Pin It

01 November 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 11:11

Dapat Restu SEC, Bitcoin ETF Dijual di New York Stock Exchanges (NYSE)

Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat untuk pertama kalinya memberi lampu hijau kepada Bitcoin futures exchange-traded fund (Bitcoin ETF). Yahoo! Finance menyebutkan persetujuan ini diberikan pada Jumat, 15 Oktober 2021. Bitcoin ETF adalah bentuk investasi yang nilainya didasarkan pada harga Bitcoin. Bitcoin ETF (Exchange-traded fund) adalah instrumen investasi yang melacak kinerja aset. Dalam hal ini adalah BTC di pasar spot ataupun berjangka (derivatif) Instrumen ini dapat membantu investor melakukan diversifikasi tanpa perlu memiliki aset underlying aslinya. Keunggulan ETF adalah investor tidak perlu berhadapan dengan bursa aset kripto. ETF dapat dibeli melalui bursa dan pasar modal tradisional (bursa efek).

Dapat Restu SEC, Bitcoin ETF Dijual di New York Stock Exchanges (NYSE)

Bitcoin ETF ini menjadi harapan para investor agar bisa menggenjot volume perdagangan Bitcoin. Hal ini tentu berdampak terhadap melonjaknya permintaan Bitcoin. Dengan restu yang diberikan oleh SEC ini, harga bitcoin pun terus meningkat bahkan mendekati harga all time high bitcoin yang sempat dicapai beberapa bulan yang lalu. Kemudian pada Selasa, 19 Oktober 2021 Bitcoin ETF untuk pertama kalinya di luncurkan di bursa Amerika Serikat, New York Stock Exchanges (NYSE) setelah mendapat restu SEC. Pro Shares adalah perusahaan pertama yang memperdagangkan Bitcoin ETF berjangka di bawah ticker BITO. Jadi SEC approve nya Bitcoin Futures bukan Bitcoin Spot ya.


Bagaimana Cara Kerja Bitcoin ETF? 


Sebelum kita melihat potensi manfaat dan risiko dari Bitcoin ETF, mari kita mundur selangkah dan membahas apa itu Bitcoin ETF dan bagaimana cara kerjanya. ETF adalah alat investasi yang melacak kinerja aset atau kelompok aset tertentu seperti yang sudah disinhhung di awal tulisan. ETF memungkinkan investor untuk mendiversifikasi investasi mereka tanpa benar-benar memiliki aset itu sendiri. 


Mengapa harus ETF, tidak berinvestasi langsung di Bitcoin? Ada beberapa alasan untuk ini. Pertama, investor tidak perlu repot dengan prosedur keamanan yang terkait dengan memegang bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Selanjutnya, tidak perlu berurusan dengan pertukaran mata uang kripto dalam prosesnya, dengan ETF investor cukup membeli dan menjual ETF melalui bursa dan pasar tradisional. Ada manfaat penting lainnya pada Bitcoin ETF daripada pada bitcoin itu sendiri. Karena ETF adalah sarana investasi, investor dapat melakukan short sell saham ETF jika mereka yakin harga bitcoin akan turun di masa depan. Ini bukan sesuatu yang bisa dengan mudah dilakukan di pasar cryptocurrency tradisional. Dan yang paling penting, ETF jauh lebih mudah dipahami di seluruh dunia investasi daripada cryptocurrency, bahkan ketika koin dan token digital menjadi semakin populer. 


Bisakah Bitcoin Futures Membuka Jalan untuk Bitcoin ETF?


Dengan persetujuan peraturan dari CFTC untuk mencantumkan kontrak berjangka bitcoin di CME dan CBOE, pintu telah terbuka lebar untuk potensi Bitcoin ETF di masa depan. Ini terjadi bukan hanya karena regulator keuangan utama AS telah menyetujui produk keuangan berbasis bitcoin, tetapi juga karena ini membuka peluang untuk mendasarkan Bitcoin ETF pada Bitcoin berjangka, yang terstandarisasi, diperdagangkan secara publik, dan transparan. Ini akan mengatasi beberapa masalah yang saat ini dimiliki SEC dengan daftar Bitcoin ETF berdasarkan Bitcoin "fisik" sebagai aset dasar. 


Dengan ETF, Harga Bitcoin To the Moon


Semoga dengan diizinkannya Bitcoin ETF, harga Bitcoin akan to the Moon. Karena Bitcoin jadi aset yang diregulasi, mereka pasti ngga mau ketinggalan membeli Bitcoin ETF. Karena kalau Bitcoin jadi ETF, maka akan membuka akses untuk segala usia. Terutama generasi baby boomers keatas yang sudah punya akun sekuritas atau dana pensiun. Generasi baby boomers keatas bisa investasi bitcoin tanpa harus susah-susah membuka exchange crypto. Misal mereka bisa beli di Robinhood. Dengan adanya Bitcoin ETF, orang juga tidak perlu pusing menyimpan asetnya. Tidak perlu kuatir dengan hacker juga. Seperti beli emas, tapi dalam bentuk ETF. 


Nah, Bitcoin ETF di pasar spot tinggal tunggu waktu aja. Sebelum Bitcoin ETF diapprove di pasar spot, mari kita serok Bitcoin dulu dikit demi dikit Karena main show nya adalah saat Spot Bitcoin ETF ini disetujui.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut