The Iron Knight, Truck Tercepat Di Dunia Bertenaga 2400hp Dari Volvo The Iron Knight, Truck Tercepat Di Dunia Bertenaga 2400hp Dari Volvo
Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

26 March 2019

The Iron Knight, Truck Tercepat Di Dunia Bertenaga 2400hp Dari Volvo

Loading...
Tidak pernah bosan rasanya membahas truck terkencang di dunia dari Volvo yakni sang Ksatria Besi The Iron Knight yang tembus 276 km/h. Kita tentu ingat pada 24 Agustus 2016 lalu Volvo Trucks memecahkan rekor kecepatan truk di muka bumi. Banyak yang penasaran dengan basis truck Volvo The Iron Knight ini. Truck modifikasi modifikasi “The Iron Knight” menggunakan mesin D13 dan transmisi I-Shift Dual Clutch. I-Shift Dual Clutch adalah girboks yang sama dengan yang digunakan truck Volvo FH series.


Power yang dihasilkan dari mesin 13.000cc 6 silinder diesel dengan empat turbochargers juga intercooler ini luar biasa besar yakni 2.400 hp dengan torsi 6.000 Nm. Lebih menakjubkan lagi, berat Iron Knight cuma 4,5 ton dengan rasio tenaga dan berat 0,5 tk per 1 kg. Tentu dengan kemampuan seperti itu butuh banyak modifikasi agar truck tetap berada di aspal saat dipacu kencang.

Hasilnya saat uji coba di salah satu test track di sebelah Barat Swedia, truk Volvo ini mampu menempuh jarak 500 meter dengan kecepatan rata-rata hingga 131.29 km/jam dalam waktu 13.71 detik. Kita bisa melihat aksi truck Volvo ini dalam beberapa video resmi keluaran Volvo. Dalam video, Iron Knight sangat impresif dan mampu melaju kencang. Pemecahan rekor ini melibatkan juara balap truk Eropa 1994, Boije Ovebrink.

Sejak di garis start, Iron Knight memecahkan rekor jarak 1.000 meter dengan waktu 21.29 detik di kecepatan maksimum 171 mil/jam (276 km/jam), dengan rata-rata kecepatan di atas 100 mil/jam. Selain itu, truck ini juga bisa melibas jarak 0-500 meter dalam 13,71 detik dengan kecepatan rata-rata 131,29 km/jam. Truck Volvo ini melakukan sprint untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dengan waktu 4,6 detik, yang mana hal itu sama dengan akselerasi Porsche 911 Carrera.

Catatan waktu ini telah melampaui rekor Ovebrink sendiri. Sebelumnya dia pernah menempuh kecepatan rata-rata 152,2 km/jam pada jarak 1.000 meter dan 115,3 km/jam dalam jarak 500 meter dengan menggunakan truk Volvo lain bermesin hybrid, Volvo Mean Green.

Truck Volvo The Iron Knight vs Volvo S60 Polestar

Setelah diakui sebagai truck terkencang di dunia pada Agustus 2016, Volvo pun kembali menguji truck tersebut melawan sedan Volvo S60 pada Desember 2016. Sebuah video diunggah ke Youtube memperlihatkan S60 Polestar yang pernah menjadi juara FIA WTCC Race di Shanghai, China melawan Volvo Iron Knight yang digelari truck tercepat di dunia. Keduanya diuji di lintasan balap Mantorp di Swedia. Untuk Videonya bisa kita saksikan di https://youtu.be/fLtbv7mqa2E

Mengutip laman Carscoops, uji performa dilakukan dengan dua cara, sesi pertama kedua kendaraan performa tinggi tersebut harus bertanding di trek lurus (drag race). Lalu di sesi kedua, keduanya melakukan satu putaran trek tersebut. Hasilnya, tractor head Iron Knight berhasil menjadi juara dalam sesi drag race. Sementara itu, Volvo S60 Polestar berhasil mencapai finish lebih dulu dalam sesi balap satu putaran di sirkuit. Meski berbeda jenis, Volvo S60 Polestar dan Iron Knight memiliki tenaga gahar dan sudah sesuai dengan regulasi balap.

Volvo S60 Polestar diketahui memiliki berat 1,1 ton dan dibekali mesin empat silinder berkapasitas 1,6 liter turbocharged dengan tenaga 400 hp. Mesin dikombinasikan dengan transmisi enam percepatan manual dan penggerak roda depan.

Sementara itu, tractor head Iron Knight memiliki bobot 4,5 ton dan menggendong mesin diesel mid-mounted berkapasitas 13 ribu cc dengan empat turbocharged dan intercooler air-cooled. Total tenaga yang dihasilkan mencapai 2.400 hp. Mesin dikombinasikan dengan transmisi slick-shifting dual clutch transmission dan penggerak roda belakang.

Seperti kita lihat dalam tayangan video, hasil pertarungan antara truck Volvo Iron Knight melawan mobil Volvo S60 Polestar adalah 1:1. Tentu saja rekor yang di kecepatan truck Volvo Iron Knight ini masih menarik kita bahas karena sampai saat ini belum ada yang memecahkan rekor truck tercepat di dunia dari truck Volvo ini.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai The Iron Knight, Truck Tercepat Di Dunia Bertenaga 2400hp Dari Volvo. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers