Spesifikasi Lokomotif Dongfeng DF11Z, Lokomotif Yang Digunakan Menarik Gerbong Kereta Kim Jong Un Spesifikasi Lokomotif Dongfeng DF11Z, Lokomotif Yang Digunakan Menarik Gerbong Kereta Kim Jong Un
Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

04 March 2019

Spesifikasi Lokomotif Dongfeng DF11Z, Lokomotif Yang Digunakan Menarik Gerbong Kereta Kim Jong Un

Loading...
widodogroho.com - Di awal Maret ini, saya masih akan melanjutkan tulisan saya sebelumnya mengenai kereta api yang digunakan Kim Jong Un untuk perjalanan Korea Utara-Vietnam. Namun, tulisan kali ini saya akan mengupas lokomotif kereta Kim tersebut. Tentu, kereta tersebut sudah mempunyai spek khusus, karena yang naik juga bukan orang sembarangan. Namun bukan hal mudah mencari informasi perihal kereta milik pemimpin negara tertutup macam Korut. Tapi dengan ketelatenan mencari melalui forum-forum kereta dan twitter akhirnya bisa mendapat spek lokomotif kereta tersebut. Dalam obrolan di twitter sempat disebut dua kereta yakni M62 buatan Rusia dan DF11Z buatan Qishuyan.


Akhirnya setelah membaca laman Wikipedia dan chinesemodeltrains.com, bisa kita pastikan ini adalah lokomotif Qishuyan Red Star Model DF11Z. Lokomotif diesel Dongfeng-11 (DF11) atau dalam bahasa Mandarin: 东风 11 ini adalah lokomotif diesel semi-kecepatan tinggi buatan China Qishuyan Locomotive Works Manufacturing Co. Kereta ini juha yang digunakan oleh China Railway. Bedanya, kereta milik Kim tentu telah dimodifikasi dengan keamanan tingkat tinggi.

Spesifikasi Lokomotif DF11Z

Lokomotif ini memiliki bentang rel (gauge) 1.435 mm, dengan diameter roda sebesar 1.050 mm. Lokomotif Qishuyan DF11Zi memiliki dimensi 20,15 m (panjang), 3,3 m (lebar), dan 4,7 m (tinggi). Lokomotif yang mulai diproduksi tahun 1992 ini bisa melaju hingga kecepatan 170 km per jam. Lokomotif DF11Z menggunakan transmisi electric AC – DC drives serta straight air dan electrical brake sebagai sistem pengeremannya.  

Lokomotif DF11Z ini ditenagai mesin diesel 16V280ZJA, synchronous main alternator JF204C dan motor traksi ZD106. Mesin diesel tersebut mampu melaju dengan kecepatan 65,6 km per jam. Power output dari lokomotif ini berada di angka 3.610 kW (4.840hp), dan mengalami penyusutan ke angka 3.040 kW (4.080hp) ketika berada di lintasan.

Nah, tentu saja kereta milik Kim ini sudah dimodifikasi dengan lapisan baja anti peluru baik di lokomotif maupun gerbongnya. Selain lapisan anti peluru, kereta ini juga penuh dengan kemewahan.

Sejarah Lokomotif Dongfeng DF11Z

Lokomotif diesel Dongfeng 11Z adalah lokomotif diesel serbaguna berkecepatan tinggi. Lokomotif ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan transportasi khususnya kereta api. Departemen Perkeretaapian China pada Mei 2001 memutuskan untuk mengembangkan Dongfeng 11Z dengan basic lokomotif diesel Dongfeng 11. Lokomotif ini disebut model DF11Z, dan "Z" adalah singkatan dari "berdedikasi". Selain itu juga untuk menggantikan lokomotif diesel transmisi hidraulik NY6 yang diimpor dari Republik Federal Jerman (Jerman Barat) pada tahun 1970.

Nah, bagian paling bersejarah dari lokomotif ini ketika digunakan oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Pada bulan Maret 2018 dan Januari 2019, Kim Jong-un mengunjungi China dua kali dengan kereta api ini. Kemudian ia mengunjungi Vietnam melalui China dari Februari hingga Maret 2019 juga menggunakan kereta ini.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Spesifikasi Lokomotif Dongfeng DF11Z, Lokomotif Yang Digunakan Menarik Gerbong Kereta Kim Jong Un. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers