Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

06 April 2018

Body Bus SHD Terbukti Mampu Selamatkan Puluhan Penumpang Dalam Kecelakaan Bus Di Tol Ngawi

Ruas tol Ngawi-Kertosono baru saja diresmikam oleh Presiden Jokowi di Gerbang Tol Madiun Desa Bagi Kabupaten Madiun Kamis pada 29 Maret 2018 lalu. Ruas yang diresmikan yakni sesi I Ngawi-Wilangan sepanjang 52 Km.

Body Bus SHD Terbukti Mampu Selamatkan Puluhan Penumpang Dalam Kecelakaan Bus Di Tol Ngawi
Pengemudi Bus Subur Jaya (Topi Merah)

Tepat seminggu setelah diresmikan, tol ngawi meminta korban dalam peristiwa kecelakaan bus pariwisata Subur Jaya berbody Jetbus2 SHD dan truck tronton. Dari berbagai media menulis kecelakaan terjadi di Desa Kasreman Kecamatan Geneng sekitar pukul 05.00 WIB tersebut bermula saat bus pariwisata dengan nopol K 1627 GD yang dikemudikan oleh Suroto (47) warga Klaten, Jawa Tengah, membawa 50 murid SMA 2 Magelang yang baru saja berlibur dari Bali. Tepat di KM 586 Tol Ngawi-Kertosono, bus pariwisata hendak mendahului truk tronton bernopol L 8288 UB yang dikemudikan oleh Sayono (50). Namun tiba-tiba ban depan kiri bus meletus dan oleng dan menabrak truk tronton yang berada di kiri bis. Bila kita melihat foto diatas nampak sisa-sisa pengereman keras dan bus tidak terguling dengan kondisi ban yang sudah pecah, menandakan bus ini cukup stabil.

Body Bus SHD Terbukti Mampu Selamatkan Puluhan Penumpang Dalam Kecelakaan Bus Di Tol Ngawi

Body Bus SHD Aman Dan Selamatkan Penumpang

Nah, saya tidak akan membahas kecelakaannya. Yang akan saya bahas adalah penggunaan body SHD tersebut ternyata mampu menyelamatkan penumpang. Dalam foto diatas nampak jelas bus mengalami kerusakan parah akibat benturan keras. Karena bagian kiri bus menghantam bagian belakang kanan, maka bus seperti di iris.

Body bus sebelah kiri bawah robek akibat irisan sudut belakang kanan truck. Dalam pengamatan saya, robeknya bus bagian bawah akibat irisan sudut belakang kanan bawah sekitar lantai truk. Itu merupakan bagian terkeras dari boks truck.

Mengapa saya menulis body SHD selamatkan penumpang? Ya, nampak dalam foto, bagian bawah yang rusak itu masih dibawah lantai bus, karena bus ini high decker. Karena yang rusak bagian bawah lantai maka ruang penumpang relatif aman dan semua penumpang selamat. disini terlihat keuntungan SHD dimana deck lebih tinggi dari body standar sehingga posisi chasis truck yang menghantam body berada dibawah deck penumpang. Bayangkan kalau HD/Normal mungkin kaki penumpang bisa cidera hingga paling tidak setengah baris terdepan. Mungkin ini hanya faktor kebetulan saja, namun sudah beberapa kali terjadi kejadian serupa dan mampu meminimalisir jumlah korban. Memang selalu ada hikmah dalam setiap musibah, namun saya tidak bisa membayangkan kalau ini bus standar dengan lantai rendah. Jika ini bus standar, pasti korban dari penumpang akan lebih banyak. Dan ini bukan hanya milik Subur Jaya saja, melainkan semua model SHD dengan syarat bus tidak terguling. Oh ya, ini bukan berarti bus standar atau HD tidak aman ya. Bus standar dan HD pun aman. Bahkan kalau kita bicara kestabilan, justru bus standar jauh lebih stabil.

SHD juga punya kekurangan, terutama untuk chassis biasa yang dipaksa menggunakan body SHD cenderung limbung. Makanya body SHD lebih sesuai untuk chassis premium. Namun pada kenyataannya sering kita jumpai chassis biasa menggunakan body SHD. Sering kita jumpai chassis Hino RK menggunakan body SHD dengan mengganti komponen suspensi menjadi air suspension. Mungkin penggantian tersebut membuat ayunan bus menjadi lebih baik. Namun walaupun telah di ganti dengan air suspension, masalah keamanan dan kenyaman tetap masih lebih baik chassis premium.

Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Body Bus SHD Terbukti Mampu Selamatkan Puluhan Penumpang Dalam Kecelakaan Bus Di Tol Ngawi. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Terima Kasih

Followers