Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

05 March 2015

Surat Tony Iommi Gitaris 'Black Sabbath' Untuk Presiden Jokowi

Gitaris band legendaris Black Sabbath, Tony Iommi, sengaja mengirim sepucuk surat kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkait eksekusi mati dua terpidana kasus narkoba Bali Nine dari Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Dalam suratnya, Iommi meminta belas kasih Jokowi untuk memaafkan dua terpidana itu. "Sistem pemasyarakatan Indonesia telah berhasil dalam mengubah Andrew dan Myuran. Saya memohon kepada Anda, sebagai seorang pemaaf, untuk mencatat perubahan mereka," tulis Iommi dalam surat yang telah diterjemahkan dan diantar pejabat Pemerintah Australia ke tangan Presiden Jokowi. Baca juga: Surat Vocalis Napalm Death Untuk Presiden Jokowi


Iommi mengatakan, Jokowi semestinya bisa melihat perubahan besar pada diri dua terpidana mati kasus "Bali Nine". "Mereka adalah orang-orang yang telah direformasi yang membuat perbedaan positif bagi kehidupan sesama tahanan. Bahwa mereka telah berubah begitu banyak adalah suatu nilai lebih yang nyata untuk Pemerintah lndonesia," tekan Iommi.

"Untuk alasan ini, saya meminta Anda untuk menghentikan eksekusi mati Andrew dan Myuran," lanjutnya, seperti dikutip dari Sydney Morning Herald (SMH), Rabu (4/3/2015).




Iommi pada dasarnya menghargai usaha pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah narkotik. Namun dia tetap memohon Presiden Jokowi untuk mengampuni duo Bali Nine itu.

"Sistem penjara Indonesia telah sangat berhasil mengubah Andrew dan Myuran,” tulis Iommi dalam suratnya. “Saya meminta kepada Anda, sebagai orang yang pemaaf, untuk memperhatikan perubahan dalam diri mereka.”



Inilah terjemahan lengkap dari surat Iommi tersebut:

Presiden lndonesia

3 Maret 2015

Yang Mulia, saya menulis ini untuk memohon pengampunan Anda terhadap Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Saya memahami dan menghargai usaha Anda untuk melawan penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Iini adalah usaha yang diperjuangkan semua bangsa.

Memang, saya telah melihat dampak negatif yang ditimbulkan oleh narkoba kepada manusia dan keluarga mereka. Itulah mengapa saya mengerti pandangan Anda yang tegas terhadap persoalan ini. Sistem penjara Indonesia telah sangat berhasil mengubah Andrew dan Myuran.

Saya memohon kepada Anda, sebagai orang yang pemaaf, untuk memperhatikan perubahan dalam diri mereka. Mereka sekarang adalah pria yang berbeda, yang turut membawa perubahan positif bagi kehidupan rekan-rekan mereka di penjara.

Perubahan yang telah mereka alami adalah kredit yang nyata bagi pemerintah lndonesia.

Untuk alasan ini, saya memohon Anda menghentikan eksekusi terhadap Andrew dan Myuran.

Perkenankan mereka untuk menjalani hukuman seumur hidup, tempat mereka dapat berkontribusi pada kesejahteraan lndonesia dan memperbaiki kesalahan yang pernah mereka buat sebelumnya. Saya harap Anda akan mempertimbangkan permohonan pribadi ini.


Hormat saya,

Tony Iommi
Gitaris, Black Sabbath.

SYDNEY MORNING HERALD| MECHOS DE LAROCHA
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Surat Tony Iommi Gitaris 'Black Sabbath' Untuk Presiden Jokowi. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers