Pin It

11 January 2018

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 22:23

Mobil Limbung? Coba Cek Bushing

Malam ini saya akan membahas masalah bushing pada mobil. Bushing ini masih dalam rangkaian suspensi dan kaki-kaki mobil. Sayangnya, 'bushing' ini kerap terabaikan karena yang jadi perhatian seringkali mengarah pada shockbreker, ball joint, tie-rod dll. Padahal perlu diketahui juga bahwa karena 'bushing' yang sudah lewat umur juga bisa sebabkan kendali mobil menjadi tidak stabil dan limbung.

Mobil Limbung? Coba Cek Bushing

Kerusakan dari 'bushing' ini bisanya disebabkan oleh beban mobil atau kerja berat yang mereka dapatkan. Memang mobil-mobil yang sering digunakan untuk muatan barang lebih rentan mengalami hal seperti ini. Ciri kerusakannya bisa dirasakan ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi. Sistem handling akan terasa limbung dan sulit terkontrol. Terutama akan sangat terasa saat melewati kontur jalan bergelombang atau tidak rata.

Untuk mengenali kerusakan bushing, bisa Anda dengarkan dengan munculnya suara kurang enak yang tidak biasa dari sektor kaki-kaki. Suara ini pun akan terdengar semakin keras saat melewati jalanan berlubang yang benar-benar memanfaatkan suspensi. Inilah tanda awal 'bushing' sudah layak diberikan perhatian.

Cara kedua, rasakan kemudi mobil. Cobalah untuk melewati lubang dan rasakan perubahan arah yang terjadi meski setir tidak digerakkan. Jika terjadi demikian berarti memang 'bushing' sedang bermasalah.

Terakhir, cek langsung kondisi 'bushing' yang ada. Pastikan sendiri keadaan 'bushing' yang ada. 'Bushing' yang sudah tidak layak biasanya mengalami retakan akibat beban yang bertumpu padanya. Kalau sudah seperti ini, artinya mobil Anda butuh perbaikan dan penggantian bushing.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email