Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

22 February 2014

Menelusuri Sejarah Bus ELTEHA

Saat pertama kali beroperasi, Elteha (LTH) merupakan operator bus malam, dan inilah cikal bakal lahirnya bis malam, dimana perjalanan dimulai malam hari, dan tiba di tujuan keesokan paginya. Rute pertamanya hanya melayani rute Semarang-Jakarta, yang kemudian berekspansi merambah kota lainnya di Jawa, hingga Bali. Kondisi transportasi yang belum sebaik sekarang, dan sebagai pelopor, Elteha diterima baik di segala rute.
 
Elteha
 
Armada yang digunakan saat itu juga cukup mentereng. Mercedes-Benz 0302 CBU dari Jerman dengan mesin belakang, yang dibeli dari lelang bekas bus Asian Games 1962 / Ganefo. Usaha besar itu bermula dari kejelian Philippus melihat peluang yang diberikan oleh buruknya fasilitas angkutan umum PNKA di masa Orde Lama. Timbullah niat ''membantu kelancaran di sektor transportasi'' dengan mendirikan Elteha di Semarang, 1964. Tadinya berupa pengelolaan pemberangkatan penumpang lewat bis-bis carteran. Dialah yang memulai trayek bis penumpang nonstop Jakarta-Surabaya, yang kemudian ditiru oleh sejumlah perusahaan angkutan lainnya.

Brosur Bus ELTEHA
 
Sebagai layanan tambahan, pada 1968, Elteha menerima pengiriman paket, yang dikirimkan bersama dalam bus malamnya. Pengiriman paketnya pada saat itu merupakan bisnis sampingan. Dan inilah cikal bakal pengiriman paket bersama dengan bis malam.
 
Prinsipnya adalah memberangkatkan paket pada petang hari, dan esoknya sudah diterima oleh si alamat di tempat tujuan. Pelayanan cepat ini ternyata mendapat sambutan para pemakai jasa angkutan paket. Sehingga, seiring dengan perkembangan usaha, satu demi satu Elteha mendirikan cabang dan agen di seluruh Indonesia.

Elteha

Bus ELTEHA Magelang - Denpasar
 
Seiring berjalannya waktu, permintaan akan pengiriman paket semakin besar, bahkan melebihi transportasi penumpang, mengakibatkan bus elteha penuh paket dalam segala ukuran, paketnya lebih banyak daripada penumpang. Ini yang membuat Elteha kemudian menjadikan paket sebagai bisnis utama
Dalam beberapa tahun, Elteha berkembang pesat dan cabangnya tersebar di banyak kota, hingga ke mancanegara. Pengembangan usaha di luar negeri itu dirintisnya di Hong Kong, 1975. Lalu, pada 1978 di Singapura. Tahun-tahun berikutnya Elteha melebarkan sayap ke New York, Washington, San Francisco, Kuala Lumpur, Bangkok, dan Negeri Belanda.
 
Elteha
 
Penghargaan yang pernah diterima Elteha:

  • International Gold Star For Quality, International Asia Award 1985
  • America Award 1987
  • Penghargaan Adikarya Pos.
Bila Anda berada di Semarang, kunjungi kantor Elteha yang di Jl Karangsaru, ditempat itulah cikal bakal Elteha. Saat itu Elteha bersaing dengan Po. Bhayangkara yang juga berkantor di Jalan Mataram (sekarang jl MT. Haryono) dan kini hanya tersisa pengiriman paketnya saja, masih dengan nama Bhayangkara.
 
(hasil penelusuran EvoTech di Semarang).
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Menelusuri Sejarah Bus ELTEHA. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers