Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

02 March 2015

Batu Badar Besi Merah Cabai Kebumen

DI ANTARA sekian banyak jenis batuan yang ditemukan di wilayah Kebumen, batu jenis badar besi menjadi salah satu yang disukai. Selain keunikannya yakni memiliki kadar besi yang tinggi sehingga nempel jika didekatkan magnet, batuan badar besi super sulit ditemukan di daerah lain.

Berbeda dengan batuan motif ginggang yang ditemukan di alur Sungai Luk Ulo, sebagian besar batu badar besi diperoleh dengan cara menambang. Salah satu kawasan penghasil batu badar besi terbaik ialah wilayah Kecamatan Karanggayam.  Di salah satu perbukitan yang disebut Bukit Bulu Beras merupakan lokasi yang banyak ditemukan batu jenis ini. Tak heran, di kawasan yang juga populer dinamakan sebagai gunung badar besi itu banyak dijumpai warga yang sedang menambang batu. 



Semenjak batu badar besi merah kebumen yang diterbitkan oleh majalah IGS tahun 2015, pamor jenis batu badar besi kebumen semakin naik dan tidak sedikit para pecinta batuan nusantara yang mulai melirik dan tertarik dengan batu badar besi asal kebumen ini. selain batu badar besi kristal hijau yang sudah memiliki tren tersendiri saat ini batu badar besi merah menjadi incaran para pecinta batu akik nasional dan kabarnya kolektor dunia pun saat ini sudah mulai terjun langsung untuk berburu batu yang sangat kuat menempel di magnet ini. 



Belum lama ini telah ditemukan jenis varian warna baru yaitu badar besi merah Cabe / Badar besi merah cabai (hot red magnet) yang sangat elegan dan mempesona karena selain memiliki warna yang cerah seperti cabai (Cabe) ternyata batu ini juga lumayan kuat menempel pada magnet , namun jenis varian baru  ini sudah sangat sulit ditemukan lagi dan tidak sedikit para kolektor / pecinta gemslover berani membayar mahal untuk membeli batu badar besi merah cabai ini.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Batu Badar Besi Merah Cabai Kebumen. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers