Pin It

11 November 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 06:48

Apa itu Taproot, Peningkatan Bitcoin yang Berfokus pada Privasi?

Di bulan November ini, Bitcoin akan melakukan upgrade yang dikenal dengan Taproot, pembaruan Bitcoin yang menjanjikan lebih banyak privasi dan biaya transaksi yang lebih rendah. Dalam kehidupan sehari-hari, taproot artinya akar tunggang seperti misalnya wortel. Tapi ini bukan wortel, yang akan kita bahas adalah pembaruan Bitcoin yang menjanjikan biaya transaksi lebih rendah. 

Apa itu Taproot, Peningkatan Bitcoin yang Berfokus pada Privasi?
Taproot Bitcoin

Pembaruan Taproot yang akan terjadi pada 16 November nanti terdiri dari tiga Proposal Peningkatan Bitcoin (BIP 340) yang berbeda pada protokol Bitcoin yakni: Schnorr Signatures, Taproot, dan Tapscript. Jika ketiganya digabung maka pembaruan ini dikenal sebagai pembaruan Taproot, pembaruan yang memperkenalkan cara bertransaksi yang lebih efisien dan pribadi dengan bitcoin.


Dengan Taproot, suatu transaksi dapat bekerja sama untuk membuat transaksi yang begitu kompleks ini terlihat seperti transaksi standar antar-manusia. Mereka melakukannya dengan menggabungkan kunci publik mereka untuk membuat kunci publik baru, dan menggabungkan tanda tangan mereka untuk membuat tanda tangan baru. Ini dilakukan melalui perangkat yang disebut tanda tangan Schnorr. 


Selain itu, privasi akan diperluas, seperti CoinSwap, yang menggabungkan transaksi Bitcoin untuk mengaburkan asal dan tujuan koin. Hal yang sama berlaku untuk Lightning Network, jaringan lapis kedua yang menggabungkan transaksi secara off-chain. 


Seperti yang ditulis oleh pencetusnya, "Saya percaya konstruksi ini akan memungkinkan anonimitas terbesar yang ditetapkan untuk kontrak pintar tetap dengan membuatnya terlihat seperti pembayaran yang paling sederhana." 


Taproot Ide Siapa? 


Taproot diusulkan pada tahun 2018 oleh Gregory Maxwell. Maxwell adalah pengembang untuk Bitcoin Core, perangkat lunak yang dibuat oleh Blockstream, di mana Maxwell pernah menjadi CTO. Bitcoin Core adalah klien perangkat lunak utama untuk Bitcoin, yang berarti memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan blockchain. Dengan mengunduh Bitcoin Core, orang dapat mengambil bagian dalam memvalidasi transaksi di blockchain Bitcoin. 


Apa yang Berubah dari Pembaruan Taproot?


Sebelum masuk ke seluk beluk cara kerja Taproot, penting untuk dipahami bahwa jaringan Bitcoin tidak bersifat pribadi. Mengingat Bitcoin adalah buku besar publik, transaksi on-chain dapat dilihat oleh siapa saja. Itulah gunanya Taproot, solusi privasi terintegrasi. Dan di sinilah segalanya menjadi sangat teknis. 


Bitcoin menggunakan bahasa pemrograman sederhana yang disebut Script yang memungkinkan kondisi ditentukan agar dana dapat dibuka, misalnya melalui skrip timelock, multi-sig atau beberapa kondisi. Sederhananya, transaksi Bitcoin bekerja dengan terlebih dahulu mengunci Bitcoin dalam skrip, sebelum membuka kunci dan menguncinya lagi dalam skrip baru. Saat ini, jika Al mengirim B 1 BTC maka ada beberapa ketentuan agar transaksi sukses, dan semua ketentuan akan terlihat di blockchain. 


Kita bisa saja menyembunyikan transaksi tersebut dengan MAST. MAST (Merkelized Alternative Script Trees) adalah cara untuk menyembunyikan semua proses transaksi. Tetapi MAST menghasilkan hash informasi yang dimerkelisasi (root merkle). Ketika Bitcoin dikirim ke output MAST, Bitcoin dikunci ke root Merkle dari skrip ini, dan untuk transaksi bitcoin, kita harus mengungkapkan skrip yang mereka gunakan untuk membuka kunci Bitcoin, serta bukti bahwa skrip ini disertakan di root Merkle dari transaksi sebelumnya. Di sinilah proposal Schnorr/Taproot/Tapscript masuk, sebagai jalan tengah antara kesederhanaan dan fungsionalitas tambahan. 


Tanda Tangan Schnorr


Saat ini, jika seseorang ingin menandatangani transaksi dengan banyak tanda tangan, setiap pemilik kunci pribadi harus menghitung tanda tangan mereka dan memasukkannya ke dalam transaksi. BIP 340 memperkenalkan tanda tangan Schnorr, yang memungkinkan transaksi multi-tanda tangan Bitcoin muncul seolah-olah itu adalah transaksi tanda tangan tunggal (Transaksi Bayar-ke-Publik-Key-Hash, 'P2PKH') di blockchain. 


Ini sangat memungkinkan kita bersama-sama menghasilkan tanda tangan daripada harus menghitungnya secara mandiri. Dengan demikian, Taproot akan meningkatkan privasi sekaligus mengurangi jumlah informasi dan ruang data, sehingga menurunkan biaya transaksi dan meningkatkan skalabilitas. 


TapScript


TapScript adalah bentuk skrip baru yang memberikan kontrak pintar Bitcoin lebih fleksibel dengan menghapus batas ukuran 10.000 byte, memberi pengembang lebih banyak kebebasan untuk membuat kontrak pintar Bitcoin. Sebagai gantinya, ukuran skrip secara implisit dibatasi oleh batas berat blok. Ini juga memungkinkan skrip yang dieksekusi menyembunyikan sisa kode eksekusinya hingga digunakan output terlihat sama. 


Ini memungkinkan jenis pembayaran baru yang disebut Pay-to-Taproot (P2TR), yang berarti bahwa pengguna dapat membayar ke kunci publik Schnorr atau root Merkle dari skrip lain. Dengan memvalidasi bentuk transaksi yang lebih baru ini, TapScript memberi pengguna pilihan untuk menjadi anonim atau tetap publik. 


Dengan semua hal di atas, Taproot adalah peningkatan menarik yang menjadi dasar bagi Bitcoin untuk melanjutkan ekspansi, pertumbuhan, dan pengembangannya. Cakupan peningkatan teknis Taproot terlalu besar untuk satu artikel, tetapi kuncinya adalah bahwa peningkatan Taproot diatur untuk meningkatkan fungsionalitas Bitcoin dan berpotensi memperluas pasarnya.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut