Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

28 February 2014

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid? Cari Tahu di sini!

Bisa dibilang mobil hybrid merupakan hasil teknologi canggih yang dihasilkan oleh dunia otomotif khususnya mobil untuk saat ini. Teknologi hybrid merupakan gabungan atau kombinasi antara mesin mobil berbahan bakar minyak (BBM) dengan mesin bertenaga listrik. Itu sebabnya mobil hybrid memiliki semua kelebihan-kelebihan yang ada pada mobil berbahan bakar BBM dan bertenaga listrik sekaligus. Selain itu, mobil hybrid juga mampu menambal kelemahan atau kekuarangan yang ada pada masing-masing tipe mesin mobil tersebut. Sehingga jadilah mobil hybrid sebagai sebuah mobil canggih yang irit bahan bakar tapi tetap memiliki performa bagus di jalanan.

kelebihan dan kekurangan mobil Hybrid
gambar: http://otosia.com
Tapi meskipun secara garis besar mobil hybrid memang lebih baik (memiliki lebih banyak kunggulan) dari mobil-mobil non hybrid yang lebih dulu ada, tapi tetap saja masih ada sisi-sisi minus yang menjadi kekurangan atau kelemahan dari mobil hybrid. Mau tahu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari mobil hybrid? Silahkan anda lihat informasinya di bawah ini:

Kelebihan dan Kekurangan Mobil hybrid


A) Kelebihan (Keunggulan)


1. Irit bahan bakar (BBM)
Keunggulan atau kelebihan mobil hybrid yang pertama adalah iritnya konsumsi BBM. Jika dibanding mobil-mobil non hybrid, konsumsi bahan bakar mobil berteknologi hybrid jauh lebih irit. Hal tersebut dikarenakan teknologi perpaduan antara mesin berbahan bakar BBM dengan mesin bertenaga listrik yang diadopsi pada mobil hybrid mampu menambal atau melengkapi kekurangan mesin konvesional yang cenderung lebih boros bahan bakar. Tapi meskipun irit, mobil dengan teknologi hybrid masih mampu menghasilkan tenaga dan performa yang cukup besar.


2. Lebih Ramah Lingkungan
Selain konsumsi bahan bakar menjadi jauh lebih irit, teknologi kombinasi tersebut juga membuat mobil hybrid lebih ramah terhadap lingkungan, sebab gas buang atau limbah hasil pembakaran yang dihasilkan tergolong minim.


3. Minim Suara Gemertak dan Getaran
Keunggulan atau kelebihan dari mobil hybrid berikutnya adalah minim suara dan getaran ketika mesin dihidupkan. Mobil hybrid bisa dibilang merupakan mobil sepi-senyap. Jadi mobil ini sangat cocok untuk dibawa perjalanan jauh, sebab kita tidak akan merasa kelelahan atau capek selama perjalanan.


B) Kelemahan (Kekurangan)


1. Harganya Mahal
Sementara untuk kelemahan atau kekurangan mobil Hybrid yang pertama adalah harganya yang mahal. Jika dibanding harga mobil konvensional (non hybrid), harga mobil Hybrid masih jauh lebih mahal. Hal tersebut dikarenakan oleh tingginya biaya produksi yang dibutuhkan untuk memproduksi mobil tersebut, sebab hampir semua komponen mobil hybrid sementara ini masih harus diimpor dari luar negeri.


2. Biaya Perawatan Mahal
Kelemahan atau kekurangan mobil hybrid berikutnya adalah biaya perawatannya yang mahal. Perawatan mobil hybrid khususnya mesin memang tidak sesederhana mobil konvensional pada umumnya. Dan oleh sebab itu, biaya perawatan untuk mobil hybrid juga jauh lebih mahal dibanding biaya perawatan mobil non hybrid. Selain itu, tidak banyak bengkel servis mobil di Indonesia yang bisa melakukan service terhadap mobil dengan teknologi hybrid ini, sebab terkendala masalah peralatan.


3. Kurang cocok untuk daerah rawan banjir
Dan kelemahan atau kekurangan mobil hybrid yang terakhir adalah mobil ini kurang cocok untuk dikendarai di daerah-daerah yang rawan banjir. Meskipun mobil konvensionalpun demikian, tapi mobil-mobil konvensional masih cenderung lebih berkompromi dalam menghadapi kondisi alam. Sementara untuk mobil hybrid, komponen atau rangkaian kelistrikan yang digunakan pada mobil ini sangat beresiko jika terkena genangan air apalagi banjir. Dan jika itu terjadi, akibatnya tentu bisa fatal.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid? Cari Tahu di sini!. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers