Pin It

20 March 2018

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 19:56

Ki Wido Seno Aji, Dalang dan Pembuat Gamelan dari Ambal, Kebumen

Suatu hari saya dimintain tolong sama dalang Ki Wido Seno Aji dari Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal untuk motret gamelan dan wayang yang akan di tawarkan ke pembeli. Kesempatan ini saya gunakan untuk berbincang dengan pemilik sanggar Nuansa Budaya Nusantara "Nawang Sari" mengenai gamelan buatannya. Memang, selain sebagai dalang, Ki Wido Seno Aji juga membuat gamelan dan wayang, baik wayang kulit maupun wayang golek.

Ki Wido Seno Aji, Dalang Dan Pembuat Gamelan Dari Ambal, Kebumen

Tentu saja, selain menjadi ladang bisnis, usaha pembuatan gamelan dan wayang juga sebagai upaya nguri-uri budaya Jawa. Ki Wido Seno Aji (46) bercerita sudah mampu membuat wayang sejak umur 14 tahun. Jiwa seninya diturunkan dari ayahnya yang juga dalang yakni Ki Sugeng Hadi Kesowo yang kini sudah wafat. Karya seni wayangnya, tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, namun hingga ke manca negara seperti Perancis.

Ki Wido Seno Aji, Dalang Dan Pembuat Gamelan Dari Ambal, Kebumen

Sedangkan untuk pembuatan gamelan baru ditekuni sejak 10 tahun lalu. Ki Wido Seno Aji tidak mau sembarangan untuk bahan pembuatan gamelan. Gamelannya dibuat dengan bahan-bahan pilihan agar hasilnya tidak mengecewakan. Seperti perunggu yang didatangkan dari Solo, dan kayu didatangkan dari Wonogiri.


Harga Gamelan

Harga gamelan ini cukup mahal, mengingat untuk membuat satu set gamelan dibutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan. Selain ketelitian, juga kepekaan untuk menghasilkan nada yang pas. Tidak mengherankan jika harga satu set gamelan buatannya, mencapai Rp 250 juta hingga Rp 450 juta.

Profil Ki Wido Seno Aji

Nama Lengkap: WIDO SENO AJI
Tempat & Tgl Lahir: Kebumen, 3 Desember 1972
Alamat: Jl. Daendels No. 1 Ambal Kebumen
Phone: 085227297611
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers