Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

04 March 2018

8 Perbedaan Truck New Isuzu Giga Dan Isuzu Giga Versi Lama

Masih dari arena Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018. Di hari pertama pameran, Kamis (1/3/2018) digunakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) untuk merilis truck medium duty New Isuzu Giga. PT IAMI menyebutkan ada banyak pembaruan yang disematkan di truk New Isuzu Giga ini. Setidaknya ada delapan pembaruan di truk New Isuzu Giga yang menjadi pembeda dengan Isuzu Giga versi lama.


Berikut ini 8 perbedaan New Isuzu Giga dan Isuzu Giga versi lama berdasar penjelasan Attias Asril, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

1. Mesin:

PT IAMI melakukan penyempurnaan performa mesin truk New Isuzu Giga pada mesin yang bertenaga 245 PS. Yakni dengan penambahan power dan torsi dari semula 240 PS dan 72Kg.m menjadi 245 PS dan 80 Kg.m.

2. Transmisi

Pada truk New Isuzu Giga kelas 245PS, dilakukan penyempurnaan pada rasio transmisi dengan meningkatkan rasio transmisi, khususnya pada rasio gigi pertama. Pada truk Isuzu Giga sebelumnya hanya memiliki rasio di angka 6.615, kini ditingkatkan menjadi 9.010. Ini menjadikan truk New Isuzu Giga jauh lebih tangguh di medan tanjakan dan medan terjal.

3. Chassis

PT IAMI mengembangkan chassis baru untuk truk New Isuzu Giga yang kini sudah tidak memakai rivet lagi pada bagian atas chassis. Hal ini memudahkan customer untuk membuat dan memasang aplikasi bak belakang pada truk ini.

4. Sistem pengereman

Isuzu mengubah sistem pengereman dari yang sebelumnya tipe Air Over Hydraulic (AOH) menjadi tipe full air, membuat truk New Isuzu Giga menjadi lebih aman karena karakteristik rem tipe full air yang mengunci ban saat terjadi kebocoran angin, sehingga sangat aman bagi pengemudi.

5. Suspensi Kabin

Pada truk New Isuzu Giga dengan penggerak 4×2 dan 6×2, Isuzu melakukan perbaikan dengan mengganti solid rubber type menjadi fluid dumping rubber, membuat truk ini jadi lebih nyaman dikemudikan.

6. Seat Suspension:

Pada truk New Isuzu Giga dengan penggerak 6×4 dan 4×2 tipe dump truck, Isuzu telah melengkapinya dengan seat suspension yang menjadikan pengemudian truk ini menjadi sangat nyaman walaupun harus melintasi medan off-road.

7. Wheel, Wheel Pin & Tire:

Truk Isuzu Giga versi lama memiliki disc wheel berukuran 7 inch dan tebal 12 mm. Sedangkan di versi New Isuzu Giga disk wheel sudah berukuran 7,5 inch dan tebal 14 mm.

Ukuran ban juga berubah dari ukuran 10.00-20-16PR menjadi 11.00-20-16PR, wheel pin (baut roda) berubah dari semula hanya delapan buah, menjadi 10 buah. Dengan improvement ini, New Isuzu Giga menjadi lebih awet masa pemakaiannya.

8. Trunion:

Komponen Truion di truk New isuzu Giga mengalami perubahan dari I Rod type menjadi V Rod type menjadikan truk ini jadi lebih stabil.

Nah, itulah 8 perbedaan truck New Isuzu Giga dan Isuzu Giga lama. Lalu truck apa saja yang dirilis oleh Isuzu di event Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo?

Total ada empat varian di truk New Isuzu Giga yang di rilis di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo, yakni:

1. New Isuzu Giga FVR 34 P (N) 4×2

Truk ini sangat cocok untuk segment general transporter dengan aplikasi bak terbuka. Dengan transmisi dengan final gear ratio 9.010 dan torsi 80.5 kg.m, truk ini menjadi sangat tangguh di medan menanjak, namun memiliki konsumsi bahan bakar yang tetap effisien.

2. New Isuzu Giga FVM 34 U (N) 6×2

Varian ini sangat cocok untuk segment general transporter, industrial transporter, kurir dan total logistics. Dengan panjang cabin to end 9.8 dan mesin dengan tenaga 245 PS serta torsi 80.5 kg.m, truk ini memiliki ruang muatan kargo yang besar dan tetap effisien konsumsi bahan bakarnya. Truk ini bisa diaplikasikan menjadi truk wing box, truk boks, open cargo dan aplikasi yang sedang hits saat ini, yaitu refrigerator box.

2. New Isuzu Giga FVM 34 U (N) 6×2

Varian ini sangat cocok untuk segment general transporter, industrial transporter, kurir dan total logistics. Dengan panjang cabin to end 9.8 dan mesin dengan tenaga 245 PS serta torsi 80.5 kg.m, truk ini memiliki ruang muatan kargo yang besar dan tetap effisien konsumsi bahan bakarnya. Truk ini bisa diaplikasikan menjadi truk wing box, truk boks, open cargo dan aplikasi yang sedang hits saat ini, yaitu refrigerator box.

4. New Isuzu Giga FVZ 34 N HP 6.1 (N)

Varian New Isuzu Giga satu ini sangat cocok untuk segmen mining, construction, oil and gas dan untuk memenuhi kebutuhan aplikasi tertentu untuk pemerintahan dan instansi. Misalnya, dijadikan truk pemadam kebakaran dan truk angkutan sampah. Truk ini sudah dilengkapi fitur-fitur unggulan seperti seat suspension, full air brake, 11.00, dan commonrail, membuat truk ini tangguh, nyaman, dan irit bahan bakar.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai 8 Perbedaan Truck New Isuzu Giga Dan Isuzu Giga Versi Lama. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers