tingkat mulai dikomersialkan tahun 1847. Saat itu bagian atas kendaraan diisi bangku panjang dengan atap terbuka. Mereka yang duduk di atap, cukup membayar setengah dari penumpang di dalam kabin.

Bus Tingkat Di Tarik Kuda


Namun bus ini kurang populer. Tahun 1852 John Greenwood mengenalkan bus tingkat dengan dek atas yang lebih besar sehingga harus ditarik oleh tiga kuda. Tempat duduk menghadap ke depan dan memuat 42 penumpang. Dilengkapi tangga untuk naik ke dek atas. Inovasi tersebut lumayan berhasil. Beberapa wanita sudah mau naik ke dek atas dengan memanfaatkan tangga.

Ganti Mesin

Sejak ditemukannya mesin uap dan diesel, popularitas bus tingkat makin meredup. Kalah bersaing dengan kereta api yang menawarkan kenyamanan dan kecepatan. Tarif pun murah. Bus tingkat tenaga kuda akhirnya berhenti beroperasi. Bus tingkat yang ditarik kuda di London berhenti beroperasi pada 4 Agustus 1914. Di pedesaan Inggris masih terus dipakai sampai 1932.

Bus tingkat bermesin pertama kali diproduksi tahun 1923 oleh AEC (Associated Equipment Company) dengan tipe NS. Bus NS sudah tergolong mewah untuk saat itu karena memiliki bangku berlapis kain, bukan bangku kayu seperti sebelumnya. Dek bagian atas sudah tertutup sehingga bisa bersaing dengan trem/kereta yang saat itu sangat populer.

Bus tingkat tipe NS bisa bersaing dengan trem karena bus lebih fleksibel memasuki jalur-jalur baru, berbeda dengan trem yang harus berjalan di atas rel yang sudah dibuat. Padahal, saat itu pembangunan pemukiman baru sedang gencar-gencarnya. Tipe NS diproduksi hingga tahun 1937.
Revolusi teknologi bus tingkat terjadi tahun 1954 dengan kelahiran Routemaster di London. Bus ini menggunakan teknologi canggih saat itu. Konstruksi bus unik. Bagian depan membawa mesin, kemudi dan suspensi depan, bagian belakang membawa poros dan roda belakang. Fitur lain yang dianggap maju pada saat itu adalah power steering, transmisi otomatis dan rem hidrolik. Desain routemaster yang membuatnya lebih ringan dan lebih efisien daripada para pesaingnya. Routemaster dengan warna merah cerah menjadi salah satu ikon di London dan terkenal di seluruh dunia.

Bus Tingkat di Indonesia

Bus tingkat pernah poluler di Indonesia (sekitar tahun 1980-an) karena pernah digunakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, dan Makassar. Bus tingkat di Jakarta dikelola oleh Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD). Bus yang dipakai bermerk Leyland Atlantean dan Volvo Olympian. Sampai tahun 1996, bus tingkat masih bisa ditemui di Jakarta.

Bus Tingkat Leyland PPD



Di Solo, bus tingkat mulai digunakan tahun 1983. Tahun 1987, jumlah bus tingkat di Surakarta mencapai 30 buah. Bus yang dikelola oleh Damri ini melayani rute Kartasura – Palur PP. Berbeda dengan bus tingkat di Jakarta, bus di Solo berjalan perlahan-lahan sehingga para penumpang bisa menikmati suasana Solo dengan menyusuri Jalan Slamet Riyadi, kampus Universitas Sebelas Maret sampai ke Palur.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Sejarah Bus Tingkat. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers