Pin It

12 July 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 05:42

Apa yang Perlu Anda Ketahui dari EIP-1559 Hard Fork London Ethereum

Hard fork London dijadwalkan berlangsung pada Agustus 2021, nah kali ini blog widodogroho.com akan membahas tentang apa fork itu dan apa yang bisa diharapkan oleh penambang dan pengguna Ethereum? Hard Fork London berisi banyak Proposal Peningkatan Ethereum (EIP), termasuk 1559 dan 3554 yang vital, maka ada baiknya kita menjelajahi fitur-fitur utama dari hard fork London yang akan datang dan bagaimana hal itu dapat mengubah jaringan Ethereum. Meskipun awalnya dijadwalkan berlangsung pada bulan Juli, pernyataan yang lebih baru dari pengembang Ethereum menegaskan bahwa hard fork London akan terjadi pada 4 Agustus 2021. 

Apa yang Perlu Anda Ketahui dari EIP-1559 Hard Fork London Ethereum
Ethereum

Mengapa Blockchain Ethereum Perlu Perbaikan? 


Ethereum diluncurkan pada tahun 2015, pemanfaatan jaringan Ethereum telah tumbuh secara besar-besaran karena Ethereum bisa dibilang sebagai blockchain yang paling banyak digunakan saat ini. Blockchain Ethereum telah menjadi rumah bagi banyak coin, proyek NFT dan DeFi yang tak terhitung jumlahnya, dan yang tak kalah pentingnya, aset digital aslinya merupakan cryptocurrency terbesar kedua setelah Bitcoin berdasarkan kapitalisasi pasar. Namun, muncul rintangan signifikan dalam Proof of Work consensus (POW). Apa itu PoW? POW ini algoritma konsensus dari jaringan blockchain Ethereum. Algoritma digunakan untuk mengkonfirmasi transaksi dan menambahkan blok baru ke rantai di tiap transaksi. Nah, disinilah rintangan ini muncul termasuk transaksi yang tertunda dan biaya tinggi yang tidak masuk akal di beberapa kesempatan ekstrem. 


Pengembang yang bekerja di blockchain ETH melihat ini, dan solusi utama mereka adalah mentransisikan jaringan dari PoW ke Proof of Stake. Namun, ini adalah pekerjaan kompleks yang membutuhkan bertahun-tahun pengembangan, dan pengujian sebelum diterapkan. Sampai saat itu, mereka belum meninggalkan jaringan PoW dan mengusulkan beberapa hard fork agar kinerjanya lebih cepat. 


Hard Fork Istanbul, Berlin dan London 


Setelah hard fork Istanbul dan Berlin, sekarang saatnya untuk yang berikutnya dengan nama kode 'London' (dinamai setelah konferensi pengembang tahunan kedua pada tahun 2015). Awalnya dijadwalkan berlangsung pada Juli 2021, kemajuannya berjalan dengan baik karena telah diluncurkan di beberapa testnet, dan yang terbaru adalah Ropsten. 


Namun, itu pun tertunda, dan pengembang Ethereum dari Tim Beiko mengumumkan melalui Github bahwa hard fork diharapkan akan berlangsung pada 4 Agustus antara 13:00 UTC dan 17:00 UTC di blok nomor 12.965.000. Hard fork London akan berisi beberapa EIP, yang paling terkenal adalah 1559 dan 3554. Sebagaimana dijelaskan dalam EIP-1, setiap proposal harus mengikuti panduan berikut: 


“EIP harus memberikan spesifikasi teknis singkat dari beberapa fitur dan alasan untuk fitur tersebut. Penulis EIP bertanggung jawab untuk membangun konsensus dalam komunitas dan mendokumentasikan perbedaan pendapat.” 


Tujuan utama EIP-1559 ini adalah untuk mengurangi biaya transaksi melalui metode yang agak kontroversial. Salah satu kontroversinya yakni yang tadinya pengguna harus mengirim biaya gas ke penambang untuk transaksi yang akan dimasukkan dalam blok, EIP-1559 mengusulkan agar biaya gas dikirim ke jaringan. Pada dasarnya, mekanisme penetapan harga baru ini akan membakar biaya, yang tujuan utamanga akan mengurangi pasokan Ethereum (ETH) secara keseluruhan. Biaya dasar juga akan berubah setiap blok tergantung kepadatan jaringan, karena jika satu blok 50% atau lebih penuh dengan transaksi, biaya akan meningkat, dan sebaliknya. 


Apa yang Perlu Anda Ketahui dari EIP-1559 Hard Fork London Ethereum
EIP-1559 Ethereum

Sedangkan EIP-3238 akan menarget waktu kesulitan. Ini adalah fitur yang membuat penambangan Ethereum semakin sulit. Karena aktivitas menambang menjadi sangat sulit sehingga penambang tidak punya pilihan selain beralih dari Ethereum 1.0 dan pindah ke Ethereum 2.0. Rencana awal EIP-3238 akan menunda apa yang disebut bom waktu hingga kuartal kedua tahun 2022. Namun, EIP-3554 yang lebih baru diusulkan, yang periode peninjauannya berakhir pada 14 Juli dan akan terjadi pada minggu pertama Desember 2021. Para pengembang menjelaskan motivasi di balik EIP-3554 sebagai berikut: 


“Penargetan untuk peningkatan dan/atau Penggabungan terjadi sebelum Desember 2021. Bom waktu dapat disesuaikan kembali pada saat itu atau dihapus sama sekali.” 


Baca juga: Mengenal Coin Burning dan Upgrade EIP-1559 Ethereum 


Kontroversi EIP-1559 


Peningkatan yang diusulkan di atas mungkin terdengar seperti langkah ke arah yang benar, namun tidak semua pihak senang, terutama dengan EIP-1559. Pembakaran biaya pada dasarnya akan menciptakan efek deflasi pada cryptocurrency terbesar kedua ini. Meskipun ini dapat meningkatkan peluang ETH untuk menjadi penyimpan aset nilai yang disukai karena pasokan yang lebih rendah, namun akan mengurangi keuntungan penambang. Dan, penambangan Ethereum memang menjadi bisnis yang menguntungkan, dengan keuntungan melonjak ke level tertinggi baru dalam satu tahun terakhir ini. Setelah hard fork London ini bisa berubah, meskipun pengguna akan memiliki opsi untuk "memberi tip" kepada para penambang jika mereka mau. 


Maka banyak perusahaan pernambangan Ethereum yang menentang penerapan EIP-1559. Yang lain berpendapat bahwa meskipun EIP-2656 – yang menurunkan biaya gas transaksi menggunakan eksponensial modular (ModExp) – harus meningkatkan keamanan jaringan dan secara praktis, akan ada beberapa masalah potensial di bagian itu. Selain itu, laporan terbaru oleh CoinMetrics menegaskan bahwa EIP-1559 mungkin tidak membantu mengurangi biaya gas sama sekali. Ini menunjukkan bahwa biaya transaksi yang tinggi “pada dasarnya adalah masalah skalabilitas,” dan selama penggunaan dApp terus meningkat, yang merupakan tren saat ini, mereka akan tetap berada di level ini. 


Sebagai gantinya, makalah tersebut menguraikan solusi lain yang mungkin, setidaknya sampai Ethereum 2.0 tiba. Mungkin berasal dari jaringan penskalaan Layer-2 karena beberapa proyek blockchain telah meluncurkan produk semacam itu. Bagaimanapun, hard fork London adalah salah satu peristiwa yang paling ditunggu di dunia cryptocurrency tahun ini dan kemungkinan besar akan memiliki dampak signifikan pada blockchain Ethereum yang sangat banyak digunakan.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email