Pin It

20 July 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 00:03

Cara Membuat Minuman Kesehatan Teh Bunga Telang

Ada yang pernah melihat bunga telang? Saya yakin banyak yang sering melihatnya karena bunga telang biasa tumbuh liar di pekarangan. Bunga telang atau butterfly pea flower yang bernama latin Clitoria ternatea ini merupakan sumber pewarna alami. Selain sebagai pewarna makanan alami, bunga telang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Karena keunikan warna dan manfaatnya banyak orang yang memanfaatkan bunga ini untuk membuat minuman. Olahan bunga telang yang paling terkenal adalah minuman teh bunga telang. 


Cara Membuat Minuman Kesehatan Teh Bunga Telang
Bunga Telang tumbuh liar di pagar pekarangan

Penasaran apa saja manfaat bunga telang? Dilansir dari MedicineNet.com, food.ndtv.com, dan netmeds.com, saya rangkum cara mudah membuat minuman bunga telang dan manfaatnya. Yuk, disimak!


Cara Membuat Minuman Kesehatan Teh Bunga Telang
Legacy Aqila memetik bunga Telang

Cara Membuat Minuman Teh Bunga Telang 


Cara membuat teh bunga telang cukup mudah dan bisa kita lakukan sendiri. Berikut ini adalah beberapa tahapan cara membuat teh bunga telang: 


Pertama, petik 10 kelopak bunga telang, baik segar ataupun dalam bentuk kering, kemudian rendam ke dalam secangkir air panas dan diamkan selama 15 menit. Kita juga bisa menambahkan serai untuk menambah rasa lezatnya. Teh bunga telang juga bisa dicampur dengan beberapa tetes jus jeruk nipis agar ada sensasi asam manisnya. 


Oh ya, teh bunga telang bisa berubah warna jika kita menambahkan air perasan lemon ke dalam minuman bunga telang. Air lemon mengandung asam yang bisa mengubah tingkat keasaman atau pH dalam minuman bunga telang, sehingga warnanya bisa berubah dari biru menjadi ungu. 


Langkah kedua, saat kelopak bunganya sudah tidak berwarna biru lagi, buanglah kelopaknya, dan saring airnya. Jika warna kelopaknya sudah menghilang, maka air panasnya akan berwarna biru keunguan. Teh bunga telang pun sudah siap untuk diminum.


Cara Membuat Minuman Kesehatan Teh Bunga Telang
Teh bunga Telang

Lalu bagaimana cara mendapatkan bunga telang jika kita tidak menanamnya? Untuk mendapatkan teh bunga telang kita bisa mendapatkan bunga telang kering dengan mudah di toko online atau marketplace. Jangan khawatir, harganya lumayan terjangkau, kok. 


Manfaat Minuman Bunga Telang Untuk Kesehatan 


Bunga telang tidak hanya cantik dipandang, minuman bunga telang juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti yang saya kutip dari situs sehatqu.com. Di antaranya: 


1. Meningkatkan daya ingat


Ekstrak bunga telang, terbukti meningkatkan kadar asetilkolin, dalam otak tikus. Asetilkolin adalah neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang memegang peranan vital, dalam mengingat dan mempelajari sesuatu. 


2. Mengatasi gangguan kecemasan


Dalam sebuah riset beberapa waktu lalu, para peneliti berusaha untuk melihat manfaat bunga telang, jika dikonsumsi bersamaan dengan aktivitas yoga.


Hasil yang dirilis dalam jurnal Ancient Science of Life, begitu memuaskan. Bahkan, dalam satu sesi yoga saja, konsumsi bunga telang bisa mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder). 


3. Meringankan depresi


Dalam sebuah studi, para peneliti mengekstrak sekitar 25 senyawa phytocomp, dari ekstrak etanol dari bunga telang. Di antara beberapa senyawa yang ditemukan, ada asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi. 


4. Mengandung antioksidan


Antioksidan adalah zat penting, yang bisa memproteksi sel sehat, di dalam tubuh. Selama ini, para peneliti berusaha untuk mencari zat antioksidan, dalam bentuk bunga atau tumbuhan, seperti dari bunga telang. 


Dalam sebuah studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstrak metanol yang dikandung bunga telang, sangat berpotensi untuk menjadi sumber antioksidan. 


5. Menyembuhkan luka


Manfaat bunga telang lainnya adalah untuk menyembuhkan luka. Sebab, ekstrak dari biji bunga telang, mengandung flavonol glikosida. Sementara itu, ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. 


Dalam sebuah penelitian pada hewan, peneliti memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang, secara oral maupun dioles. Hasilnya, proses penyembuhan luka pada hewan percobaan ini, meningkat secara signifikan. Itulah sebabnya, para peneliti percaya, bahwa khasiat bunga telang, bisa menjadi penyembuh luka yang efektif. 


6. Mengurangi peradangan


Bunga telang mengandung sekitar 51-52% asam oleat. Biasanya, asam lemak yang menyehatkan ini, ditemukan pada minyak zaitun. 


Beberapa studi menyatakan, asam oleat mampu mengurangi peradangan, dan memiliki efek positif, untuk mengurangi risiko terkena kanker. 


7. Menyehatkan jantung


Manfaat bunga telang yang sangat penting ini, dipercaya bisa mengatasi penyakit kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Itulah sebabnya, bunga telang dipercaya mampu menyehatkan jantung.


Dalam sebuah studi pada hewan, bunga telang bisa menurunkan kadar trigliserida cukup signifikan. Bahkan, jumlah kolesterol total dan gula darah pun berkurang. Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL), justru mengalami peningkatan. 


8. Berpotensi mengatasi gejala diabetes


Dalam sebuah penelitian pada hewan uji, dibuktikan bahwa kembang telang dapat mengontrol penyerapan gula dalam darah, sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah pada pasien diabetes. Namun, tentu saja masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat kembang telang. 


9. Membantu mengatasi asma


Menurut penelitian, ekstrak bunga telang dapat membantu mengatasi asma dan bronkitis. Kemampuan tanaman ini untuk mengatasi asma tidak lepas dari sifat antioksidan dan antiasthmatic yang dimilikinya. 


Selain manfaat diatas, bunga telang juga dipercaya berkhasiat seperti dibawah ini: 


- Kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. 

- Membantu menurunkan berat badan dan mengatur nafsu makan.

- Mengandung flavonoid yang membantu menstimulasi produksi kolagen, sehingga kulit tampak kenyal dan awet muda.

- Memperkuat rambut, mengurangi rambut rontok, dan menutrisi rambut.


Wah, ternyata manfaat bunga telang untuk kesehatan cukup banyak ya. Tertarik mencoba minuman bunga telang yang cantik dan penuh manfaat ini?  

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers