Pin It

26 January 2018

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 18:08

Keren, Modifikasi Mitsubishi L300 Pakai Lift Axle

Suatu hari di daerah Klodran, Colomadu, Karanganyar ada penampakan dari modifikasi Mitsubishi yang cukup unik. Sebuah Mitsubishi L300 pick up terlihat menggunakan enam roda seperti truck tronton yang punya dua sumbu roda di belakang. Kerennya lagi roda belakang yang depan terlihat diangkat, wah keren nih bisa lift axle.

Mitsubishi L300

Biar tahu nih Sob, sistem lift axle memang banyak ditemui di truk. Lift axle memungkinkan as atau poros roda diangkat saat tidak dibutuhkan, misalnya saat muatan kosong. Dengan mengangkat as roda, ban tidak kontak dengan tanah, hambatan gulir makin rendah, sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Untuk mengangkat as roda, diperlukan mekanisme suspensi udara. Pengemudi bisa mengatur kapan harus naik-turun as roda, menggunakan switch yang ada di area kontrol kendaraan.

Dari pengamatan saya, Lift Axle Mitsubishi L300 ini memang hanya modifikasi untuk gaya-gayaan saja. Sebab, sudah jelas Mitsubishi L300 tersebut bermuatan kok roda di angkat. Ditambah lagi tentu biayanya besar untuk modifikasi untuk lift axle beneran.

Fungsi Lift Axle

lalu apa fungsi lift axle? Dengan lift axle memungkinkan as atau poros roda diangkat saat tidak dibutuhkan, misalnya saat muatan kosong. Dengan menangkat as roda, ban tidak kontak dengan tanah, hambatan gulir makin rendah, sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.


Jadi As roda yang diangkat bukan as yang menggerakkan truk, ia berfungsi sebagai tandem as saja. Untuk mengangkat as roda. Agar as roda bisa terangkat diperlukan mekanisme suspensi udara. Pengemudi bisa mengatur kapan harus naik-turun as roda, menggunakan switch control yang ada di area dashboard.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers