Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

17 April 2018

Tips Akses Internet Aman Mencegah Pencurian Data Pribadi

Akhir-akhir ini kejahatan cyber dan pencurian data pribadi di internet semakin mengancam. Sebelum kita mengalaminya, blog widodogroho.com sajikan artikel 7 tips mengakses internet dengan aman dan nyaman. Berikut 7 Tips Mengakses Internet Aman Hindari Pencurian Data Pribadi:


1. Logout Akun

Untuk menghindari bocornya data-data pribadi ke pihak yang tidak diinginkan, kita perlu melakukan Logout setiap akses akun, baik itu email, media sosial, akun online shop, portal pembayaran tagihan, dan sebagainya.

2. Lengkapi Firewall / Antivirus

Jika Anda peduli dengan keamanan data, Anda wajib untuk memasang salah satunya. Antivirus/firewall akan memproteksi software komputer Anda. Program ini akan bekerja dengan cara memblokir situs-situs yang mengandung konten seperti pornografi, perjudian, dan konten berbahaya lainnya.

3. Password akun

Pasword seharusnya terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang kuat agar tidak mudah dilacak oleh hacker. Jangan lupa untuk menggantinya secara rutin 1 bulan sekali. Hindari menggunakan password yang sama untuk banyak akun, serta tidak menyimpan password secara otomatis di aplikasi/browser.

4. Berhati-hati menggunakanFree Wifi

Kejahatan cyber bisa terjadi di mana saja, karena itulah kita perlu meningkatkan kewaspadaan di setiap kesempatan.Jika Anda sering nongkrong di cafe atau warung kopi dengan tujuan browsing, Anda perlu menguranginya. Anda perlu berhati-hari menggunakan wifi gratis yang disediakan di sana. Spot-spot seperti ini seringkali dijadikan sasaran oleh tangan-tangan jahil untuk mencuri informasi sensitif melalui internet.

5. Hapus History Setelah Browsing

Jika laptop atau komputer Anda tidak pernah digunakan oleh orang lain, Anda mungkin tidak perlu melakukan hal ini. Tapi,bagi Anda yang menggunakan komputer secara bergantian, penting untuk secara rutin menghapus history browser. Jika jatuh ke orang yang tidak tepat, informasi data pribadi, username, bahkan password Anda dapat disalahgunakan.

6. Akses website dengan awalan URL https://

Mengapa harus https? Pahami bahwa https merupakan protokol yang mengatur komunikasi antara server dengan web browser. HTTPS memiliki kelebihan di bidang lapisan keamanan. Huruf “S” artinya Secure, berarti situs ini telah menggunakan lapisan keamanan SSL. Anda tak perlu khawatir jika akan melakukan upload informasi pribadi terkait data diri, password, dan kartu kredit.

7. Akses website dengan URL yang memiliki ikon gembok hijau (Secure)

Mari kita praktek secara langsung. Saat membaca artikel, coba untuk melihat URL nya. Anda akan menjumpai bar alamat situs berwarna hijau dengan tulisan Secure dan ikon gembok terkunci yang juga berwarna hijau. Ini artinya, situs yang anda akses telah menggunakan lapisan keamanan SSL. Anda dapat meninjau informasi SSL yang valid dengan cara mengklik ikon gembok tersebut.

Nah, itulah Tips Mengakses Internet Aman Hindari Pencurian Data Pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat buat pembaca semua.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Akses Internet Aman Mencegah Pencurian Data Pribadi. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers