Pin It

10 May 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 13:52

Mengenal Coin Burning dan Upgrade EIP-1559 Ethereum

Ethereum terus berbenah mengatasi masalah pasokannya yang unlimited. Ethereum akan melakukan upgrade dengan 'burn' atau membakar atau memusnahkan koinnya yang dikenal dengan upgrade Ethereum Improvement Proposal 1559 (EIP-1559). Pihak pengembang Ethereum melalui Github sudah mengkonfirmasi hal tersebut. Upgrade akan dilaksanakan pada Juli 2021. Meski, belum diketahui secara pasti berapa pasokan Ethereum yang berkurang pada EIP-1559 ini. 


Mengenal Coin Burning dan Upgrade EIP-1559 Ethereum
Ethereum (Eth)

Apa itu Coin Burning? 


Coin burning sendiri merupakan proses pembakaran yang disengaja untuk menghilangkan koin, sehingga koin tersebut tidak dapat digunakan kembali. Cara kerja coin burning ini dengan melibatkan pengembang yang mengeluarkan aset digital. Untuk melakukannya, signature token akan dimasukan ke dalam Wallet yang tidak dapat diambil kembali. Wallet ini disebut dengan “eater address” yang nantinya dapat dilihat oleh semua node, namun akan dibekukan pemesanannya. Selanjutnya, status koin ini nantinya akan di publikasi di blockchain. 


Mungkin bagi awam atau pemula akan berfikir, kenapa harus membakar koinnya, padahal untuk membelinya saja membutuhkan dana yang tidak sedikit? Nah, dengan membakar atau memusnahkan sebagian koin kan akan mengakibatkan berkurangnya pasokan koin yang beredar. Dengan berkurangnya pasokan maka akan memberi nilai lebih pada aset tertentu dalam hal ini adalah Ethereum. Pembakaran koin adalah metode yang paling efektif untuk meningkatkan nilai koin dan token. Tujuannya menjaga harga koin pada tingkat yang nantinya lebih menguntungkan. Pada prinsip ekonomi juga dijelaskan, mengurangi kuantitas akan membuatnya jauh lebih berharga. Nah, setelah terjadi pemusnahan koin, pasti harga Ethereum akan naik karena pasokan berkurang. 


Apa sih EIP-1559? 


Setelah kita mengetahui penjelasan singkat mengenai coin burning diatas, sekarang saya lanjutkan mengenai EIP-1559. Apa sih EIP-1559? 


EIP-1559 pertama kali diusulkan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2018 dan merupakan peningkatan yang paling revolusioner dalam sejarah Ethereum. EIP-1559 memperkenalkan beberapa perubahan yang akan membantu mengurangi biaya dan menyelesaikan transaksi lebih cepat dari sebelumnya. Seperti kita alami selama ini kan biaya kirim Ethereum terhitung mahal dan lama. Nah, Ethereum sedang dalam upgrade ke Ethereum 2.0 untuk menyelesaikan permasalahan yang selama ini terjadi di jaringan Ethereum yang salah satunya melalui EIP-1559 ini.


EIP-1559 memperkenalkan mekanisme penetapan harga transaksi baru untuk mengatasi masalah ini dengan memperkenalkan dua jenis biaya, yaitu biaya dasar dan biaya inklusi atau fee. Biaya dasar akan menjadi biaya jaringan tetap per blok yang harus disertakan dalam transaksi apa pun. Fee ini akan menjadi fungsi dari gas yang digunakan di blok induk dan target gas (sebelumnya dikenal sebagai batas gas) dari blok induk. 


Singkatnya, proposal pembaruan EIP-1559 merupakan penyempurnaan dari empat proposal yang diaktivasi di dalam hard fork Berlin. Tujuan EIP-1559 adalah memangkas biaya transaksi di sistem Ethereum dari segi ongkos pertambangan. Setelah EIP-1559 diberlakukan, nantinya transaksi baru atau pertambangan blok baru Ethereum tidak perlu divalidasi oleh semua jaringan. Sehingga, pembaruan ini akan mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengkonfirmasi transaksi dan membuat keseluruhan jaringan mampu menangani volume transaksi yang jauh lebih tinggi.


Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang upgrade EIP-1559, silahkan lihat sumber berikut: 


👉 EIP-1559 GitHub (sumber resmi)

👉 Catatan Ethereum (sumber resmi)

👉 CoinDesk (panduan singkat) 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email