Pin It

15 February 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 22:58

Tips Aman Di Terminal Bus

Terminal bus merupakan salah satu tempat umum yang rawan kejahatan. Bagi copet, calo dan penipu, terminal bus merupakan tempat yang sangat mudah untuk mencari mangsa. Mereka mengamati setiap orang dan selalu siap menerkam korban yang potensial. Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati jika berada di terminal. Sebagaimana yang dilansir dari situs Dit Reskrimum Polda Metro Jaya, berikut ini sejumlah tips yang mungkin akan sangat membantu ketika Anda berada di suatu terminal :

Suasana Terminal Bus Jombor
1. Tampil sederhana.

 2. Miliki peta kota atau kawasan di mana terminal itu berada.

 3. Kalau tidak punya peta, sekali lagi jangan bingung dan panik.

4. Kalau belum berhasil menentukan orientasi, bertanyalah kepada petugas resmi seperti polisi atau petugas DLLAJR atau lakukan obrolan ringan dengan pekerja warung makan atau penjaga kios.

5. Jika Anda masih melanjutkan perjalanan ke kota lain dengan bus, belilah tiket pada loket penjualan tiket bus resmi atau PO (perusahaan otobus) resmi.

6. Jika naik bus malam, naiklah dari PO atau agen resmi bus tersebut. Jika terpaksa naik di terminal, datang lebih awal.

7. Bus yang kosong atau sesak sama bahayanya, dua kondisi itu ideal bagi pencopet. Mereka biasa bergerombol, tiga sampai lima orang.

8. Dalam bus yang sesak, Anda perlu waspada saat naik atau turun.

9. Untuk menghindari kejahatan pembiusan, jangan menerima tawaran minuman atau makanan dari orang yang tidak/baru Anda kenal di kawasan terminal.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers