Pin It

22 April 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 06:34

Mengenal Karakoram Highway, Jalur Logistik China - Pakistan Tertinggi Di Dunia (4.693 MDPL)

Jalan Raya Karakoram (KKH) merupakan sebuah jalan raya di puncak tertinggi di dunia yang menghubungkan Tiongkok dan Pakistan, dengan ketinggian 4.693 meter (15.397 kaki). The Guardian pernah menjadikan Karakoram Highway sebagai 3rd Best Tourist Destination in Pakistan. Jalan raya ini disebut juga National Highway 35 atau N35. Dibangun pada tahun 1966-1986 sepanjang 1300 km yang berawal dari kota Kashgar Xinjiang China hingga ibu kota Pakistan, Islamabad. Karakoram Highway merupakan jalan yang dibuat untuk memenuhi CPEC (China-Pakistan Economic Corridor). Secara geostrategis, jalur Pakistan-Tiongkok bisa menjadi jalur alternatif perdagangan untuk Tiongkok melompati Selat Malaka, Laut  Andaman, dan India. Bagian Laut Andaman mereka hindari karena merupakan wilayah perairan India, rival Tiongkok di Asia. 

Mengenal Karakoram Highway, Jalur Logistik China - Pakistan Tertinggi Di Dunia (4.693 MDPL)

Karakoram Highway (KKH) merupakan salah satu jalan darat paling berbahaya di dunia, bahkan kabarnya masuk ke dalam" keajaiban dunia yang ke delapan". Selain jalan yang ekstrem, jalur ini merupakan salah satu jalur darat tertinggi di dunia. Dan di sini pula terdapat batas negara tertinggi di dunia (perbatasan Pakistan-China), yakni Border Khunjerab Pass dengan tinggi 4.700 mdpl. Daerah sepanjang Jalur Karakoram Highway ini terbentuk oleh tumbukan lempeng Eurasian sekitar 55 juta tahun lalu ini. Aktivitas tersebut memunculkan puncak puncak gunung penyangga langit, jajaran pegunungan Karakoram seperti puncak Rakaposhi dengan tinggi 7788 mdpl dan Gunung Karakoram 8611 mdpl, gunung tertinggi kedua didunia setelah Everest. 

Mengenal Karakoram Highway, Jalur Logistik China - Pakistan Tertinggi Di Dunia (4.693 MDPL)

Gunung-gunung di bagian utara Pakistan yang mengisolasi wilayah pedesaan di seluruh provinsi Northern Areas (NA) di dataran tinggi ini. Ajaib, di liukan tajam punggung bukit, di tepi jurang dengan air sungai yang menggelegak, bisa dibangun jalan raya beraspal yang menghubungkan Pakistan-China, menghidupkan kembali perdagangan Jalur Sutra, dan menyembulkan dusun-dusun Hunza ke atas peta. 

Mengenal Karakoram Highway, Jalur Logistik China - Pakistan Tertinggi Di Dunia (4.693 MDPL)

Mengutip situs Dangerous Roads, Karakoram Highway (KKH) adalah jalan berlanskap indah sekaligus berbahaya. Wisatawan bisa melihat puncak-puncak Pegunungan Himalaya, berdiri megah di kejauhan. Gletser dan danau-danau cantik menghampar di depan mata. Dulu KKH adalah salah satu bagian dari Jalur Sutra. Pemerintah Pakistan dan China mulai membangun KKH pada 1959, dan rampung pada 1986. Saat pembangunannya, 810 pekerja Pakistan dan 82 pekerja China meninggal dunia karena longsor dan kecelakaan lainnya. 

Mengenal Karakoram Highway, Jalur Logistik China - Pakistan Tertinggi Di Dunia (4.693 MDPL)

Karakoram Highway memang berbahaya. Saat musim dingin jalan ini ditutup karena salju tebal. Pada musim hujan, jalan menjadi sangat licin dan longsor terjadi di mana-mana. Waktu paling baik untuk melewatinya adalah awal musim gugur.

Berikut Video Karakoram Highway


Banyak traveler menjadikan Karakoram Highway sebagai tempat wisata adventure. Bersepeda, mendaki gunung, atau off road adalah beberapa opsi favorit. Traveler akan melewati Hunza Valley yang tersohor keindahannya, juga satu zona strategis di perbatasan Eurasia dan India. Di zona ini China, Tajikistan, Afghanistan dan Pakistan masing-masing berada 250 Km jauhnya. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email