Pin It

19 April 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 13:52

Ketika Rupiah Juara Ditengah Pandemi Corona

Ego Trump telah menjatuhkan Dolar AS dan membuat Rupiah jadi juara dunia, kok bisa? Ceritanya untuk memutar kembali roda perekonomian AS menjadi alasan utama bagi Donald Trump untuk bersikeras mencabut kebijakan lockdown pada 1 Mei 2020 mendatang. Meski ditentang oleh sebagian besar pihak karena angka kematian akibat corona di AS masih tinggi, Trump tegas bahwa ia mempunyai kekuatan total dalam membuat sebuah kebijakan.

Ketika Rupiah Juara Ditengah Pandemi Corona

"Ketika seseorang menjadi presiden Amerika Serikat, otoritasnya total," begitu kata Trump di BBC.

Seakan kecewa pada keegoisan Trump, pelaku pasar melampiaskannya kepada aset keuangan dolar AS. Akibat tekanan jual yang tinggi, mata uang safe haven itu memerah di hadapan hampir semua mata uang, termasuk dolar Australia, euro, poundsterling, dolar New Zealand, dolar Kanada, dan franc. Bahkan, sebagian besar mata uang Asia juga ikut menekan dolar AS, seperti yuan, yen, won, dolar Singapura, baht, dan rupiah. Hanya dolar Taiwan dan dolar Hong Kong yang hingga kini melemah tipis di hadapan dolar AS.

Asal tahu saja, rupiah berada di garda terdepan Asia dalam penyerangan dolar AS. Bahkan, sejak pembukaan pasar spot Jumat (17/04/2020), rupiah menguat hingga 0,77% ke level Rp15.480 per dolar AS. Penguatan itu terus bertambah tebal hingga lebih dari 1%. Sampai dengan pukul 10.03 WIB, rupiah terapresiasi 1,41% ke level Rp15.420 per dolar AS. Di tingkat Asia, rupiah berada di puncak tertinggi dan unggul atas dolar Taiwan (1,40%), yuan (1,27%), baht (1,11%), dolar Hong Kong (1,04%), dolar Singapura (1,02%), ringgit (0,90%), yen (0,89%), dan won (0,24%).
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email