Penampakan Bus DODGE PO Sumber Alam Jelang Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Penampakan Bus DODGE PO Sumber Alam Jelang Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta
Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

18 March 2019

Penampakan Bus DODGE PO Sumber Alam Jelang Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta

widodogroho.com - Sudah lama blog widodogroho.com ini tidak mengulas mengenai bus klasik. Dan malam ini, saya akan mengupas bus Dodge milik PO Sumber Alam. Setelah salah satu bus klasik koleksinya yakni bus Mitsubishi Fuso MR470 ikut dalam event atau Pameran Bus Klasik InCUBUS 2017 dan digunakan untuk properti Inspirasi Jalanan yang tayang di TV One, rupanya PO Sumber Alam semakin semangat membangun koleksi klasik lainnya yakni Dodge. Dan kebetulan hari ini Minggu 17 Maret 2019 bus Dodge ini sudah nampak di pool bus Sumber Alam Pondok Ungu, Bekasi. Kedatangan bis Dodge ini ke Jakarta adalah untuk ikut serta event Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta dari tanggal 20 - 22 Maret 2019. Tapi untuk bus Dodge ini ikutnya di Indonesia Classic N Unique Bus 2019, di Hall B JIEXPO Kemayoran 20-22 Maret 2019. Bus Dodge PO Sumber Alam ini menggunakan livery klasiknya yakni strip biru namun dengan warna dasar putih, bukan silver.


Bus Dodge ini cukup bersejarah dalam catatan transportasi publik Indonesia. Saat itu pemerintah Indonesia mendapat bantuan dari USAID untuk pengadaan bus kota di Jakarta. Dalam periode ini dikenal generasi Dodge. Sebelum kedatangan bus bus Jepang dan Jerman seperti saat ini, pada tahun 50-70an bus Amerika yang mendominasi jalanan Indonesia. Pada saat itu bus bus ini belum menggunakan mesin diesel. Selain bus Dodge ini, Dodge juga ada yang di rebrand dengan merk Fargo yang mempunyai body sama persis. Bus buatan Amerika pada masa itu masih di dominasi mesin bensin, dan beruntung kita masih bisa menyaksikan fisik bus Dodge ini milik PO Sumber Alam.







Bus Dodge yang beredar di Indonesia saat itu adalah Dodge D500 dan Dodge D600 dengan chasis lebih panjang. Bus Dodge ini menggunakan mesin bensin 6 silinder yang bertenaga hingga 140 hp. Namun ada juga bus Dodge yang menggunakan mesin V8 yang bertenaga hingga 212 hp. Tenaga dari mesin diteruskan transmsi manual 4 percepatan NP435 type full flotaing buatan Eaton .


Apa itu BusWorld?

BUSWORLD adalah pameran business to business (B2B) terbesar di dunia untuk industri bus dan karoseri. Even ini memamerkan bus, karoseri serta suku cadang, komponen. Pameran Busworld pertama terjadi 46 tahun yang lalu di kota Kortrijk di Belgia pada tahun 1971 dan Busworld Asia tenggara adalah pameran ke-7 pada kalender Busworld saat ini setelah Turki, India, Rusia, Cina, Asia Tengah dan Amerika Latin.

Mengapa even busworld di Indonesia menarik?

- Indonesia memiliki populasi 260 juta orang (40% dari populasi ASEAN) yang tersebar di 34 provinsi dengan 415 kabupaten.

- Kementerian Perhubungan Indonesia telah merencanakan pengadaan 3.000 bus baru untuk Sistem BRT di 34 provinsi pada tahun 2019.

- Pengadaan 200 unit bus baru akan dibuka pada awal 2019.

- Indonesia menargetkan 20 juta penumpang pada akhir 2019. Untuk melayani  jumlah penumpang, perusahaan otobus diperkirakan akan menambah 5.000 bus baru pada 2019.

Nah, even ini terselenggara berkat kerjasama PT Global Expo Management dengan Busworld International. Istimewanya even busworld ini adalah tidak hanya pameran saja, panitia juga menyiapkan forum yang bersifat edukatif bernama Busworld Academy, yang nantinya akan mengundang 29 pakar dari Indonesia maupun mancanegara untuk membahas bus safety, production, operational, dan new technology kepada para peserta forum.



PO Sumber Alam sendiri di event busworld ini akan memboyong bus klasiknya, bus Dodge tersebut. Hal ini tidak mengherankan, karena pemilik PO Sumber Alam memang dikenal sebagai kolektor dan pelestari bus klasik. Yang penasaran dengan bus Dodge ini silahkan langsung saja datang di Indonesia Classic N Unique Bus 2019, di Hall B JIEXPO Kemayoran 20-22 Maret 2019.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Penampakan Bus DODGE PO Sumber Alam Jelang Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih
Loading...

Followers